Preview Mario + Rabbids – Kingdom Battle: Kolaborasi Gila!

Reading time:
September 5, 2017
Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (1)

Anda tidak bisa disebut gamer jika tidak pernah mengenal siapa itu Mario. Terlalu berlebihan? Tentu tidak, karena sosok ikonik yang satu ini bahkan sudah mencapai popularitas di luar industri game itu sendiri. Tidak akan ada kesulitan untuk menemukan orang-orang non-gamer di luar sana yang bahkan mengenali siapa itu Mario dan bagaimana ia terasosiasi kuat dengan salah satu pelaku industri tua yang masih eksis hingga saat ini – Nintendo. Salah satu yang menarik dari ikon ini adalah fakta bahwa terlepas dari usianya yang sudah terhitung “tua”, Nintendo berhasil menjadikannya terus relevan. Tidak lagi sekedar dengan seri game terbaru yang selalu menawarkan sesuatu yang berbeda, tetapi juga kolaborasi dengan franchise lain yang tak pernah terprediksi sebelumnya. Hasilnya? Mengagumkan!

Kesan Pertama

Ketika pertama kali rumor soal kolaborasi Mario dari Nintendo dan Rabbids dari Ubisoft mengemuka, banyak gamer yang skeptis ia akan berakhir jadi sebuah game yang memesona. Mengapa? Karena ada kekhawatiran bahwa ia akan berujung sekedar sebuah game platformer standar, genre yang memang terasosiasi kuat dengan Mario selama ini. Namun di E3 2017 kemarin, Ubisoft dan Nintendo menghancurkan semua kekhawatiran tersebut. Kolaborasi antara keduanya justru ditampilkan dalam sebuah genre yang tidak pernah diprediksi sebelumnya – sebuah game strategi RPG yang punya kedalamanan tersendiri di tengah presentasi karakter yang setia dengan gaya visual yang kita kenal selama ini. Sebuah kolaborasi yang berakhir gila.

Gila, tentu saja dalam konotasi yang positif. Ubisoft mempertahankan apa yang menjadi identitas seri Mario selama ini di tangan Nintendo, menggabungkan Rabbids di dalamnya yang masih punya karakteristik kepribadian “sinting” yang selama ini kita kenal, dan membungkusnya dengan sebuah game strategi ala XCOM dengan tingkat kesulitan yang tak main-main. Namun di sisi lain, tidak terasa seperti sekedar “pengekor” yang tidak memiliki inovasi sama sekali. Mekanik yang lebih sederhana, tetapi tetap butuh pemikiran strategi tersendiri untuk menang, pertempuran Mario dan Rabbids ini siap menawarkan tantangan yang bahkan cukup untuk membuat Anda frustrasi jika tidak ditangani dengan hati-hati.

Salah satu yang menarik selain presentasi karakter yang tepat sasaran, adalah bagaimana ia mampu melebur karakteristik dari masing-masing franchise ke dalam satu ruang yang sama, dan kemudian membuat elemen tersebut tetap esensial untuk gameplay. Dari menjadikan koin emas milik Mario sebagai mata uang untuk berbelanja beragam senjata dan equipment untuk mendorong gamer untuk mengumpulkannya seperti halnya game platform Mario selama ini, hingga tetap menjadikan tingkah laku para Rabbids sebagai sumber lelucon yang tak terasa usang sejauh ini. Eksplorasi juga diisi dengan ragam puzzle yang menuntut otak untuk sedikit berputar.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi mengingat progress kami yang cukup pendek terlepas dari waktu gameplay yang sudah terhitung panjang, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven untuk membantu Anda mendapatkan gambaran lebih jelas apa yang ditawarkan oleh Mario + Rabbids: Kingdom Battle ini. It’s a me, Mario.. and Rabbids!

RAW Screenshot

Klik Gambar untuk Memperbesar!

Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (8) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (6) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (36) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (98) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (150) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (172) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (177) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (191) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (225) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (247) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (250) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (256) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (50) Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 (203)
Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…