Kembali ke Industri Game, SNK Laporkan Keuntungan
Bagi gamer di luar Jepang, seperti kita, keputusan beberapa perusahaan raksasa industri game yang kita kenal untuk berfokus ke mesin pachinko / judi di negeri asal mereka memang mengundang banyak tanda tanya. Apalagi perubahan fokus tersebut seringkali berakhir “mematikan” potensi fracnhise raksasa yang berdiri di bawah bendera mereka untuk mendapatkan sebuah seri baru di masa depan. Padahal jika harus diakui, keputusan seperti ini memang tepat mengingat data dengan jelas memperlihatkan keuntungan besar yang berhasil mereka raih, seperti yang terjadi dengan Konami misalnya. Namun bagi perusahaan Jepang yang lain – SNK, kebijakan kebalikan lah yang justru menyelamatkan mereka.
Sempat meninggalkan industri game untuk waktu yang cukup lama demi berfokus di pasar mesin pachinko, SNK justru berakhir babak belur. Kalah bersaing dan terus mencatatkan kerugian, SNK akhirnya memutuskan untuk kembali ke industri game lewat sebuah seri baru King of Fighters tahun lalu. Berita baiknya? Ini jadi keputusan yang tepat. Lewat laporan finansial terbaru yang mereka rilis, SNK mencatatkan keuntungan yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu. Dari kerugian sekitar 558 juta Yen di tahun 2016 menjadi keuntungan sekitar 3,105 milyar Yen di tahun 2017. King of Fighters XIV sepertinya berkontribusi signifikan, walaupun tak ada angka pasti diumumkan.
Dengan kondisi keuangan yang berbalik setelah kembali ke industri game, sepertinya kita akan melihat lebih banyak sepak terjang SNK di masa depan. Can we get new Metal Slug, please?
Source: GameInformer