10 Channel Gaming Youtube Terbaik untuk Gamer yang Ingin Cerdas!

Reading time:
July 31, 2017
a-realm-reborn

Youtube adalah bagian yang tak lagi terpisahkan dari gamer. Bahwa ruang yang disiapkan di awal untuk sekedar menampung ide kreatif bebas dari beragam kalangan ini, mulai menjadi “rumah” terbaik untuk mendapatkan konten berbau gaming secara cepat. Youtube menyediakan begitu banyak solusi untuk ragam kebutuhan gamer yang berbeda-beda, dari hiburan, memenuhi rasa keingintahuan soal game rilis terbaru, sekedar memandang wanita cantik mencicipi game favorit mereka, hingga pengetahuan itu sendiri. Ada begitu banyak channel Youtube yang didesain untuk berfokus pada satu konten spesifik tertentu, dan tentu saja, berhasil mencapai popularitas super tinggi. Contoh paling sederhana? Pewdiepie, misalnya.

Maka seperti semua konten yang tersedia di internet, maka menjadi hak sepenuhnya bagi Anda untuk menentukan sendiri konten channel gaming Youtube seperti apa yang memenuhi apa yang Anda inginkan. Ingin sekedar menikmati playthrough dengan ragam komentar lucu? Tidak ada yang melarang. Atau Anda ingin melihat seperti apa gameplay perdana yang ada untuk mengambil keputusan belanja Anda nantinya? Youtube juga menawarkan  konten serupa. Namun perlu diingat pula, tidak sedikit channel Youtube di luar sana yang datang dengan konten yang siap untuk membuat Anda mengerti dan memahami industri game lebih baik.

Untuk urusan terakhir ini, ada begitu banyak cara dilakukan. Ada channel yang berfokus pada analisis teknis setiap rilis terbaru dan lawas yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Ada channel yang sekedar berfokus membahas game-game super lawas dari sisi desain dan gameplay, hingga yang membicarakan elemen di dalam game yang  berujung menarik untuk didiskusikan. Semuanya hadir untuk memberikan perspektif baru dan berbeda untuk memandang video game itu sendiri, sebuah pengetahuan yang akan membuat Anda lebih mengapresiasi hobi yang menjadikan kita semua, satu komunitas ini. Walaupun harus diakui, sebagian besar darinya memang menuntut Anda untuk punya kemampuan mendengar bahasa Inggris di atas rata-rata.

Lantas, dari semua channel gaming Youtube yang menawarkan konten edukasi soal video game seperti ini, mana yang menurut kami tak boleh Anda lewatkan? Inilah versi JagatPlay:

  1. Games Done Quick

Menyebutnya sebagai channel “edukasi” untuk gaming memang bisa disebut berlebihan. Namun di sisi lain, hampir mustahil sepertinya bahwa Anda tidak akan menemukan sesuatu yang dipelajari dari channel Youtube yang terkenal lewat event donasi tahunan mereka yang satu ini. Seperti namanya, Games Done Quick merupakan “rumah” yang didedikasikan bagi para speedrunner untuk memperlihatkan kebolehan mereka. Berlomba-lomba untuk  menyelesaikan sebuah game dengan cara terpecah, menggunakan glitch sekalipun, selalu jadi pemandangan yang menarik. Apalagi jika mereka berhasil melakukan satu gerakan atau strategi yang tak pernah Anda tahu bisa dilakukan sebelumnya. Selain sebagai hiburan, GDQ akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana sesuatu yang “mustahil” ternyata bisa dilakukan. Para gamer yang menanganinya juga tak ragu berbagi tips dan trick sekaligus penjelasan mengapa mereka melakukan aksi tertentu.

  1. Giant Bomb

Ada begitu banyak media gaming raksasa di luar sana dengan kredibilitas yang pantas untuk diacungi jempol dan popularitas tinggi. Memilih hanya satu di antara mereka tentu saja jadi pekerjaan yang cukup menbingungkan. Namun untuk urusan Youtube dan beragam konten yang mereka tawarkan, sulit rasanya untuk tidak memilih Giant Bomb. Walaupun tidak memuat konten editan yang lucu atau sejenisnya, Giant Bomb memiliki satu segmen bernama “Quick Look” yang berisikan 1-2 jam awal game terbaru apapun yang mereka dapatkan, tanpa edit. Seperti halnya proses live-streaming, Anda bisa melihat dengan jelas konten apa saja yang ditawarkan di sana, mungkin bisa membantu Anda menimbang keputusan belanja nantinya. Tidak jarang, sesi ini juga dibawa oleh salah satu tim developer untuk memberikan perspektif lebih jelas soal apa yang mereka tawarkan di produk tersebut.

  1. Extra Credits

Tidak hanya soal gaming, Extra Credits juga berbicara soal banyak hal lainnya. Salah satu kekuatan utama channel ini adalah berbicara soal beragam topik belakang layar yang seringkali kita temui di indsutri game, dari masalah animasi hingga lokalisasi game di region lain misalnya. Dijelaskan ke dalam kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti tanpa dipenuhi dengan kata-kata kompleks yang membingungkan, ia juga dipresentasikan dengan animasi yang cukup menggemaskan. Extra Credits juga seringkali hadir dengan rangkaian kritik logis untuk beragam masalah gaming itu sendiri. Sebuah cara untuk menikmati perspektif yang lebih kritis untuk sesuatu  yang tak pernah Anda pedulikan sebelumnya.

  1. Gaming Historian

Industri game adalah sebuah industri yang sudah hidup dan berkembang selama puluhan tahun. Bagi beberapa dari kita, ia bahkan jauh lebih tua. Beberapa memulainya dari zaman Atari, yang lain jatuh hati pada NES, namun tidak sedikit pula yang baru terjun ke dalam “dunia” ini sejak era Xbox 360 / Playstation 3, misalnya. Bagi sebagian besar dari kita, industri game adalah sebuah dunia “asing” yang ternyata menyimpan begitu banyak rahasia, fenomena, dan kontroversi yang menarik di masa lalu. Seperti namanya, hal-hal inilah yang dibicarakan oleh Gaming Historian. Dari membicarakan siapa yang mendesain D-Pad untuk pertama kalinya, hingga membahas betapa buruknya produk-produk racikan “LJN” yang siap untuk membuat Anda muntah darah. Kekurangan channel ini sepertinya hanya satu, konten yang cukup minim untuk setiap tahunnya. Namun untuk setiap video yang ia tawarkan, akan ada pengetahuan yang bisa Anda serap untuk mengerti dunia video game lebih baik.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…