Review NIOH: Lahir dengan Identitas Kuat!

Reading time:
February 23, 2017
Nioh jagatplay part 1 (3)

Ketika pertama kali diperkenalkan kepada publik lewat trailer perdana yang juga sempat memperlihatkan bocoran gameplay di dalamnya, banyak gamer yang langsung menyimpulkan bahwa NIOH tak lebih dari klon seri Souls. Bahwa Team Ninja dan Koei Tecmo hanya ingin meminjam ketenaran franchise dengan basis fans fanatik tersebut dan berusaha “mencuri” sedikit porsi pasar darinya. Namun pelan tapi pasti, dengan lebih banyak informasi yang tersebar, citra tersebut pun mulai pudar. Bahwa yang kita temukan tak berakhir sekedar sebuah barang tiruan tanpa kualitas, melainkann sebuah game terinspirasi yang berani mengambil pendekatan yang berbeda dan unik.

Keputusan terbaik yang diambil Koei Tecmo dan Team Ninja? Merilis setidaknya dua buah demo terpisah selama proses penantian rilis finalnya ke Playstation 4. Lewat pendekatan seperti ini, gamer yang sempat ragu akhirnya berkesempatan untuk mencicipi Nioh itu sendiri. Sementara dari sisi lain, sang developer memanen ragam feedback untuk menyempurnakannya dan tentu saja, meraciknya ke arah yang lebih bisa dinikmati gamer. Hasilnya? Ia tampil sebagai sebuah game dengan cita rasa Souls yang solid. Anda yang sempat membaca artikel preview kami terkait Nioh sepertinya sudah punya sedikit gambaran soal apa yang ia tawarkan, baik dari sisi visual ataupun gameplay.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan Nioh ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang lahir dengan identitas kuat? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

NIOH menjadikan sejarah nyata Jepang masa lampau yang disulap menjadi kisah fiksi fantasi.
NIOH menjadikan sejarah nyata Jepang masa lampau yang disulap menjadi kisah fiksi fantasi.

Cerita mungkin menjadi bagian terunik dari Nioh. Bahwa terlepas dari betapa absurd dan fiktifnya cerita utama yang ia tawarkan, percaya atau tidak, Nioh didasarkan pada fakta sejarah Jepang ketika berada di era Sengoku. Dimana negara matahari terbit tersebut masih terpecah ke dalam beberapa klan besar yang terus berperang satu sama lain. Mengambil setting di tahun 1600-an awal, Anda akan menjadi saksi “sejarah” dari konflik antara tiga pemimpin besar – Tokugawa Ieyasu, Toyotomi Hideyoshi, dan tentu saja, Oda Nobunaga. Maka karakter-karakter yang eksis di sejarah tersebut, termasuk sosok sang karakter utama yang merupakan orang asing yang terdampar di sana – William, menjadi pondasi untuk sebuah kisah fantasi penuh dengan makhluk meyeramkan dan kekuatan mistis luar biasa untuk Nioh.

Cerita Nioh sendiri berpusat pada sebuah batu emas yang dipercaya mengandung kekuatan yang mampu tak hanya memberikan kemenangan bagi pasukan Inggris, tetapi juga mengubah dunia bernama Amrita. Queen Elziabeth I secara terbuka mengungkapkan ketertarikannya untuk menguasai sumber daya tersebut dan meminta tim ekspedisi yang dipimpin oleh si misterius – Edewan Kelley. William yang sempat dipenjara di menara London tak sengaja bertemu Kelley dan berhadapan dengan fakta bahwa Spirit Guardian miliknya – Saoirse, dicuri oleh Kelley untuk mengumpulkan Amrita tersebut. Berhasil bertahan hidup, William akhirnya berlayar ke Jepang untuk menyelamatkan Guardian Spirit miliknya.

Berusaha menyelamatkan Guardian Spirits yang dicuri darinya, Williams menuju Jepang.
Berusaha menyelamatkan Guardian Spirits yang dicuri darinya, Williams menuju Jepang.
Pelan tapi pasti, ia terserap dalam konflik antar clan yang tengah terjadi di sana.
Pelan tapi pasti, ia terserap dalam konflik antar clan yang tengah terjadi di sana.

Namun perang klan yang berkecamuk di sana ternyata membuat Jepang  berakhir seperti sebuah perangkap untuk semua kekuatan jahat yang bisa Anda bayangkan. Kematian sepertinya menjadi magnet untuk kelahiran Yokai – makhluk super menyeramkan yang tak berbeda dengan layaknya monster mematikan. Kemampuan William untuk mengalahkan kutukan tersebut ternyata menarik Hatori Hanzo, yang lewat pusaran nasibnya, berhasil menghubungkannya dengan salah satu pemimpin klan besar – Tokugawa Ieyasu. William pun terlibat dalam pertempuran besar, yang secara unik, juga mempertemukannya dengan tokoh antagonis utama – Edward Kelley.

Sementara di sisi lain, sang tokoh antagonis utama - Edward Kelley berambisi untuk menyerap sebanyak mungkin Amrita - resource magis yang dipercaya bahkan cukup kuat untuk menaklukkan dunia sekalipun.
Sementara di sisi lain, sang tokoh antagonis utama – Edward Kelley berambisi untuk menyerap sebanyak mungkin Amrita – resource magis yang dipercaya bahkan cukup kuat untuk menaklukkan dunia sekalipun.

Lantas, tantangan dan pertarungan seperti apa yang harus dilewati oleh William? Mampukah ia menyelamatkan Guardian Spirits yang sudah menemaninya sejak kecil tersebut? Konspirasi macam apa pula yang direncakan oleh Edward Kelley untuk “menambang” Amrita dari Jepang? Anda bisa mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan tersebut dengan memainkan Nioh ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…