Preview Judgment: Tinju Rasa Hukum!

Reading time:
June 27, 2019
Judgment jagatplay part 1 1

Tertarik tetapi juga skeptis di saat yang sama, inilah perasaan yang mengitari kami ketika melihat Project Judge Eyes yang berakhir menjadi Judgment untuk rilis di versi barat. Lahir dari tangan dingin studio peracik game Yakuza selama ini – Ryu Ga Gotoku (RGG), ia memperlihatkan sesuatu yang baru dan berbeda, tetapi juga sensasi yang familiar di saat yang sama. Kembali ke Kamurocho namun kini dengan tokoh protagonis baru yang diperankan oleh aktor ternama Jepang – Takuya Kimura sebagai kunci, ada kekhawatiran bahwa Judgment pada akhirnya terasa seperti seri Yakuza yang selama ini kita kenal dengan perbedaan kosmetik belaka. Berita baiknya? Menjajalnya secara langsung cukup untuk menghapus rasa skeptis yang ada. Yang tertinggal kini hanyalah perasaan tertarik yang begitu kuat.

Kesan Pertama

Menggunakan Dragon Engine ala Yakuza 6, memang sulit untuk mengesampingkan identitas Yakuza dari Judgment, terutama mengingat intisari gameplay yang sebenarnya sama. Kemiripan tersebut menguat mengingat Judgment juga menjadikan Kamurocho sebagai “taman bermain”, walaupun kini mengalami beberapa perubahan desain. Anda juga akan bertemu dengan beberapa hal ikonik dari Yakuza yang dipertahankan di sini, meninggalkan kesan kuat bahwa ia mengambil semesta yang sama. Walaupun Anda berperan sebagai seorang detektif kali ini, namun kisahnya tidak jauh dari kata Yakuza, perseteruan keluarga besar organisasi kriminal ini, dan Tojo Clan yang berdiri megah di belakagnya.

Berita baiknya? Judgment pelan tapi pasti berhasil menumbuhkan identitasnya sendiri. Bahwa fakta Anda berperan sebagai seorang detektif yang tentu lebih dekat dengan kata “Hukum”, juga diterjemahkan secara baik di dalam gameplay. Proses investigasi, baik di kasus utama ataupun kasus sampingan yang Anda ambil, akan membuka clue-clue dan bukti baru yang bisa dijadikan sebagai dasar argumen. Ada mekanisme opsi pertanyaan untuk menggali informasi, hingga menguatkan kesan bahwa solusi masalah kini tidak lagi terletak pada kekuatan tinju dan tendangan. Judgment juga mengubah sedikit sistem semi open-worldnya, dimana kedekatan Anda dengan karakter NPC kini juga mempengaruhi jenis kasus sampingan yang Anda dapatkan.

Satu yang pasti, Judgment sepertinya akan berakhir menjadi cerita yang panjang. Sudah menghabiskan tidak kurang dari 12 jam permainan, menyelesaikan kasus utama dan sampingan, kami baru saja mencapai Chapter 4. Sejauh ini, belum terlihat tanda-tanda bahwa ia menyediakan “konten nakal” ala Yakuza selama ini, yang harus diakui, sedikit mengecewakan.

Sembari menunggu waktu yang lebih proprosional untuk melakukan review, terutama menyelesaikan cerita utamanya yang sejauh ini begitu solid dan memancing rasa penasaran, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa itu Judgment. Suprisingly awesome!

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

Judgment jagatplay part 1 256 Judgment jagatplay part 1 22 Judgment jagatplay part 1 68 Judgment jagatplay part 1 73 Judgment jagatplay part 1 76 Judgment jagatplay part 1 132 Judgment jagatplay part 1 92 Judgment jagatplay part 1 193 Judgment jagatplay part 1 250 Judgment jagatplay part 1 153 Judgment jagatplay part 1 182 Judgment jagatplay part 1 258
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…