Detail Pertama Battlefield V Mengemuka!

Reading time:
May 24, 2018

Tema perang dunia kedua sudah dipastikan sejak teaser beberapa hari yang lalu, dan akhirnya dikonfirmasikan lewat sebuah sesi live-streaming untuk membuka beragam detail yang hendak ia tawarkan. Walaupun tidak berbagi video gameplay sesungguhnya yang baru akan mereka demokan di E3 2018 mendatang, kita akhirnya mendapatkan trailer perdana untuknya yang diambil dari in-game engine. Yang mengejutkan? Kita ternyata tidak berhadapan dengan situasi yang realistis. Trailer perdana menyiratkan intensi EA dan DICE untuk “bersenang-senang” dengan tema ini, dan tidak mengejar akurasi sejarah perang dunia kedua itu sendiri, dari kehadiran karakter wanita dengan tangan palsu hingga karakter dengan katana di dalamnya. Pendekatan yang membuat trailer perdana ini, langsung dihujani banyak tombol Dislike, sebuah situasi yang berbeda dengan trailer perdana Battlefield 1.

Lewat sesi live-stream yang sama, DICE dan EA sebenarnya mengumumkan begitu banyak hal baru yang mereka persiapkan untuk Battlefield V ini. Sesuatu yang harus diakui, gagal diperlihatkan oleh trailer perdana super singkatnya. Ia dipastikan akan mengusung mode single-player campaign yang terbagi ke dalam beberapa skenario ala Battlefield 1, mode co-op 4 orang, kemampuan untuk membangun struktur ala Fortnite, hingga perubahan gameplay signifikan di mode multiplayer itu sendiri. Lantas, apa saja yang sebenarnya dipersiapkan oleh Battlefield V? Ini dia penyederhanaan fitur yang dirangkum oleh user Reddit – u/WhyIsGam0Ra:

  • Tidak ada Season Pass
  • Lokasi di rilis awal akan membawa Anda bertempur di Perancis, Afrika, Rotterdamm, dan padang pasir Afrika Utara
  • Akan ada mode co-op yang disebut sebagai Combined Arms
  • Single player dengan skenario ala Battlefield 1 dipastikan hadir
  • Gameplay kini punya sistem “Fortification”, dimana player bisa membangun beragam objek saat bertarung seperti karung pasir hingga tank stoppers. Semua jenis kelas bisa melakukan hal ini. Namun hanya kelas “Support” saja yang bisa membangun tipe Fortifications yang lebih ofensif seperti machine guns, field cannons. Support juga bisa membangun lebih cepat.
  • Beberapa area khusus yang ditandai dengan bendera, jika hancur bisa dibangun kembali.
  • Tidak ada lagi regen HP sampai penuh. HP hanya akan pulih sampai titik tertentu saja. Hanya Medic saja yang bisa menyembuhkan HP Anda hingga ke titik 100.
  • Semua aksi kini punya animasi fisik karakter. Seperti contoh, berusaha memulihkan diri di first aid pack yang dilemparkan Medic misalnya. Jika di seri lampau Anda hanya cukup berdiri di dekatnya, kini karakter akan punya animasi untuk berjalan melewati health pack, mengambilnya, menggunakannya, dan menunggu proses healing itu sendiri.
  • Tidak ada lagi HUD / map spotting.
  • Ammo senjata juga akan sangat langka sekarang. Mati dan kemudian respawn tidak akan membuat ammo Anda otomatis terisi kembali.
  • DICE akan menyediakan begitu banyak pack, crates, hingga membiarkan mayat musuh bergelimpangan agar Anda bisa mengambil ammo mereka.
  • Revive kini ada sistem animasi yang butuh waktu lebih lama untuk dilakukan. Tidak ada lagi sistem lari dan revive seperti seri Battlefield dulu.
  • Semua kelas bisa melakukan revive, namun hanya Medic saja yang akan membuat revive tersebut berujung HP penuh. Kelas karakter yang lain hanya menghidupkan tanpa memulihkan.
  • Anda bisa meminta tolong dan berteriak dalam posisi sekarat.
  • Recoil senjata kini berubah dan disesuaikan dengan setiap senjata yang Anda gunakan.
  • Sistem pergerakan juga dimodifikasi agara terasa lebih natural, dimana Anda bisa masuk ke posisi tengkurap atau terlentang seperti halnya Rainbow Six: Siege
  • Melompat untuk tengkurap (Diving) sekarang ada delay
  • Ada animasi untuk menghancurkan jendela secara otomatis dan kemudian melompat keluar. Anda tidak lagi harus secara manual menghancurkan jendela lebih dulu.
  • Granat sekarang juga jauh lebih sedikit.
  • Anda kini bisa mengaitkan senjata statis dengan kendaraan yang ada untuk membuat mereka mobile. Misalnya, Anda menemukan sebuah senjata anti-air gun. Anda bisa menggunakan kendaran untuk menarik mereka, dengan tetap memastikan user yang menggunakannya tetap bertahan dan terus menembak.
  • Kehancuran bangunan sekarang terstruktur, tidak lagi langsung terjadi secara keseluruhan seperti dulu. Jika tank menyentuh ujung bangunan misalnya, maka ujung tersebut yang akan rontok terlebih dahulu sebelum pelan tapi pasti, menghancurkan keseluruhan bangunan.
  • Sistem physics ledakan kini punya arah. Jika melempar bom di luar gedung, reruntuhan akan terdorong ke dalam bangunan. Jika melemparkan bom di dalam gedung, reruntuhan akan terdorong ke arah luar gedung.
  • Kini sangat mengandalkan kerjasama tim berbasis Squad.
  • Anda akan otomatis masuk ke dalam squad ketika bergabung dalam permainan.
  • Anda juga kini bisa melihat aksi anggota squad Anda dalam kacamata orang ketiga sebelum memutuskan untuk respawn di dekatnya atau tidak.
  • Squad kini punya resouce baru bernama “Squad Call-Ins” untuk beragam efek bantuan senjata yang lebih mematikan. Dikumpulkan berdasarkan point yang dikumpulkan oleh anggota squad yang lain, namun points ini hanya bisa digunakan dan dipilih oleh pemimpin Squad.
  • Squad Call-Ins bisa berisikan panggilan roket V1 atau JB2, supply drop berisikan health/ammo, smoke barrage, heavy weapon, dan kendaraan perang eksklusif squad seperti Sturm Tiger atau Flamethrower
  • Tidak ada lagi Elite Class
  • Tidak ada lagi sistem Behemoth
  • Ledakan yang tidak fatal tetap akan membuat player terlempar
  • Empat kelas dipastikan: Assault, Medic, Scout, Support
  • Assault terbagi ke dalam dua varian: anti-infantry atau anti-tank
  • Semakin sering Anda menggunakan satu kelas, semakin banyak spesialisasi pula yang Anda dapatkan
  • Tidak ada LOOTBOX!
battlefield v11 battlefield v 1 battlefield v1 battlefield v2 battlefield v3 battlefield v4 battlefield v5 battlefield v6 battlefield v7 battlefield v8 battlefield v9 battlefield v10 battlefield v12

Battlefield V sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 19 Oktober 2018 mendatang untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. Tertarik?

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…