Review Batman – The Telltale Series: Memanusiakan Pahlawan!

Reading time:
August 10, 2016
Batman Telltale Eps 1 jagatplay (3)

Telltale Games, nama developer yang satu ini memang berhasil meraih popularitas cepat di industri game selama beberapa tahun terakhir ini. Mereka secara konsisten “bermain” di genre interactive story yang berhasil memikat minat banyak publisher dan pemilik franchise. Dari The Walking Dead season pertama yang meremukkan hati, Telltale tampaknya berhak menyandang predikat sebagai salah satu developer paling sibuk saat ini. Meracik semesta yang sudah ada dan membangun latar belakang cerita yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya, mereka bahkan dipercaya menangani Borderlands, Game of Thrones, hingga yang terbaru – Batman. Untuk nama yang terakhir, si episode pertama yang cukup diantisipasi ini akhirnya dilepas ke pasaran.

Maka seperti formula yang bisa Anda antisipasi dari sebagian besar game Telltale yang ada, Batman: The Telltale Series episode pertama ini mengusung mekanik gameplay yang hampir banayk serupa. Anda akan berhadapan dengan serangkaian pembicaraan dan opsi pilihan, yang nantinya akan menentukan respon seperti apa yang Anda dapatkan atau bahkan menentukan kemana arah cerita bergerak. Tentu saja, untuk memastikan tema Batman yang tepat sasaran, mereka juga harus menyuntikkan beberapa fitur baru yang mampu menangkap esensi dari aksi sang Ksatria Kegelapan tersebut. Apalagi, ini akan jadi  momen dimana Anda bisa memerankan sosok di balik topeng tersebut lebih banyak daripada aksinya sebagai seorang superhero.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Batman: The Telltale Series ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang memanusiakan pahlawan? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Berita baik untuk Anda yang sudah muak dengan origin story-nya, episode pertama ini akan langsung membawa Anda pada sosok Batman yang berpengalaman.
Berita baik untuk Anda yang sudah muak dengan origin story-nya, episode pertama ini akan langsung membawa Anda pada sosok Batman yang berpengalaman.

Berita baik untuk Anda yang sudah muak, Anda tak akan lagi berhadapan dengan cerita asal muasal “lahirnya” Batman yang sepertinya sudah melewati begitu banyak proses pengulangan di beragam media yang ada. Tak ada lagi scene di gang gelap yang menewaskan Thomas dan Martha Wayne lagi atau sosok Bruce Wayne kecil yang terobsesi dengan kelelawar dan memutuskan untuk menjadikan binatang tersebut sebagai simbolnya melawan kejahatan di Gotham. Kita langsung masuk ke dalam cerita Batman yang selama ini kita kenal.

Bruce mulai berusaha mengubah Gotham dengan memercayakannya pada sosok Harvey Dent.
Bruce mulai berusaha mengubah Gotham dengan memercayakannya pada sosok Harvey Dent.
Berbeda dengan game Batman pada umumnya, sosok di balik topeng inilah yang jadi fokus Telltale saat ini.
Berbeda dengan game Batman pada umumnya, sosok di balik topeng inilah yang jadi fokus Telltale di seri ini.

Bruce Wayne  sepertinya mengerti bahwa sosok Batman saja tak akan bisa menjamin bahwa Gotham bisa berubah menjadi lebih baik, terlepas seberapa kerasnya ia berusaha.  Tingkat kriminal memang sudah menurun, namun ia harus mengakomodasi mereka yang masih bersih untuk menjaga Gotham dari dalam. Dan tak ada lagi sosok yang lebih baik selain Harvey Dent, yang ia dukung untuk menjadi Mayor. Dent yang bersih dan tak bisa dibengkokkan menjadi tumpuan harapan baru Wayne. Salah satu ambisi awalnya? Menutup Arkham Asylum dan membangun fasilitasi medis yang lebih baik untuk memastikan penjahat-penjahat Gotham dengan penyakit psikologisnya bisa disembuhkan. Satu langkah awal menuju Gotham yang lebih aman.

Usaha Wayne ini tentu saja tak akan mudah, apalagi dengan benturan kepentingan yang ada, bahkan dari sisi politik.
Usaha Wayne ini tentu saja tak akan mudah, apalagi dengan benturan kepentingan yang ada, bahkan dari sisi politik.
Tantangan seperti apa yang harus dilalui Bruce Wayne sebagai dirinya sendiri dan Batman?
Tantangan seperti apa yang harus dilalui Bruce Wayne sebagai dirinya sendiri dan Batman?

Namun seperti yang bisa diprediksi, perjalanan ini tak mudah. Bruce Wayne harus berhadapan dengan begitu banyak ancaman baik sebagai dirinya sendiri ataupun sebagai identitas rahasianya – Batman. Ia mulai harus berkompromi dengan keluarga mafia terbesar Gotham untuk sekedar memastikan Harvey aman, bertarung dengan Catwoman karena berbagi ketertarikan pada informasi yang sama, hingga berhadapan dengan Cobblepot – teman masa kecilnya yang kini tumbuh menjadi sosok pria yang tak lagi ia kenal. Episode 1 seri ini dibangun untuk membangun basis dari beragam konflik yang harus Anda selesaikan, walaupun harus diakui, masih belum jelas mana yang akan tumbuh sebagai motor penggerak cerita utama.

Lantas, konflik seperti apa yang harus dilewati oleh Bruce Wayne? Bagaimana pula sosok Batman masuk di dalam cerita ini? Cerita menggantung seperti apa yang ia tawarkan untuk membuat Anda mengantisipasi episode 2 nantinya? Semua pertanyaan tersebut bisa Anda jawab dengan memainkan Batman: The Telltale Series episode pertama ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…