Ikut Dunia Nyata, American Truck Simulator Tutup Jalan Karena Longsor

Reading time:
July 20, 2017
american truck simulator

Apa yang membuat sebuah game pantas mendapatkan status sebagai sebuah game simulasi? Apa hanya karena mekanik gameplay saja yang memrepresentasikan dunia nyata?  Atau ada fitur ekstra yang bisa dibawa lebih jauh dari sekedar ranah itu? Untuk pertanyaan terakhir ini, jawabannya ternyata bisa. Setidaknya hal inilah yang dilakukan oleh SCS Soft dengan game racikan mereka – American Truck Simulator. Mereka memberikan update pada gameplay sesuai dengan apa yang terjadi dunia nyata.

SCS Soft menutup jalan California Costal Highway 1 dari game American Truck Simulator, membuatnya tidak bisa diakses . Ini berarti,  gamer juga dituntut untuk merencanakan rute perjalanan lain jika memang dibutuhkan. Alasan ia ditutup? Karena jalan ini di dunia nyata memang tengah tak bisa diakses karena longsor besar yang terjadi. Dibuka atau tidaknya jalan ini di video game, akan didasarkan pada dibuka atau tidaknya jalan tersebut di dunia nyata nantinya.

Mengikuti kondisi di dunia nyata, SCS Soft menutup jalan sama di American Truck Simulator karena longsor.
Mengikuti kondisi di dunia nyata, SCS Soft menutup jalan sama di American Truck Simulator karena longsor.

Ini tentu saja menjadi pendekatan gameplay yang pantas untuk diacungi jempol. Bahwa tidak lagi sekedar soal mekanik saja, developer punya ruang besar untuk membuat sebuah game simulasi mampu mewakili dunia nyata secara faktual.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Ada game yang menurut Anda akan jauh lebih memesona jika mengadopsi hal serupa dengan apa yang dilakukan SCS Soft dengan American Truck Simulator ini?

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…