10 Cover Musik Video Game Paling Keren Sepanjang Masa!

Reading time:
April 10, 2019

Musik di dalam video game adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hobi yang sudah begitu banyak menyita waktu kita ini. Walaupun seringkali tidak diperhatikan dan dijadikan fokus, perannya memang esensial. Dengan menyuntikkan musik yang tepat, developer bisa “mengatur” kira-kira perspektif dan emosi seperti yang seharusnya dibangun gamer ketika memandangi cerita atau scene tertentu. Tidak hanya itu saja, ia juga membangun atmosfer yang tepat untuk memacu adrenalin ataupun sekedar, mendorong keluarnya air mata. Harus diakui, tidak sedikit elemen musik ini yang berakhir menjadi sesuatu yang memorable. Alunan nada yang siap untuk membuat sensasi nostalgia dan beragam memori bahagia dengannya, mengemuka begitu saja.

Bersama dengan musik-musik super keren seperti ini, sebuah proses cover oleh mereka yang punya talenta musik tinggi sepertinya tidak terhindarkan. Dari yang memang berlirik hingga yang sekedar instrumental, tidak sulit rasanya untuk mengakui bahwa beberapa dari mereka bahkan berakhir lebih fantastis dari versi originalnya sendiri. Setiap dari cover ini punya gaya yang unik, pendekatan berbeda, hingga aransemen keren mereka masing-masing. Dengan popularitas Youtube yang kian meroket, tidak sulit untuk menemukan musik-musik seperti ini di dunia maya. Beberapa di antara cover ini bahkan ditangani super serius, melahirkan sebuah album dengan lisensi resmi, dan penikmat yang fanatik.

Artikel toplist JagatPlay kali ini akan membahas cover-cover musik video game terkeren sepanjang masa. Tentu saja, segala sesuatunya subjektif dan sangat bergantung pada konten yang pernah kami nikmati sebelumnya. Dengan begitu banyaknya talenta yang ada dan channel bertebaran yang berfokus pada konten cover musik video game seperti ini, sangat besar kemungkinan bahwa kami akan melewatkan atau bahkan berujung mengabaikan konten yang menjadi preferensi Anda.

Lantas, mana saja 10 cover musik video game terbaik sepanjang masa menurut JagatPlay? Ini dia:

  1. Banjo Guy Ollie – Dr. Willy Theme (Megaman 2)

Popularitas channel yang satu ini memang belum bisa dibilang “meledak”, namun bagi mereka yang sempat menikmati kontennya akan memahami seberapa “rapinya” Banjo Guy Ollie meracik cover musik-musik dari game legendaris yang sempat ia jajal di masa lalu. Seperti namanya, ia menjadikan banjo sebagai “kunci” pemersatu untuk sesi cover yang ia tawarkan, walaupun terkadang juga diisi dengan instrumen lainnya. Tema Dr. Willy dari Megaman 2 yang sempat ia usung adalah salah satu favorit kami.

  1. ToxicxEternity – GRINDER (Red Alert 2)


Ada begitu banyak channel cover musik di luar sana yang menjadikan “metal” sebagai pewarna musik mereka. Tidak jarang, pendekatan yang lebih cadas ini membuat musik-musik ikonik yang menemani masa kecil Anda terasa berbeda, bahkan cukup untuk mendorong adrenalin yang tidak akan pernah Anda tahu, bisa mereka lakukan. Salah satu yang cukup konsisten walaupun memiliki subs tidak seberapa besar adalah ToxicxEternity yang masih secara konsisten tampil cadas. OST Red Alert 2 – “Grinder” darinya siap untuk membuat ambisi Anda untuk membangun sebanyak mungkin Kirov membara!

  1. Lindsey Stirling – Zelda Medley (The Legend of Zelda)

Dari semua musisi yang melakukan cover musik video game, nama Lindsey Stirling boleh dibilang sebagai yang paling populer. Kepiawaannya menggesek biola kini melambungkan popularitasnya di kalangan orang awam, apalagi dengan strategi cover lagu film populer bersama musik original yang juga ia usung. Dari semua yang ia tawarkan, alunan biola yang ia usung lewat medley lagu-lagu The Legend of Zelda selalu menjadi yang paling kami sukai. Ia berhasil memilih musik yang tepat, mengatur posisinya hingga ia bisa dinikmati, dengan “dansa lebay” khas-nya yang ternyata sudah muncul sejak 8 tahun yang lalu.

  1. London Philharmonic Orchestra – Korobeiniki (Tetris)

Siapa yang bilang bahwa musik video game adalah sesuatu yang “kacangan”? Di tangan mereka yang sudah terbiasa mendengungkan musik-musik klasik kepada dunia, aransemen yang ia hasilkan ia berujung memukau. Tidak main-main, London Philharmonic Orchestra bahkan sudah mengeluarkan dua album terpisah yang berisikan cover belasan lagu video game, dari Legend of Zelda, Assassin’s Creed, Halo, hingga Metal Gear Solid. Namun pada akhirnya, yang paling membuat kami terpukau adalah Korobeiniki yang mereka eksekusi dengan manis.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…