Square Enix Bicarakan Pelepasan IO Interactive dan Hitman

Reading time:
November 23, 2017
io interactive

Terkejut sepertinya adalah reaksi yang tepat ketika membicarakan apa yang terjadi dengan Square Enix dan IO Interactive beberapa bulan yang lalu. Bahwa tanpa ada kabar angin sama sekali, Square Enix tiba-tiba memutuskan hubungan kerjasama dengan developer yang sempat berdiri di bawah bendera raksasa mereka tersebut. Hal ini kian aneh mengingat proyek teranyar IOI sendiri – Hitman yang dirilis dalam format episodik terhitung sukses di pasaran. Gamer menyambut baik pendekatan klasik yang dibawa mereka ke seri teranyar ini. Tetapi setidaknya, berbeda dengan berita pemutusan kerjasama serupa yang lain, Square Enix memutuskan untuk membiarkan hak guna nama Hitman kepada IO Interactive. Sesuatu yang mereka bicarakan terbuka di sesi wawanara teranyar.

Berbicara dengan situs – GameIndustry.biz, CEO dan President Square Enix – Yosuke Matsuda tidak ragu membicarakan soal kasus pelepasan IOI dan Hitman. Matsuda menyebut bahwa kehadiran seri Absolution di tahun 2012 silam ternyata membuat banyak fans Hitman kecewa karena perubahan sistem yang lebih linear, membuatnya tidak sukses. Tim IOI kemudian mengecil untuk membawa pengalaman Hitman yang lebih sandbox di seri terbaru. Walaupun berakhir cukup sukses, namun ia mengaku bahwa Square Enix kesulitan untuk menelurkan investasi lebih untuk memastikan Season kedua dan ketiga bisa terjadi. Resource untuk developer Barat mereka saat ini difokuskan untuk merampungkan proyek Avengers bersama dengan Marvel. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk berhenti.

hitman1
CEO Square Enix – Yosuke Matsuda membicarakan latar belakang dilepasnya IO Interactive dan Hitman.

Sebagai salah satu fans Hitman, Matsuda langsung bergerak untuk mencari investor baru bagi IOI untuk memastikan franchise ini berlanjut di masa depan. Hal ini jugalah yang mendorong Square Enix “memberikan” hak atas Hitman kepada IO Interactive begitu saja terlepas dari potensi komersial yang masih besar. Matsuda menyebut bahwa sebuah game Hitman tanpa campur tangan IO Interactive bukanlah sebuah game Hitman, sebuah sentimen yang ia yakini juga disuarakan oleh fans di seluruh dunia. Karenanya, keputusan berat untuk melepaskan keduanya ditempuh.

Menanggapi caci maki dari para fans yang menyebut Square Enix sudah mengabaikan Hitman dan IOI, Matsuda menerimanya dengan lapang dada. Ia menyebut bahwa kejadian seperti ini selalu menghasilkan reaksi serupa, karena memang seperti itulah yang terlihat di beragam berita yang ada. IO Interactive sendiri saat ini kabarnya tengah mengerjakan dua game Hitman misterius, dan sebuah deal film adaptasi televisi yang masih tengah diracik.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang senang atau sedih dengan dilepasnya IO Interactive dan Hitman dari Square Enix?

Source: GamesIndustry.biz

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…