Preview Gran Turismo Sport: Balapan Berkelas!

Reading time:
October 18, 2017
Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (12)

Gran Turismo, gamer mana yang belum pernah mendengar nama game racing yang satu ini? Sebagian mungkin tidak pernah menjajalnya karena ia memang franchise yang melekat kuat pada nama Playstation, selama beberapa generasi terakhir ini.  Di awal eksistensinya, pengakuannya sebagai game simulasi racing dengan visual memesona dan pengalaman menyetir yang fantastis sudah mengemuka.

Kini, dengan performa platform yang semakin kuat dari satu generasi ke generasi yang lain, Polyphony Digital akhirnya melepas seri terbaru Gran Turismo Sport untuk Playstation 4. Bagi Sony Interactive Entertainment, ini adalah momen penting untuk kembali membuat produknya bersaing dari sisi genre racing yang memang jadi andalan konsol kompetitor, apalagi setelah kegagalan Driveclub di masa lalu. Hasilnya sendiri, cukup mengagumkan.

Kesan Pertama

Memanfaatkan performa Playstation 4 yang tentu saja lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya, seri pertama yang diracik Polyphony Digital tersebut memang melahirkan game racing yang dari sisi presentasi, memanjakan mata. Detail yang Anda butuhkan, dari mobil, suara mesin, hingga track yang ada terlihat memesona. Namun dari semua efek visual yang ada, tata cahaya sepertinya satu dari elemen yang pantas mendapatkan perhatian khusus. Penerapan yang membuat Anda bisa merasakan perbedaan yang jelas ketika memacu kencang kendaraan Anda di pagi, siang, atau sore hari juga bisa melahirkan beberapa moment yang terasa dramatis di beberapa titik. Namun sayangnya, sejauh kami menjajalnya, tidak ada sistem dynamic weather di sini. Balapan akan berlangsung hanya dalam satu cuaca yang sudah ditentukan sebelumnya saja. Pujian juga pantas untuk diarahkan pada desain user-interface untuk keseluruhan menu yang membuatnya terasa begitu elegan dan berkelas.

Berita yang bahkan terasa lebih fantastis untuk kami? Bahwa Gran Turismo Sport ternyata menawarkan opsi yang “noob-friendly” untuk gamer pencinta racing, yang sebenarnya lebih familiar dengan sensasi balap arcade. Anda yang sering mengikuti JagatPlay tentu mengetahui, bahwa kami termasuk salah satu gamer seperti ini. Lewat pilihan tingkat kesulitan dan sistem kontrol yang kini menawarkan opsi “Beginner”, Anda yang tak terlalu jago dengan game racing simulasi tetap bisa menikmatinya. Opsi ini akan mengatur secara otomatis sekaligus memberi peringatan dan petunjuk lebih mumpuni soal sudut belok dan kapan harus menahan laju kendaraan. Anda bisa menggunakan sistem ini untuk belajar, menguasainya, dan kemudian meningkatkan tingkat kesulitan di masa depan.

Sementara untuk gamer pencinta simulasi? Anda masih akan mendapatkan pengalaman Gran Turismo yang selama ini Anda kenal di tingkat kesulitan lebih tinggi. Namun ingat, game ini sendiri sangat bergantung pada koneksi internet. Jika Anda tidak terhubung ke dunia maya, maka satu-satunya fitur yang bisa Anda nikmati hanyalah Arcade Mode – yang notabene “sekedar” balapan melawan AI. Hampir semua fungsi penting lain, bahkan termasuk sang fitur Photo Mode yang fenomenal – SCAPES, butuh verifikasi secara online sebelum bisa digunakan. Tidak ada lagi mode career, Gran Turismo Sport membagi mode single-player yang ia usung lewat beragam kategori jenis balapan, termasuk Challenge di dalamnya. Polyphony Digital sepertinya memang mendesain game ini untuk dinikmati secara online.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi mengingat kami masih berjuang untuk mempelajari mekanik yang ada dan tak lagi mengandalkan mode “Beginner”, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran, apa itu Gran Turismo Sport. Beberapa dari screenshot di sini diambil dari mode bernama SCAPES yang akan melebur model tiga dimensi dengan background dunia nyata, sembari memungkinkan Anda menyuntikkan beragam efek yang ada. Kerennya lagi? Mode ini juga mengadaptasikan pergerakan tata cahaya dan bayangan yang dinamis. Holy..

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)
Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (168) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (9) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (34) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (63) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (67) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (90) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (101) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (119) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (125) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (131) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (154) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (179) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (201) Gran Turismo Sport jagatplay part 1 (187)
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…