Game Taruh Dimana? SSD atau HDD?

Reading time:
September 27, 2018

Saat Anda memutuskan untuk bermain game di platform PC, tentunya ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan platform PC apa yang akan digunakan, baik itu desktop maupun laptop. Setelah itu, penggunaan prosesor dan graphics card terbaik menjadi faktor utama yang dipilih untuk mendukung menjalankan game tersebut. Terlebih lagi game yang Anda mainkan nantinya akan sangat menuntut sistem yang tinggi untuk memberikan tampilan visual yang maksimal.

Melihat perkembangan PC dalam tahun terakhir ini, para gamer PC tampaknya sudah semakin cerdas dalam memilih beberapa perangkat terbaik untuk mendukung kebutuhan mereka. Dalam membangun sebuah sistem PC gaming yang kuat, kini bukan lagi soal memilih prosesor dan graphics card terbaik. Sektor media penyimpanan yang digunakan juga kini haruslah tepat.  Pemilihan media penyimpanan berjenis SSD (Solid State Drive) kini juga sudah menjadi kewajiban untuk sebuah sistem PC gaming. Beberapa vendor PC ternama bahkan mulai berlomba-lomba menawarkan sebuah sistem PC gaming, baik desktop maupun laptop yang dilengkapi dengan dual storage, SSD+HDD.

Ukuran Game Semakin Masif

Selain membutuhkan spesifikasi PC yang kuat, kenyataannya sebuah sistem PC gaming kini juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lapang. Beberapa portal website penjualan game original seperti Steam, Origin dan Uplay, menawarkan beragam game yang memiliki ukuran file game yang semakin besar hingga puluhan, bahkan ratusan GB (gigabyte). Sehingga kapasitas SSD pada sistem PC gaming yang ditawarkan oleh beberapa vendor dirasa kurang mencukupi. Seperti contohnya pada jajaran game populer yang kami rangkum di bawah ini.

Tidak hanya game-game populer saja, sebagai gamer PC tentu Anda juga memiliki beberapa game yang biasa dipertandingkan di ajang eSports seperti Counter-Strike: Global Offensive, PUBG, DOTA 2 dan lainnya, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini.

 

Total keseluruhan game online di atas yang disimulasikan memakan ruang penyimpanan sebesar 241 GB. Selain memiliki koleksi game online, sebagai gamer PC yang sudah memiliki sistem PC yang kuat tentunya memiliki beberapa koleksi game populer seperti GTA V, Assassin Creed Origin, Battlefield 1, Final Fantasy XV dan lain sebagainya.

Perbedaan signifikan terjadi pada jajaran game populer yang memiliki ukuran file sangat besar. Total keseluruhan dari game populer yang kami himpun membutuhkan ruang penyimpanan 1065 GB atau 1 TB lebih. Dengan ukuran file dari game-game yang semakin besar di atas maka tidak heran akan muncul pertanyaan, game sebaiknya ditaruh di SSD atau HDD? Beberapa gamer PC ada yang memilih untuk menaruh game yang dimainkan ke dalam HDD dan SSD hanya dijadikan sebagai sistem OS pada PC. Akan tetapi, apakah menaruh game pada HDD merupakan pilihan yang tepat?

Untuk memberikan gambaran yang jauh lebih jelas kepada Anda mengenai hal di atas, kami mengadakan pengujian terkait loading beberapa game populer yang kami uji. Untuk mensimulasikan sebuah PC gaming yang kuat, kami menggunakan sebuah sistem PC gaming di bawah ini dengan melakukan komparasi storage antara HDD SATA 7200 RPM dengan SSD berteknologi NVMe dari Western Digital yakni WD Black NVMe SSD 2018 berkapasitas 1 TB yang sedang berada di lab pengujian kami.

Spesifikasi PC yang kami gunakan:
  • Prosesor: Intel Core i7 7700K
  • Motherboard: Chipset Intel Z270
  • Memory: DDR4 8GB
  • Graphics Card: Nvidia GTX 1080
  • PSU: 1050 watt
Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…