Demo Gameplay Terbaru Cyberpunk 2077 Juga Sematkan Pesan Rahasia

Reading time:
August 28, 2018

Terasa personal dan memerhatikan dengan dalam gamer, sebagai calon konsumen utama mereka, ini mungkin salah satu alasan mengapa banyak gamer yang jatuh hati dengan apa yang ditawarkan CD Projekt Red, di luar kualitas gamenya yang pantas untuk diacungi jempol. Di The Witcher 3: Wild Hunt misalnya, mereka menawarkan kebijakan pro gamer, dari melepas DLC konten secara cuma-cuma dan menawarkan expansion pack dengan konten raksasa tetapi di tingkat harga terjangkau. Pendekatan ini juga sempat mereka tawarkan lewat pesan rahasia yang disematkan di trailer perdana Cyberpunk 2077 di E3 2018 mereka, mengisyaratkan sebuah pesan dan harapan yang tulis. Hal yang sama juga terjadi di demo gameplay terbaru mereka.

Seperti yang kita tahu, CD Projekt Red memang baru saja merilis sebuah video gameplay Cyberpunk 2077 yang terlihat fenomenal. Namun siapa yang menyangka bahwa seperti di sesi sebelumnya, trailer panjang ini juga mengusung sebuah pesan rahasia di dalamnya. Pesan tersebut disematkan di frame terakhir trailer yang berlalu dengan begitu cepat. Untungnya, ada seorang Redditor yang cukup “iseng” untuk memeriksa video tersebut frame demi frame dan menemukannya. Lantas, apa isinya? Ini dia versi terjemahan yang kami racik:

CD Projekt Red menyematkan sebuah pesan rahasia di frame terakhir demo gameplay 48 menit Cyberpunk 2077.

Maaf membuat Anda menunggu selama ini.

Kamu suka dengan apa yang Anda lihat? Karena bagi kami, fakta bahwa kami akhirnya memperlihatkan gameplay ini adalah sesuatu yang benar-benar besar bagi kami. Tolong ke forum, Twitter, Facebook , Discord, dan diskusikan pendapatmu. Apakah dunianya memang seperti yang kamu bayangkan? Apakah kamu merasakan “immersion” yang sempat kami bicarakan ketika berbicara soal pendekatan first-person CP2077? Bagaimana visi kami soal Cyberpunk di siang hari menurut Anda? Kami benar-benar ingin tahu.

Tetapi di samping itu semua, kami merasa kami punya berutang penjelasan mengapa kami akhirnya memutuskan untuk meperlihatkan gameplay itu sekarang, setelah orang-orang industri game dan media sudah menikmatinya terlebih dahulu di E3 dan Gamescom 2018.

Setiap kali kami berdiskusi soal ide untuk memperlihatkan game ini kepada Anda (dan kami benar-benar banyak berdiskusi soal ini), kami selalu berada di area “kami tidak yakin 100% untuk melakukannya”. Mengapa? Karena sebagian besar gamer, ketika developer game memperlihatkan video gameplay proyek teranyar mereka, merasa bahwa hal yang sama akan mereka dapatkan di versi final. Padahal, bukan ini yang akan terjadi. Cyberpunk 2077 masih jauh di dalam proses pengembangan. Kami punya banyak ide desain, banyak mekanik gameplay yang tengah diuji, dan kami bahkan belum tahu kira-kira seperti apa produk final game ini nantinya. Hal ini membuat aksi merilis video seperti ini beresiko tinggi. Kami tidak ingin membuat gamer bergumam, “Tapi di video sebelumnya, senjatanya tidak seperti ini,”, atau “Mengapa kamu mengganti interface yang ada?”. Perubahan adalah sesuatu yang tidak terelakkan dari proses pengembangan game dan akan ada begitu banyak hal yang diubah setiap harinya. Ketakutan kami (dan kami masih takut) adalah membuat Anda merasa bahwa Cyberpunk 2077 yang Anda lihat saat ini adalah bagaimana Cyberpunk 2077 nanti, 1:1.

Lalu apa yang membuat kami punya kepercayaan diri ekstra untuk akhirnya memperlihatkan progress ini? Feedback positif dari orang-orang yang memang sudah terbiasa melihat game dalam beragam variasi proses pengembangan. Apa yang mereka katakan pada kami (dan mereka mengatakan mereka suka apa yang mereka lihat) menjadi pendorong yang kami butuhkan untuk memperlihatkan Anda, versi Cyberpunk 2077 saat ini. Semuanya untuk Anda, penonton yang benar-benar cerdas dan cinta dengan game ini.

Jadi, inilah Cyberpunk 2077 untuk saat ini (atau lebih tepatnya, pada saat kami merekam video ini). Kami sangat berharap Anda meman menyukainya.

Sekali lagi, terima kasih untuk kesabaran dan opini yang sudah Anda bagi dengan kami.

Yours,

CD Projekt Red

Cyberpunk 2077 sendiri masih belum punya rencana rilis, selain kepastian platform Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC sebagai “rumah” untuk rilis perdananya. Take your time, CD Projekt Red!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…