Teaser Pertama Shenmue 3 Disambut Kritik

Reading time:
August 22, 2017

Sebuah konklusi yang sudah ditunggu begitu lama sepertinya adalah salah satu alasan mengapa sebuah seri sekuel Shenmue 3 begitu diantisipasi. Di kala rilisnya untuk Dreamcast di masa lalu, ia memang tampil sebagai game yang terhitung revolusioner. Pendekatan tema Jepang yang kental dengan sistem open-world yang memungkinkan beragam aktivitas untuk dicicipi, dari yang serius hingga absurd, mewarnai nama besarnya. Kesempatan untuk menghidupkannya kembali via Kickstarter juga memberikan kesempatan bagi sang maestro – Yu Suzuki untuk menyalurkan energi kreativitasnya sebebas mungkin. Namun sayangnya, penampakan pertama proyek ini tidak terlalu meyakinkan.

Seperti yang sempat mereka janjikan sebelumnya, YS Net – sang developer akhirnya melemparkan teaser gameplay pertama Shemue 3 di ajang Gamescom 2017 yang tengah berlangsung. Terlepas dari hype dan ragam komentar positif yang mengikutinya, kritik juga menemani rilis teaser ini. Mengapa? Karena sejauh mata memandang, engine yang digunakan oleh Ys Net tak terlihat optimal untuk memproyeksikan emosi yang ada. Mata tiap karakter, termasuk sang karakter utama – Ryo sekalipun, terlihat datar tanpa emosi, bahkan ketika bertarung. Walaupun harus diakui, kualitas visual untuk lingkungan yang merekas tawarkan memang pantas diacungi jempol.

Wajah datar tanpa ekspresi emosi jadi sumber kritik untuk teaser pertama Shenmue 3.
Wajah datar tanpa ekspresi emosi jadi sumber kritik untuk teaser pertama Shenmue 3.

Shenmue 3 sendiri rencananya akan dirilis pada tahun 2018 mendatang, masih tanpa tanggal rilis pasti, untuk Playstation 4 dan PC. Mengingat proses pengembangan yang masih terhitung cukup lama, Ys Net sendiri masih punya banyak waktu untuk menyempurnakan visualisasi yang ada. Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda setuju dengan kritik yang berfokus pada desain karakter yang terasa tak memperlihatkan emosi sama sekali? Don’t be another ME: Andromeda, please..

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…