Gaben: Valve Masih Kerjakan Game Single-Player Baru

Reading time:
January 18, 2017
gabe newell

Jika Anda gamer yang menjadikan PC sebagai platform gaming utama,maka hampir mustahil Anda tak pernah mendengar nama Gabe Newell sebelumnya. Otak di balik beberapa game super populer seperti Portal dan Half-Life ini juga merupakan boss besar di balik portal distribusi digital terbesar – Steam. Di mata gamer PC, Gabe Newell aka Gaben dilihat sebagai benteng pertahanan untuk popularitas PC sebagai mesin gaming. Tak semua proyeknya memang terhitung berhasil, seperti Steam Machine misalnya, namun sosok Gaben tak akan bisa dikesampingkan begitu saja. Kerennya lagi? Sang “boss besar” ini akhirnya turun tangan dalam sesi AMA (Ask Me Anything) terbaru di Reddit.

Dalam sesi yang cukup pendek tersebut, Gaben menjawab beberapa pertanyaan penting terkait Valve dan game racikan mereka, yang membuka beberapa informasi baru. Valve mengaku masih belum menyerah untuk meracik game baru.

Bahkan, Gaben mengaku bahwa Valve masih punya beberapa proyek yang belum diumumkan kepada publik, dengan Source  2- engine teranyar mereka sebagai basis. Gaben bahkan tak ragu untuk menyebut bahwa kesempatan untuk sebuah judul baru untuk Half-Life ataupun Portal terbaru di masa depan masih terbuka. Lantas, hal menarik apa saja yang bisa ditarik dari AMA tersebut? Ini dia:

Dalam sesi AMA terbarunya, Gabe berbagi banyak detail belakang layar Valve.
Dalam sesi AMA terbarunya, Gabe berbagi banyak detail belakang layar Valve.

Ask: Apakah Valve punya rencana untuk melakukan sesuatu yang baru dengan Source 2 di masa depan? Jika iya, apa?

Gaben: Kita akan terus menggunakna Source 2 sebagai engine utama pengembangan game kita. Selain memindahkan DOTA 2 ke engine tersebut, kami juga menggunakannya unutk produk yang belum kita umumkan. Pada akhirnya,kami ingin semua orang yang mengembangkan game di Valve menggunakan engine yang sama. Kami juga berniat untuk memastikan Source 2 tersedia untuk komunitas developer yang lebih luas, dan tentu saja, membuatnya bebas biaya.

Ask: Apakah ada kesempatan judul game baru yang bertempat di semesta Half-Life  atau Portal? Soalnya saya merasa ada banyak cerita yang bisa dieksploasi di sana. Terima kasih!

Gaben: Yep.

Ask: Bukankah ada film (atau 2 set film) yang akan berdasarkan semesta itu dari Valve dan J.J. Abrams?

Gaben: Yep. Dan mereka sedang dikerjakan.

Ask: Apa game / series Valve yang jadi favorit pribadimu?

Gaben: Menurutku, Portal 2 adalah game single player terbaik sejauh ini. Dan saya main DOTA 2 untuk game multiplayer. Permasalahanku dengan Half-Life adalah bahwa saya terlibat dalam banyak keputusan yang diambil di game tersebut, sehingga membuat saya pribadi, sulit untuk tak melihatnya sebagai kumpulan keputusan yang saya sesali. Jauh lebih mudah bagisaya untuk menikmati sebuah game dimana saya tak terlibat untuk mengarahkan. Kalau kami terlihat dalam proses produksi sebuah game, semuanya jadi proses timbal balik. Semua hal yang masuk ke dalam video game adalah hasil dari hal-hal yang tak jadi dimasukkan ke dalam game. Saya hanya merasakan perasaan personal itu ketika berbicara soal Half-Life.

Ask: Apakah Anda berencana untuk melanjutkan seri Left 4 Dead?

Gaben: Game itu biasanya merupakan hasil dari persimpangan antara teknologi dan ketertarikan.Bahwa harus ada orang yang ingin mengerjakannya, dan memastikan game itu terasa seperti sebuah taman bermain natural yang penuh dengan teknologi dan desain tantangan tu sendiri. Ketika kami memutuskan untuk mulai menggarap pasar, free to play, dan user generated content, Team Fortress sepertinya adalah tempat yang lebih tepat. Sementara Left 4 Dead adlah tempat terbaik untuk menciptakan multiplayer berbasis naratif.

Ask: Gabe, apa sebenarnya Team Fortress di mata Valve? Apakah Anda tertarik untuk menyempurnakannya d tahun 2017 ini? Apakah akan ada fokus ekstra dari Valve?

Pegawai Valve: Team Fortress 2 punya jutaan pemain di setiap bulannya, dan tim terdiri dari grup orang-orang yang memang cinta dan suka dengan TF2 itu sendiri. Kami tetap berkomitmen untuk terus mendukung dan menumbuhkan Team Fortress 2 dengan lebih banyak fitur, konten, dan experience untuk player. Kami saat ini tengah mengerjakan update besar selanjutnya, yang akan memuat konten campaign baru, class pack untuk Pyro, perbaikan fitur matchmaking, dan juga proses balancing.

Ask: Hey Gaben! Apakah Valve tertarik untuk mengembangkan game penuh untuk Vive?

Gaben: Yes. Kami merasa VR sangat penting untuk menciptakan game yang menarik.

Ask: (1) Apa status Half-Life 3 / Half-Life 2: Episode 3? (2) Apakah Valve tengah mengerjakan game single-player penuh? (3) Sebuah sumber tak terkonfirmasi menyebut bahwa Half-Life 3 sudah dibatalkan. Apakah sumber tersebut valid? (4) Berapa banyak orang yang tengah mengerjakan Counter Strike: Global Offensive saat ini? Komunitas sepertinya tengah frustrasi dengan sedikitnya jumlah update dan fakta bahwa beberapa bug belum dibereskan. (5) Berapa lama menurut Anda kira-kira hingga CS: GO menambahkan server di bagian dunia yang lain (seperti Rusia)?

Gaben: (1). Nomor 3 itu pantang disebut. (2) Yes. (3) Saya sih percaya semua sumber informasi tanpa nama di internet. (4) Sama seperti seharusnya. (5). Kami terus menambahkan server kok.

Ask: Kenapa Valve tidak berbicara ke komunitas soal game / aplikasi yang tengah mereka kerjakan seperti developer perusahaan-perusahaan lain?

Gaben: Karena pemilihan keputusan kita jauh lebih kondisional dibandingkan perusahaan lain. Satu hal yang tak ingin kami lakukan adalah menghabiskan waktu dan uang para konsumen kami, dimana kami akan berakhir membatalkan atau bahkan mengubah begitu banyak hal selama proses pengembangan. Berusaha mencari tahu apa saja pilihan kami akan berakhir menjengkelkan dan memuakkan.

Sudut pandang lain tekait masalah ini, dan juga sudut pandang internal kami, adalah kami lebih memilih unuk berkomunikasi melalui produk kami. Kami sendiri cukup berkomitmen untuk terus membaca dan mendengar apa yang diinginkan komunitas – kami semua percaya itu adalah bagian integral dari pekerjaan itu sendiri. Dan ketika saatnya untuk merepson, kami menggunakan Steam- melemparkan update untuk menyelesaikan masalah atau menambahkan fungsi tertentu. Tentu saja, ini tidak bisa digunakan untuk semua hal. Bekerja seperti ini membuat komunikasi menjadi lebih lama  – dibandingkan dengan sekedar membuat blog post, misalnya, yang kemudian membuat Valve terliha seolah tak mendengar permintaan komunitas. Kami selalu mendengar. Terkadang jeda itu menyebalkan untuk semua orang, termasuk kami ketika kami ingin menyelesaikannya secepat mungkin. Tetapi harus diakui, ini adalah pertukaran yang cukup pantas.

Anda yang tertarik untuk membaca lebih banyak AMA Gabe Newell bisa menuju tautan Reddit yang kami sertakan di bawah artikel yang satu ini. Sebuah game single player dan banyak proyek game berbasis Source 2 yang belum diumumkan? Half-Life 3 confirmed??!

Source: Reddit via Gematsu

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…