Menjajal Gran Turismo Sport – Closed Beta: Siap Beralih Generasi!

Reading time:
July 18, 2017

Siap Beralih Generasi!

Ini adalah sebuah seri Gran Turismo untuk generasi yang baru..
Ini adalah sebuah seri Gran Turismo untuk generasi yang baru..

Sejak era Playstation pertama, dimana performa konsol masih terbatas pada game-game model tiga dimensi yang begitu kasar, Gran Turismo sudah menetapkan diri sebagai salah satu game racing dengan visualisasi terbaik di kala itu. Sebuah identitas yang tetap terbangun dan terjaga lintas generasi, hingga era Playstation 3 yang lalu. Berita baiknya, jika ini merupakan elemen yang membuat Anda jatuh hati pada Gran Turismo pada pandangan pertama, maka Anda sepertinya tak perlu khawatir dengan GT Sport ini.

Memanfaatkan jurang performa yang cukup lebar antara era Playstation 3 dan Playstation 4, Gran Turismo Sport mengusung kualitas visualisasi yang cukup memanjakan mata. Walaupun masih menyisakan banyak ruang untuk penyempurnaan di versi final nanti, namun visualisasi yang mereka bawa ke masa closed beta ini memenuhi apa yang Anda inginkan dan harapkan. Detail mobil lebih baik dan track yang terlihat realistis adalah kunci utama. Anda bisa melihat banyak detail lingkungan lebih baik, seperti tekstur jalanan hingga tata cahaya dari matahari yang bersinar di kala senja.

Anda bisa melihat tekstur aspal jalan yang terlihat lebih realistis.
Anda bisa melihat tekstur aspal jalan yang terlihat lebih realistis.
User-interface lebih sederhana dan modern, dengan render in-game engine di bagian tengah. Semoga saja ada Photo Mode di versi final nanti.
User-interface lebih sederhana dan modern, dengan render in-game engine di bagian tengah. Semoga saja ada Photo Mode di versi final nanti.
UI untuk konfigurasi mobil kini terlihat lebih rapi.
UI untuk konfigurasi mobil kini terlihat lebih rapi.

User-interface juga kini hadir lebih rapi. Menu utama kini terbagi ke dalam beberapa kotak terpisah dengan kemudahan navigasi tanpa harus melalui banyak menu hanya untuk tiba di satu atau dua opsi yang Anda cari. Salah satu pilihan yang menarik adalah menjadikan segudang screenshot in-game engine dari GT Sport ini sebagai “Screensaver” ketika Anda tengah berada di menu ini, hingga Anda bisa mengapresiasi kualitas visualisasi yang sebenarnya bisa dihadirkan oleh GT Sport. Masih belum jelas apakah fitur sekelas Photo Mode akan hadir di game ini di versi finalnya atau tidak, namun jika melihat detail yang ada, akan sangat disayangkan jika Polyphony tidak mempertimbangkan hal tersebut.

Lantas, bagaimana dengan mode replay-nya sendiri? Berita baik, ia masih tampil sesinematik yang Anda bayangkan. Mode seperti ini memang harus diakui merupakan cara terbaik untuk menikmati kualitas visual Gran Turismo karena sudut pandang kamera yang diambil layaknya sebuah turnamen racing berkelas internasional. Sebuah apresiasi untuk detail yang tak akan bisa Anda dapatkan hanya dari sekedar menikmatinya dari dalam atau “pantat” mobil belaka.

Skema Online

Online sepertinya akan memainkan peran super penting di GT Sport.
Online sepertinya akan memainkan peran super penting di GT Sport.

Kami sendiri masih belum paham jelas apakah ini akan menjadi salah satu “fitur” utama untuk Gran Turismo Sport di versi final nanti atau sekedar sebuah mode yang didesain untuk masa closed-beta yang ada. Namun Gran Turismo Sport hadir dengan sebuah skema online yang cukup unik. Bahwa tidak sekedar berlomba untuk menembus kualifikasi dan bertanding begitu saja melawan gamer di seluruh dunia, seperti lomba mobil yang seharusnya, akan ada jadwal untuk hal tersebut. Kualifikasi bertindak sebagai syarat bahwa Anda berhak / tidak berhak untuk mengikuti turnamen online nantinya.

Mode kualifikasi ini akan bisa Anda cicipi seorang diri. Game akan menginformasikan kepada Anda soal batas waktu minimum yang dibutuhkan untuk terhitung sebagai “lolos kualifikasi”. Setiap track akan menuntut waktu yang berbeda dan tentu saja, bisa dinikmati dengan jenis kendaraan yang berbeda pula. Anda bisa berkompetisi melawan “Ghost” Anda sendiri sebagai standar untuk menilai seperti apa performa Anda secara real-time. Begitu Anda berhasil lolos, Anda akan mendapatkan hak untuk ikut dalam turnamen online untuk track yang sama. Namun tidak diselenggarkan begitu saja, setiap turnamen ini akan punya jadwal sendiri. Sebagai contoh? Turnamen untuk Track 1 misalnya, akan dibuka pada pukul 18.00 WIB dan hanya akan terjadi pada saat ini juga. Jika Anda melewatkannya, maka Anda harus menempuh babak kualifikasi lagi, dan mengikutinya di lain hari.

Gran Turismo Sport Closed Beta jagatplay (56)
Anda harus menempuh dan lolos kualifikasi berbasis waktu terlebih dahulu sebelum bisa beralih ke turnamen online sesungguhnya.
Anda bisa membalap
Anda bisa membalap “Ghost” Anda sendiri di saat kualifikasi untuk membandingkan performa real time.

Masih berpusat pada mekanik modern yang juga diimplementasikan di sini, sistem buka mobil juga tidak lagi didasarkan pada usaha untuk mengumpulkan sebanyak mungkin mata uang dan membelinya dari dealer di dalam game. Gran Turismo kini menjadikanya sebagai reward jika Anda berhasil memenuhi “tugas harian” yang diusung. Setiap harinya, akan ada tantangan yang dilemparkan kepada Anda dengan tugas spesifik yang sejauh ini, tak begitu kompleks. Seperti, meminta Anda menempuh jarak puluhan kilometer sebagai akumulasi misalnya, dan Anda akan berhak untuk mendapatkan varian mobil yang berbeda.

Kini dengan misi harian yang bisa Anda selesaikan.
Kini dengan misi harian yang bisa Anda selesaikan.
New car, sweet!
New car, sweet!

Namun sekali lagi, ini tentu saja tidak pasti akan menjadi skema sama yang akan diterapkan Polyphony Digital pada rilis versi final Gran Turismo Sport nantinya. Tetapi jika memang iya, maka Anda bisa mengantisipasi sebuah seri yang sepertinya, akan menitikberatkan pengalaman pada ragam fitur online untuk pengalaman yang lebih maksimal.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…