10 Makhluk Mitologi Norse Paling Mengagumkan!

Reading time:
April 17, 2018
fenrir norse

3 hari lagi, dan gamer yang memiliki Playstation 4 akhirnya berkesempatan untuk mencicipi salah satu game eksklusif paling diantisipasi di tahun 2018 ini – God of War. Sudah bukan rahasia lagi sepertinya bahwa kita akan bertemu kembali dengan Kratos yang selama ini kita kenal, namun tidak lagi berpetualang di mitologi yang sama. Yunani dan semua dewa-dewinya yang tinggal di Olympus sudah dihabisi Kratos di seri God of War yang lama. Kini, ia menetap di mitologi Norse dengan anaknya – Atreus yang kini memainkan peran lebih penting. Ia tidak lagi hadir dengan misi balas dendam, namun berfokus untuk menjalankan perannya sebagai seorang ayah. Dari Kratos, Atreus belajar soal identitasnya sebagai seorang dewa, sementara dari Atreus, Kratos berusaha kembali menemukan sisi kemanusiaannya.

Dengan perpindahan menuju mitologi Norse, kita tentu saja bertemu dengan dunia yang berbeda. Skandinavia hadir dengan pemandangan yang lebih keras dan bersalju, dengan peringai para penghuninya yang juga punya kepribadian yang berbeda, tentu saja. Namun bagi Kratos, perjalanannya untuk menabur abu jasad istri yang ia cintai di puncak tertinggi Realm, tentu saja tidak mudah. Norse dikenal sebagai sebuah mitologi yang punya begitu banyak kisah makhluk-makhluk mengagumkan yang hidup di atas pohon kehidupan yang disebut sebagai Yggdrasil. Pohon sama yang juga menjadi rumah bagi 9 dunia berbeda yang masing-masing diantaranya, dipenuhi oleh para Vanir, Aesir, dan Giants – tiga ras terbesar yang mendorong cerita mitologi Norse itu sendiri. Di atasnya pula, hidup beragam makhluk dan monster yang dari sisi mitologi, begitu menarik.

Ingat, artikel ini TIDAK didesain untuk mengkonfirmasikan monster-monster apa saja yang akan Anda temukan di God of War terbaru nantinya mengingat kami sudah menyelesaikan game ini. Ia lebih difokuskan untuk membahas monster dan makhluk yang bisa jadi Anda temui / tidak Anda temui di petualangan terbaru Kratos tersebut, namun menarik untuk memahami seperti apa kira-kira dunia seperti apa yang tengah Anda singgahi. Karena Norse adalah “rumah” untuk lebih banyak hal menakjubkan. Toplist kali ini juga tentu tidak akan memasukkan nama atau karakter dari kelompok Aesir atau Vanir (Dewa) dan juga Giants (Jotunn), tetapi berfokus pada monster dan makhluk yang lebih menyerupai binatang.

Maka, dari semua makhluk-makhluk yang hidup di mitologi Norse, makhluk mana saja yang di mata kami pantas untuk dikategorikan sebagai yang paling mengagumkan? Inilah versi JagatPlay:

  1. Tanngrisnir & Tanngnjostr

Tanngrisnir Tanngnjostr

Kuda api? Naga? Kerbau emas? Berbicara soal karakter dewa setenar Thor misalnya, Anda mungkin berpikir bahwa makhluk-makhluk besar yang terlihat dan terdengar epik seperti inilah yang berhak untuk menjadi penarik kereta kencana miliknya. Bahwa dewa petir yang satu ini, harus punya tunggangan yang sama kerennya. Namun percaya atau tidak, kencana Thor ternyata ditarik oleh dua ekor kambing – Tanngrisnir & Tanngnjostr. Istimewanya? Ketika Thor lapar, kedua ekor kambing ini selalu bisa menyediakan pasokan gizi dan makanan yang ia butuhkan sebagai seorang dewa. Dengan menggunakan Mjolnir miliknya, kedua kambing ini selalu bisa dihidupkan kembali seperti semula, menghasilkan supply makanan tanpa batas. Satu yang harus dihindari Thor adalah ia tidak boleh mematahkan tulang sisa Tanngrisnir & Tanngnjostr sedikit pun untuk memastikan keduanya bisa hidup kembali dalam kondisi prima.

  1. Ratatoskr

ratatoskr

Dari semua makhluk di mitologi Norse yang muncul di beragam media mainstream yang ada, Ratatoskr adalah salah satu makhluk yang cukup sering diadaptasikan. Binatang tupai yang satu ini diceritakan merupakan “pengirim pesan” yang hidup di Yggdrasil. Mengingat pohon utama yang membawa 9 dunia tersebut juga merupakan rumah untuk binatang-binatang mengagumkan, Ratatoskr lebih sering menjadi jembatan komunikasi antara penghuni bawah Yggdrasil – Nidhoggr dan sang burung elang yang hidup di atas puncaknya. Tupai nakal yang satu ini terus melemparkan gosip untuk membuat dua kubu berlawanan ini untuk terus saling memusuhi.

  1. Fenrir

fenrir

Serigala di antara para serigala, sebutan inilah yang sempat melekat pada sosok Fenrir yang seperti halnya Ratatoskr, juga seringkali berakhir diadaptasikan ke beragam media mainstream yang lain, termasuk video game. Ia merupakan seekor serigala yang dipelihara oleh para Aesir dengan kekhawatiran besar bahwa ia akan menjadi sumber kekacauan bagi 9 dunia yang lain. Tumbuh begitu besar dengan sangat cepat, usaha untuk mengurungnya menjadi sebuah tantangan besar yang harus memakan korban. Walaupun para Aesir akhirnya berhasil mengunci Fenrir agar ia tidak banyak bergerak. Serigala besar yang satu ini memang berhasil dikurung, namun ramalan soal Ragnarok berbicara soal bagaimana ia pada akhirnya, akan menjadi ancaman terbesar bagi Odin.

  1. Fafnir

fafnir

Jika Anda pernah mengikuti seri Tolkien via Hobbits yang sempat diadaptasikan menjadi film layar lebar, maka Anda tentu mengenal sosok naga bernama Smaug. Cerita soal Smaug sebagian besar sebenarnya terinspirasi dari sosok Fafnir, seekor naga penjaga harta karun di mitologi Norse. Pada awalnya, ia adalah seorang dwarf yang kuat dan gagah berani. Namun rasa serakahnya pada emas dan harta karun yang ada akhirnya mengubahnya menjadi sosok naga penjaga harta karun yang lebih dikenal sebagai Fafnir. Untuk memastikan tidak ada yang mampu mendekatinya, ia menebarkan racun kuat di sekitar harta karun yang ada.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…