JagatPlay: Ask Me Anything (AMA) 2017!
Tauhid Sahadat
Ask
- Most memorable moment in old office? Just one or a couple
- Pernah / sedang mempertimbangkan extra game reviewer? Untuk memperbanyak konten review. Termasuk game-game indie atau “hidden gems”.
- Berapa lama adaptasi buat eek lancar di lokasi baru? Biasanya kalo ke tempat lain selain “rumah” suka susah eek..
Answer
- Kantor lama yak? Kalau momen memorable sepertinya ada dua. Pertama, waktu banjir tinggi beberapa tahun yang lalu. Karena waktu itu mayan tinggi, listrik kantor sempat dipadamin dari pusat selama 1-2 hari gitu. Jadi selama dua hari itu, gua basically gak bisa ngapa-ngapaiin. Cuman tidur, bengong, tidur lagi, bengong lagi, terus tidur lagi lagi, bengong lagi lagi, udah mati gaya dah pokoknya. Momen memorable lain waktu Jagat ngerayaiin apa gitu, dan anak-anak pada bakar / manggang makanan di kantor.
- Sebenarnya pengen punya ekstra reviewer itu juga salah satu yang gua mau. Masalahnya, ekstra reviewer berarti ekstra cost dan ekstra perhatian juga. Cost sih udah ngerti lah yak, karena masalah gaji + budget game juga, dll. Sementara ekstra perhatian, berarti gua mesti mengalihkan sedikit perhatian gua untuk memastikan bahwa siapapun reviewer baru ini ngerjaiin pekerjaannya dengan baik, termasuk ngikutin standar kualitas dan ritme review gua juga. Yang kedua ini yang agak ribet.
- Kagak perlu lama-lama, hari pertama juga udah keluar dengan begitu saja. Kagak ada istilah yang namanya “susah eek” di tempat baru. Perut gua kagak “manja” juga soalnya.
Aldino Yoshi Wijaya
Ask
- Ubisoft
- Naughty Dog
- EA
- Rockstar
- Santa Monica Studios
- Bethesda
- Bioware
- Square Enix
- Kojima Production
- Capcom
- Eidos Interactive
Dari yang ane sebutin di atas. Urutkan 3 peringkat teratas yang bang Plad suka karya gamenya.
Answer
Mmmm.. agak susah sih ini. Kojima Production sendiri masih belum ada karyanya sampai sekarang, secara Death Stranding belum dirilis. Agak berharap ada CD Projekt Red, tapi juga gak ada. Dengan opsi yang lu kasih, gua akan menetapkan demikian:
- Naughty Dog
- Bioware
- Bethesda
Yoan Wajong
Ask
- Kalau main game, aspek apa yang lebih diperhatikan? Gameplay, story atau graphic?
- Game apa yang menurut Anda yang terbaik sepanjang masa? Terbaik dari segi story, gameplay.
- Game favorit?
- Berapa banyak jam yang dihabiskan dalam sehari untuk review game dst? Terima kasih
Answer
- Kalau gua sih akan berusaha merhatiin semua aspek, karena lu akan jarang ketemu sama game yang bisa ngasih semua hal tersebut secara sempurna, gitu. Banyak game yang ceritanya keren, gameplay sama visualnya sampah, sementara game yang visualnya cakep justru cerita sama gameplay-nya biasa. Jadi gua biasanya akan memerhatikan aspek apa yang jadi prioritas utama si developer, dan apakah memang itu aspek memang bisa ngangkat kelemahan aspek yang lain atau enggak. Kalau ceritanya benar-benar bagus dan bikin lu lupa soal kelemahan aspek gameplay-nya, itu berart mereka udah ngelakuin sesuatu dengan benar.
- Ini juga agak susah buat ditentuin, karena game-game bisa punya charm yang beda-beda, apalagi kalau gameplay yang notabene dipecah lagi dalam banyak genre.
- Game favorit amat sangatlah banyak, secara gua udah kenal dunia game sejak era NES. Di NES ada Balloon Fight, di PS1 ada Xenogears, di PS2 ada Shadow of Colossus, dll.
- Kalau untuk nulis review atau artikel gede, mungkin sekitar 3 – 4 jam. Tapi kalau untuk main game itu sendiri buat kepentingan review, kembali bergantung sama genre. Ada yang 6 jam juga kelar, ada yang butuh 100 jam sendiri sebelum siap gua review.
Heinz Ketiel
Ask
Om Plad bisa terbang kan? KAN? *gua harus tahu
Answer
Bisa dong!!! Terlampir adalah foto bukti gua waktu terbang.
Rio Kurniawan
Ask
Bang Plad, Lu kan kuliahnya di jurusan psikologi nih, pernah ga ada niat buat lanjut S2 di psikologi juga terus bikin rise tentang video game gitu?
Answer
Pernah banget, dan tertarik sangat malah. Tapi sayangnya, ya gua kayaknya harus mengakui, kalau niat gua untuk sekolah lagi sepertinya sudah mati dibawa angin or something. Kalau dulu masalah biaya, sekarang walaupun gua punya biaya sekalipun, gua gak yakin apakah gua mau lanjut S2 lagi atau enggak. Tapi kalau untuk soal research video game gitu sih, sebenarnya super tertarik. Tapi terkadang juga mikir, topik apa yang mesti diteliti gitu? Ujung-ujungnya biasanya berakhir pada sekedar soal “Persepsi negatif” atau “Sikap Terhadap” apa gitu. Tapi kalau untuk level yang bicara soal “Dampak” dll, sepertinya akan sangat kompleks untuk dikerjaiin.
Geralt Witcher
Ask
Om Plad, kapan kurus?
Answer
Lu urus aja dah anak lu tuh, entah kemane si Ciri. Urusin gua kurus, lu.
Aulia Subhan
Ask
- Bisa tidak pembaca terlibat dalam review suatu game.. so pembaca jadi ikut ngepublish review bikinan mereka ke artikel JagatPlay, bisa dibilang “Player Reviewing”.
- Walaupun banyak informasi yang keren dari industri game papan AAA, seenggaknya kasih informasi juga dari developer indie (terutama Indonesia) yang jadi perbincangan di artikel.
- Yang paling keren, gua harap ada “Pewdiepie”-nya JagatPlay. Kasih video absurd namun informatikbuat kita para pembaca. Gitu aja dari saya. Sukses terus JagatPlay.
Answer
- Sebenarnya ide ini juga pernah gua sounding ke teman-teman gua yang lain. Tapi pada akhirnya, memutuskan untuk tidak melakukannya. Pertama, susah dipertanggungjawabkan. Karena kalau kagak ada pengawasan yang ketat, artikel yang enggak berbobot bisa masuk dan bikin itu sesi “Player Reviewing” berakhir enggak lebih dari beban sampah yang gak ada gunanya doank. Kedua, kalaupun memang diawasi, akan butuh waktu dan tenaga buat nyeleksi aka bacaiin satu-satu tulisan review yang masuk biar yang pantas doank yang bisa di-publish. Itu makan resource lagi. Ketiga, gua yakin sebagian besar orang yang ke JagatReview atau JagatPlay itu karena memang tertarik baca review dari perspektif kita, anak-anak Jagat. Kalau pengen baca review dari orang lain, kenapa enggak ke situs lain yang non-Jagat? Itu sih.
- Selama gamenya masih nyangkut ke PC atau konsol, mungkin akan gua beritaiin. Lagian juga, memang jarang banget developer indie jadi bahan berita, kecuali either karena karyanya bagus banget atau justru sampah banget. Lu bisa coba cek situs berita luar dan lihat juga perbandingan antara berita soal game-game AAA dan indie itu sendiri.
- Gua sih gak akan sebut diri gua “Pewdiepie”-nya JagatPlay yak. Tapi kalau lu tertarik, gua sering kok ngelakuin sesi live-streaming sekarang, dimana kita bisa banyak ngobrol soal topik apapun. Ya kalau lu tertarik, silakan join aja next time.
Watashiwa Angga Permana
Ask
- Bagaimana perasaan abang ketika kemarin list game GOTY Jagat kurang disetujui oleh reader lain?
- Apakah JagatPlay bisa ke E3, secara kemarin sudah ke TGS adalah sebuah prestasi tersendiri mengingat bang Plad merupakan solo fighter dan terima kasih untuk AMA 3.
Answer
- Perasaan gua? Sejujurnya kecewa. Bukan karena pilihan kita beda, tetapi karena reaksi dari pembaca itu sendiri. Kalau masih banyak yang enggak paham kalau pilihan semacam GOTY itu sesuatu yang subjektif. Apa yang gua anggap sebagai sesuatu yang “terbaik” enggak akan selalu sama dengan apa yang lu pilih dan sebaliknya. Tapi yang gua sesalkan adalah absennya kedewasaan untuk mengerti bahwa lu enggak butuh justifikasi GOTY dari JagatPlay untuk menikmati game apapun yang lu nikmatin sekarang. Lu lebih doyan FIFA? Lu lebih doyan PES? Be my guest. Rasa suka gua pada Dead or Alive Xtreme 3 gua enggak lantas bikin FIFA 17 lu lebih sampah kan?
- E3 2017 yak? One can only dream. Fingers crossed..
Maza Zhang
Ask
Bro tidur di kantor pada ngekost deket kantor?
Answer
Tidur di kantor kok gua. Ruangan gua memang didesain cukup besar, jadi bisa diposisiin kayak kamar kost gitu. Tinggal gelar kasur, done. LOL.
Anom Kesumayuda
Ask
Harapan JagatPlay buat game-game Ubisoft ke depannya?
Answer
Apa yang mereka lakuin di Watch Dogs 2 kayaknya udah tepat. Trailer gameplay langsung ngambil dari in-game engine, jadi kagak ada lagi potensi kasus PHP kayak di masa lalu. Mulai berani buat ngubah konsep open-world jadi kagak sistem menara lagi itu juga signifikan. Apalagi cukup gila buat buang status “rilis tahunan” Assassin’s Creed yang ampe sekarang, bahkan belum jelas informasi soal setting ama rilisnya. Berani ngeluarin game kayak Steep yang kehitung gak mainstream? Even better. Gua rasa sih Ubisoft udah gerak ke jalur yang tepat sih, tinggal nahan-nahan nafsu serakah sama desain kagak perlu yang dipaksaiin aja (contoh: always online).