WASPADA Saat Membeli Playstation 4 PRO di E-Commerce Indonesia!

Reading time:
July 26, 2018
Playstation 4 Pro JagatPlay 18 600x336 1 600x336

Internet dan zaman yang serba digital memang membuat begitu banyak aktivitas kini bisa dieksekusi dengan mudah dari rumah tanpa perlu menuntut Anda berpergian secara fisik. Dari sekedar berbagi kabar dengan teman di situs sosial media, hingga berbelanja barang-barang yang Anda inginkan. Berbekalkan koneksi internet yang kian mudah, perangkat ponsel pintar atau PC, Anda bisa membeli benda yang Anda inginkan dan menunggunya dengan sabar hingga tiba di rumah. Hal inilah yang membuat banyak situs e-commerce di Indonesia tumbuh subur, dengan jumlah pengguna yang semakin banyak. Namun apakah setiap dari mereka aman? Dari sisi transaksi, mungkin. Namun tidak sedikit pula yang berupaya untuk menjadikannya sebagai jalur “nakal” untuk mendapatkan cukup banyak uang dengan melakukan penipuan.

JagatPlay sendiri menyelediki hal tersebut setelah setidaknya 2 pesan pribadi Facebook masuk dan mengabarkan tawaran e-commerce – Lazada yang memuat harga Playstation 4 PRO yang super murah dan menggoda. Maka seperti yang bisa diprediksi, gamer rasional manapun akan bisa melihat bahwa ini adalah bentuk penipuan yang mungkin terlihat “jelas” bagi kita namun tetap berkesempatan memakan korban mereka yang awam. Kita berbicara soal beberapa retailer dengan nama tidak jelas yang berani menjual Playstation 4 PRO – varian konsol terkuat Sony yang saat ini berada di kisaran harga 5-7 juta Rupiah, dengan harga sekitar 990.000 Rupiah – 1,2 juta Rupiah saja. Salah satunya bahkan mengklaim berani memberikan penawaran membeli 2 unit dan gratis 1 unit.

lazada1
Halaman pertama Lazada dengan kata kunci “PS4 Pro” berisi toko dengan penawaran tidak masuk akal yang secara rasional, bisa disimpulkan sebagai penipuan.
lazada2
Beli 2 gratis 1??!!
lazada3
Membuat Anda cukup bertanya-tanya apakah Lazada punya sistem kurasi produk atau tidak.

Tentu saja cukup mengejutkan bahwa penawaran seperti ini muncul di situs e-commerce sebesar Lazada saja, tetapi juga dari fakta bahwa setidaknya ada 2-3 penawaran penipuan seperti ini hanya dari halaman pertama Store ketika kami mengetikkan tulisan “PS4 Pro” di halaman pencarian. Dibandingkan dengan situs e-commerce lainnya yang kami jajal, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan BliBli dengan kata pencarian yang sama, setidaknya Anda tidak akan bertemu dengan penawaran penipuan seperti ini di halaman pertama. Tentu saja membuat Anda cukup bertanya-tanya soal apakah konten di Lazada mendapatkan kurasi dan pengawasan yang seharusnya atau tidak.

tokopedia2
Berkedok kata “OFFLINE”, “HEN”, dan “PULUHAN FREE GAME”, ini adalah konsol bajakan PS4 Pro yang terkunci di firmware tertentu dan tidak bisa dimainkan secara online.
tokopedia1
Tidak hanya di Lazada saja, kasus yang sama juga terlihat di Tokopedia.
37848462 2184104991865127 435247025089413120 n
Bahkan, disponsori dan didorong di Facebook.

Namun ada masalah yang juga kami lihat muncul dari Lazada dan Tokopedia, yakni salah satu toko yang secara jelas menjual Playstation 4 PRO yang sudah diretas, membuatnya masuk ke dalam ranah ilegal. Mereka memang tidak mempromosikan konsol-konsol ini sebagai konsol bajakan, namun penggunaan kata “OFFLINE”, “HEN”, hingga “30 GAME GRATIS” dengan harga yang dibanderol di tingkat harga yang rasional bisa jadi mengecoh gamer yang tertarik untuk melirik Playstation 4 PRO itu sendiri. Gamer yang memahami soal kerugian menggunakan konsol bajakan mungkin akan menghindarinya. Namun gamer awam yang sekedar mencari penawaran terbaik dengan budget terbatas? Bisa berujung tidak mendapatkan penjelasan semestinya dan mendapatkan Playstation 4 PRO yang tidak mereka inginkan.

Jika Anda termasuk gamer yang tertarik untuk membeli Playstation 4 PRO di e-commerce Indonesia saat ini, ingatlah untuk terus waspada. Jangan sekedar tergiur harga murah saja, tetapi juga mempertimbangkan apakah ia rasional, memeriksa kredibilitas sang penyedia produk, hingga memastikan bahwa Anda memanag memilih produk yang tepat. Sementara untuk situs e-commerce seperti Lazada yang masih menyediakan konten seperti ini, bahkan di halaman utama sekalipun, get your shit together!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…