Diablo IV Dipastikan Always-Online

Reading time:
November 4, 2019
diablo iv gameplay 1

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan malapetaka rilis Diablo III beberapa tahun yang lalu? Sebagian besar gamer PC yang sudah menginvestasikan uang mereka untuk game action RPG ini berakhir tidak bisa memainkannya selama dua minggu pertama karena konsep always-online yang diikuti kualitas server yang buruk. “Antrian” masuk panjang dan kode error ikonik terus bermunculan di layar, memicu rasa frustrasi dan kritik yang kuat. Jika Anda mengira bahwa Blizzard akan kapok dengan konsep ini, Anda ternyata salah besar. Sang seri teranyar yang baru saja diumumkan – Diablo IV dipastikan juga akan always-online!

Hal ini disampaikan langsung oleh Angela Del Priore – sang Lead Designer Diablo IV dalam panel BlizzCon 2019 kemarin. Del Priore secara tegas menyebut bahwa Diablo IV akan menjadi game always-online. Tidak hanya untuk versi PC saja seperti Diablo III, konsep always-online ini juga akan diaplikasikan untuk versi konsol – Playstation 4 dan Xbox One yang sudah diumumkan sebelumnya. Ia menyebut bahwa kebutuhan ini tidak lantas akan memaksa gamer untuk berpetualang secara kooperatif bersama player lain. Anda tetap bisa memainkan Diablo IV secara solo, area di quest Campaign dan dungeons juga akan tetap private tanpa kehadiran player lain.

diablo iv gameplay 2
Diablo IV dipastikan game always-online, walaupun Anda bermain solo campaign sekalipun.

Blizzard sendiri memang mendorong konsep mirip “MMO” untuk Diablo IV, dimana gamer ataupun party Anda bisa bertemu dengan gamer atau party yang lain, yang kemudian bisa berakhir saling bahu-membahu membasmi musuh lebih kuat atau justru bertarung satu sama lain dalam mode PvP. Blizzard sendiri belum memastikan tanggal rilis pasti untuk Diablo IV, selain konfirmasi rilis untuk Playstation 4, Xbox One, dan PC.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah kebutuhan always-online ini membuat Anda tak lagi tertarik melirik Diablo IV?

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…