GOG Hanya Untung 110 Juta Rupiah di 2018!

Reading time:
March 27, 2019
gog 600x278 1

Berbicara soal finansial perusahaan raksasa, termasuk di video game, kita selalu berbicara soal angka yang masif. Proses jual beli developer, keuntungan microtransactions, hingga estimasi keuntungan untuk setiap game yang dilepas ke pasaran bisa berkisar antara “sekedar” jutaan hingga miliaran USD. Portal distribusi game digital seperti Steam misalnya yang memanen 30% dari setiap penjualan di platform mereka tentu bisa menyentuh pendapatan yang jauh lebih fantastis di setiap tahunnya. Namun siapa yang menyangka bahwa terlepas dari kebijakan mereka sebagai platform “Anti-DRM”, GOG ternyata gagal berkontribusi banyak untuk keuangan CD Projekt.

Dalam laporan finansial mereka, masa depan GOG yang menyedihkan menyeruak ke permukaan. Ketika tim game mereka – CD Projekt Red berhasil menuai angka penjualan yang fantastis via The Witcher series, GOG justru datang dengan hasil menggelikan. Menyalahkannya karena nilai tukar mata uang Polandia – Zloty yang sempat rendah di awal tahun dan beragam biaya yang dikeluarkan untuk menyempurnakan platform ini, GOG hanya berhasil meraih keuntungan sekitar 30.000 Zloty atau sekitar USD 7.800 di sepanjang tahun 2018 kemarin. Ini berarti, ia hanya berhasil mengumpulkan keuntungan sekitar 110 juta Rupiah saja!

GOG financial
GOG hanya mencatatkan keuntungan bersih sebesar USD 7.800 atau 110 juta Rupiah di tahun 2018.

CD Projekt sendiri tidak banyak berbicara soal apakah pendapatan super rendah ini akan membuat mereka mengambil langkah ekstrim terkait GOG atau tidak, hingga bahkan membuat identitas anti-DRM yang mereka miliki. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang sempat membeli game di GOG?

Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…