Dev. XCOM Mengaku Mendapatkan Inspirasi dari Mario + Rabbids Kingdom Battle

Reading time:
January 12, 2018
Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 2 80 600x338 1

Serupa tapi tidak sama, ini mungkin kesan pertama yang muncul di benak banyak gamer ketika melihat bentuk pertama game strategi eksklusif Nintendo Switch – Mario + Rabbids Kingdom Battle. Bahwa kerjasama antara dua franchise raksasa ini akhirnya terwujud dalam sebuah game strategi yang akan mengingatkan Anda pada seri milik Firaxis – XCOM. Sebuah game strategi yang meminta Anda untuk mengatur tata letak setiap unit yang berbeda seefektif mungkin, sembari menentukan langkah terbaik untuk meraih kemenangan. Namun setelah dijajal, Mario + Rabbids ternyata berakhir memiliki identitas uniknya sendiri, baik dari sisi gameplay ataupun tema utama yang diusung. Bagi Creative Director XCOM – Jake Solomon, kehadiran Mario + Rabbids menghadirkan satu inspirasi baru baginya di masa depan.

Melempar post resminya bersama dengan Polygon, Solomon berfokus membicarakan perbedaan antara XCOM dan Mario + Rabbids, dan inovasi seperti apa yang berhasil menginspirasinya dan menariknya untuk mengimplementasikan hal yang sama di seri XCOM terbaru di masa depan.  Salah satunya? Sistem pergerakan! Solomon mengaku bahwa di XCOM, pergerakan karakter hanya terjadi untuk berpindah dari tempat berlindung A ke B, begitu saja. Sementara di Mario + Rabbids, Ubisoft membuatnya jadi sebuah pilihan yang lebih menarik, dimana Anda bisa melakukan sliding ke musuh, melompati teman Anda untuk gerak lebih jauh, hingga masuk ke dalam terowongan yang ada, semuanya dilakukan sebelum menembakkan senjata.

Mario Rabbids Kingdom Battle jagatplay part 1 104
Creative Director XCOM mengaku senang dengan sistem pergerakan di Mario + Rabbids dan berencana untuk mengaplikasikan hal serupa untuk seri XCOM selanjutnya.

Pergerakan di Kingdom Battle menurut Solomon, memberikan sebuah lapisan taktis baru di setiap giliran permainan. Ia kini mempertimbangkan untuk mengimplementasikan konsep yang sama untuk XCOM itu sendiri. Namun ia juga menegaskan, ini tentu tidak berarti bahwa XCOM terbaru tiba-tiba akan berubah jadi game strategi penuh warna atau penuh dengan tanaman yang berbicara. Tetapi ia meminta gamer untuk tidak terkejut bahwa sistem pergerakannya akan berbeda nantinya. Solomon menutup post-nya dengan mengungkapkan kegembiraannya bahwa Mario + Rabbids Kingdom Battle adalah sebuah kompetitor yang sepadan dengan XCOM itu sendiri.

Mario + Rabbids: Kingdom Battle sendiri saat ini sudah tersedia untuk Nintendo Switch, dengan DLC terbaru yang akan menambahkan karkater Donkey Kong di dalamnya. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang menikmati game yang satu ini?

Source: Polygon

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…