Dev. Heavy Rain: Game Tak Lagi Sekedar Monster dan Zombie

Reading time:
October 27, 2016
Heavy Rain PS4 (53)

Apa yang membuat sebagian besar dari kita jatuh hati pada video game? Beberapa mungkin mencintai sensasi petualangan atau bahkan, tantangan yang ia hadirkan. Namun tak bisa dipungkiri, elemen fiksinya yang berperan besar menarik kita. Kesempatan untuk menjadi seseorang atau sesuatu yang tak akan bisa kita lakukan di dunia nyata, dari sekedar tukang ledeng yang menyelamatkan putri kerajaan hingga dewa perang yang membawa kiamat ke dunia tentu menggoda. Seiring dengan usia kita yang semakin dewasa, industri game juga tumbuh menjadi lebih dari sekedar “mainan” saja. Bagi beberapa developer, seperti Quantic Dream misalnya, ia jadi sebuah media cerita yang efektif.

Dalam wawancaranya dengan GameIndustry, David Cage – CEO dari Quantic Dream, dev. game-game interactive story seperti Heavy Rain dan Beyond: Two Souls menyebut bahwa tren game menjadi sebuah media cerita akan semakin kuat di masa depan. Ia melihat bahwa seperti halnya film, buku, puisi dan semua media seni yang lain, video game kini mulai terasa lebih personal dengan cerita yang menggugah. Cage menyebut jika game bisa terlihat keren dengan zombie dan monster, mengapa tidak membangun sesuatu yang lebih terikat ke dunia nyata? Konsep seperti akan membuat video game terasa lebih punya makna.

David Cage menyebut bahwa tren industri game kini bergerak melebihi sekedar monster dan zombie, menuju ke area lebih personal dan hubungan yang lebih dekat ke dunia nyata.
David Cage menyebut bahwa tren industri game kini bergerak melebihi sekedar monster dan zombie, menuju ke area lebih personal dan hubungan yang lebih dekat ke dunia nyata.

Quantic Dream sendiri saat ini tengah mengembangkan sebuah game interactive story baru berjudul – Detroit: Become Human. Eksklusif untuk PS4, game yang memuat kisah Android di masa depan yang berupaya membaur dengan manusia ini sendiri masih belum punya tanggal rilis pasti.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda lebih tertarik dengan game-game yang fun atau yang lebih serius seperti yang disebut oleh Cage ini?

Source: GameIndustry

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…