Game Taruh Dimana? SSD atau HDD?

Reading time:
September 27, 2018
Feat Image WD Black SSD

Saat Anda memutuskan untuk bermain game di platform PC, tentunya ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan platform PC apa yang akan digunakan, baik itu desktop maupun laptop. Setelah itu, penggunaan prosesor dan graphics card terbaik menjadi faktor utama yang dipilih untuk mendukung menjalankan game tersebut. Terlebih lagi game yang Anda mainkan nantinya akan sangat menuntut sistem yang tinggi untuk memberikan tampilan visual yang maksimal.

1

Melihat perkembangan PC dalam tahun terakhir ini, para gamer PC tampaknya sudah semakin cerdas dalam memilih beberapa perangkat terbaik untuk mendukung kebutuhan mereka. Dalam membangun sebuah sistem PC gaming yang kuat, kini bukan lagi soal memilih prosesor dan graphics card terbaik. Sektor media penyimpanan yang digunakan juga kini haruslah tepat.  Pemilihan media penyimpanan berjenis SSD (Solid State Drive) kini juga sudah menjadi kewajiban untuk sebuah sistem PC gaming. Beberapa vendor PC ternama bahkan mulai berlomba-lomba menawarkan sebuah sistem PC gaming, baik desktop maupun laptop yang dilengkapi dengan dual storage, SSD+HDD.

Ukuran Game Semakin Masif

Selain membutuhkan spesifikasi PC yang kuat, kenyataannya sebuah sistem PC gaming kini juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lapang. Beberapa portal website penjualan game original seperti Steam, Origin dan Uplay, menawarkan beragam game yang memiliki ukuran file game yang semakin besar hingga puluhan, bahkan ratusan GB (gigabyte). Sehingga kapasitas SSD pada sistem PC gaming yang ditawarkan oleh beberapa vendor dirasa kurang mencukupi. Seperti contohnya pada jajaran game populer yang kami rangkum di bawah ini.

2

Tidak hanya game-game populer saja, sebagai gamer PC tentu Anda juga memiliki beberapa game yang biasa dipertandingkan di ajang eSports seperti Counter-Strike: Global Offensive, PUBG, DOTA 2 dan lainnya, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini.

3

 

Total keseluruhan game online di atas yang disimulasikan memakan ruang penyimpanan sebesar 241 GB. Selain memiliki koleksi game online, sebagai gamer PC yang sudah memiliki sistem PC yang kuat tentunya memiliki beberapa koleksi game populer seperti GTA V, Assassin Creed Origin, Battlefield 1, Final Fantasy XV dan lain sebagainya.

Perbedaan signifikan terjadi pada jajaran game populer yang memiliki ukuran file sangat besar. Total keseluruhan dari game populer yang kami himpun membutuhkan ruang penyimpanan 1065 GB atau 1 TB lebih. Dengan ukuran file dari game-game yang semakin besar di atas maka tidak heran akan muncul pertanyaan, game sebaiknya ditaruh di SSD atau HDD? Beberapa gamer PC ada yang memilih untuk menaruh game yang dimainkan ke dalam HDD dan SSD hanya dijadikan sebagai sistem OS pada PC. Akan tetapi, apakah menaruh game pada HDD merupakan pilihan yang tepat?

Untuk memberikan gambaran yang jauh lebih jelas kepada Anda mengenai hal di atas, kami mengadakan pengujian terkait loading beberapa game populer yang kami uji. Untuk mensimulasikan sebuah PC gaming yang kuat, kami menggunakan sebuah sistem PC gaming di bawah ini dengan melakukan komparasi storage antara HDD SATA 7200 RPM dengan SSD berteknologi NVMe dari Western Digital yakni WD Black NVMe SSD 2018 berkapasitas 1 TB yang sedang berada di lab pengujian kami.

wb black
Spesifikasi PC yang kami gunakan:
  • Prosesor: Intel Core i7 7700K
  • Motherboard: Chipset Intel Z270
  • Memory: DDR4 8GB
  • Graphics Card: Nvidia GTX 1080
  • PSU: 1050 watt
Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…