PlayTest: Gaming dengan ASUS ROG GL502VM!

Reading time:
July 12, 2017
ASUS ROG GL502VM Jagatplay Playtest 44

PC memang meraih momentum yang fantastis sebagai platform gaming selama beberapa tahun terakhir ini. Tidak hanya karena banyak publisher dan developer yang tak lagi ragu melepas franchise “eksklusif konsol” mereka di platform ini saja, tetapi juga dari fakta bahwa banyak proyek game terbaru yang bahkan memperkerjakan tim terpisah untuk menangani rilis terbaru di PC. Tujuannya? Tentu saja memastikan ia bisa berjalan secara optimal terlepas dari ragam konfigurasi yang ada. Peningkatan performa perangkat keras yang muncul dari beragam merk juga membuat PC jadi “rumah”bagi banyak game AAA third party untuk memvisualisasikan visi dan misi terbaik mereka, terutama dari sisi visual. Bagian terkerennya? Dengan budget ekstra, “mesin gaming” ini selalu punya ruang untuk Anda bawa kemana saja.

Benar sekali, kita tengah berbicara soal notebook dan varian “gaming” yang sepertinya mulai membanjiri pasar saat ini. Tujuannya sudah jelas, selain untuk ragam aktivitas produktif yang bisa dikerjakan di atasnya, memastikan Anda bisa menikmati game-game PC terbaru Anda dimana saja dan kapan saja Anda inginkan. Maka varian notebook-notebook yang mengusung iterasi nama gaming di atasnya ini mulai memperkuat diri dengan spesifikasi yang mumpui, namun di sisi lain, juga rasional. Tidak sedikit produk ini juga ditawarkan di harga yang cukup terjangkau, jika harus dibandingkan dengan spesifikasi dan kemampuan mobilitas yang ia tawarkan. Salah satunya ditawarkan ASUS ROG lewat notebook gaming mereka – ASUS ROG GL502VM.

Lantas, apa yang membuat notebook gaming ini tampil menarik? Bagaimana kemampuannya menangani game-game dengan popularitas tinggi yang tersedia saat ini? PlayTest kali ini akan menyelami lebih dalam daya tarik yang ia tawarkan:

Spesifikasi

Tidak hanya memperkuatnya dengan desain yang elegan, ASUS juga menyuntikkan
Tidak hanya memperkuatnya dengan desain yang elegan, ASUS juga menyuntikkan “jeroan” mumpuni untuk ROG GL502VM ini.

Anda tentu saja tidak bisa menambahkan kata “gaming” untuk produk notebook yang Anda tawarkan tanpa memperkuatnya dengan spesifikasi yang terhitung cukup mumpuni. Tidak harus berlebihan, namun memang bisa diandalkan untuk menangani game-game rilis terbaru sekalipun. Dari sisi desain, Anda akan berhadapan dengan notebook gaming yang cukup memanjakan mata. Ada kesan elegan yang mengalir dari warna dan material yang dipilih, terutama ketika logo ASUS ROG yang ia usung ikut bersinar ketika Anda menyalakannya. Untuk urusan mobilitas, ia hadir dengan ukuran dan berat yang cukup rasional.

Namun tentu saja, daya tarik utama akan mengakar pada spesifikasi seperti apa yang ia usung di sini. Kami sendir mengujinya dengan charger yang tetap tersambung dalam sesi gameplay, yang notabene, menjadi praktik standar bagi mereka yang memang mengandalkan sesi gaming mereka di notebook. Lantas, apa yang ditawarkan oleh ASUS ROG GL502VM ini? Ini dia spesifikasi yang ia usung:

  • Processor: Intel Core i7 7700 HQ
  • OS: Windows 10 Creator Update 64-bit
  • Chipset: Intel HM175 Express Chipset
  • Memory: 8 GB DDR4 2400MHz x 2
  • Display: 15.6″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1200) 60Hz Anti-Glare Panel with 72% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display with G-Sync
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 1060, 6 GB DDR5 VRAM
  • Storage (1): SSD NVMe 256 GB
  • Storage (2): 1TB 7200RPM SATA HDD
  • Keyboard: Illuminated Chiclet Keyboard
  • Card Reader: Mult-format card reader (SDHC / SDXC / MMC)
  • WebCam: HD Web Camera
  • Networking: Wi-Fi Intergrated 802.11b/g/n, Intergrated 802.11 AC, 10/100/1000 Base T, Bluetooth V4.1
  • Interface: 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 3 x Type A USB3.0 (USB 3.1 GEN1), 1 X RJ45 LAN Jack for LAN Insert, 1 x HDMI, 1 x mini Display Port, 1 x AC Adapter Plug
  • Audio: ASUS SonicMaster Technology
  • Battery: 4 Cells 64 Whrs Battery
  • Dimensions: 390 x 266 x 23.5 mm (W x D x H)
  • Weight: 2.2kg with battery

Main Features

Dengan persaingan panas antara begitu banyak produk kompetitor untuk notebook gaming saat ini, tentu saja menjadi sesuatu yang rasional bagi produsen sekelas ASUS untuk memperkuat daya tarik ASUS ROG GL502VM ini dengan beberapa fitur yang bisa dilihat, sebagai salah satu daya tarik utama. Ini adalah beberaa fitur yang menurut kami, pantas untuk diperhatikan:

Tentu saja, ada beberapa fitur utama yang membuatnya lebih
Tentu saja, ada beberapa fitur utama yang membuatnya lebih “menarik” dibandingkan produk kompetitor serupa.

Dimensi

Tentu saja, bukan sekedar desain elegan atau material saja yang membuat gamer PC akan jatuh hati dengan ASUS ROG GL502VM. Keputusan untuk menyematkan semua performa yang ia usung ke dalam dimensi notebook dengan nama “gaming” yang masih ringan dan mudah dibawa kemanapun Anda inginkan adalah nilai plus tersendiri. Setidaknya, ini bukan notebook yang akan membuat punggung Anda letih semata-mata atas nama ambisi untuk membuatnya bisa digunakan kemanapun dan kapanpun Anda inginkan, demi memuaskan rasa haus Anda akan gaming.

Monitor IPS dengan G-Sync

Salah satu daya tarik utama ASUS ROG GL502VM juga terletak pada pilihan monitor yang menyematinya. Walaupun masih beresolusi 1080p yang tentu sesuai dengan performa “jeroan” yang ia tawarkan, ASUS ROG memutuskan untuk membuat monitor ini hadir dengan fitur yang mungkin tak disuntikkan oleh produk kompetitor lain. Menggunakan panel IPS berarti menjamin sudut lihat yang lebih baik saat gaming, sekaligus representasi warna yang lebih baik. Sementara teknologi Gsync 60Hz yang diusung akan membuat sensasi gaming Anda berujung lebih nyaman. Teknologi ini akan menjamin refresh rate monitor Anda untuk menyesuaikan diri pada framerate game Anda jika berada di bawah sub-60 FPS, meminimalisir efek tearing. Tentu saja, pada akhirnya, menjamin sensasi gaming yang lebih halus dan lancar.

SSD NVMe 256 GB

Salah satu “investasi” yang disuntikkan ASUS ROG di dalam ASUS ROG GL502VM ini adalah menyediakan SSD NVMe, yang notabene mampu menghadirkan kecepatan 6x SSD SATA, sebagai alternatif untuk menyimpan sistem operasi dan game-game andalan Anda. Walaupun ukurannya memang harus diakui tidak besar, namun ia menyediakan alternatif solusi sebagai ruang penyimpanan game-game yang menurut Anda, bisa memanfaatkan fitur dan kecepatan yang ia usung. Ia tidak hanya akan menjamin waktu loading yang lebih cepat, implementasi teknologi ini juga akan memastikan pengalaman gaming lebih halus tanpa stuttering.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…