Nintendo, Sony, dan Microsoft Akan Buka Informasi Persentase Lootbox

Reading time:
August 8, 2019
consoles 1151474 1280x0

Terlepas dari beragam argumen yang berbeda, lootbox memang akan selalu menjadi sumber kontroversi di industri game. Beberapa melihatnya sebagai praktik yang tidak berbeda dengan judi dan seringkali didesain sedemikian rupa untuk memerangkap anak-anak yang tidak memahami banyak nilai uang nyata itu sendiri. Sementara tidak sedikit pula yang melihatnya bukan judi karena pada dasarnya Anda tidak bisa “kalah”, walaupun item kosmetik yang Anda dapatkan berakhir bukan yang Anda inginkan. Satu yang pasti, ada tren yang jelas di industri game saat ini, bahwa lootbox kini butuh lebih banyak berbagi informasi bagi konsumennya.

Walaupun jauh dari kata dihapuskan secara permanen, namun industri game sepertinya mulai bergerak untuk memastikan gamer sebagia konsumen, tidak “terperangkap” pada aspek acak di lootbox. Informasi terbaru dari ESA (Entertainment Software Association) mengungkapkan bahwa tiga brand platform terbesar di industri game – Nintendo, Sony, dan Microsoft sudah setuju akan satu hal – mereka akan memastikan bahwa persentase lootbox untuk game-game yang dirilis di platform mereka terang-benderang. Ini akan berlaku untuk game-game baru yang menerapkan sistem ini atau game lama yang baru menambahkannya via update.

lootbox1
Tiga platform terbesar – Sony, Microsoft, dan Nintendo berkomitmen untuk memastikan persentase droprate lootbox di game-game yang dilepas di platform mereka akan dibuka kepada gamer.

ESA sendiri menyebut bahwa keharusan membuka informasi drop rate di dalam lootbox ini mereka harap bisa mulai diterapkan di tahun 2020 mendatang. Tidak hanya Sony, Microsoft, dan Nintendo saja, publisher raksasa lain seperti Blizzard, Bandai Namco, hingga Take-Two Interactive yang kesemuanya bergabung di bawah ESA juga berjanji akan melakukan hal yang sama.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah informasi chance droprate di dalam lootbox adalah sesuatu yang menurut Anda memang dibutuhkan?

Source: GamesIndustry.biz

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…