10 Video Game yang Butuh Jadi Film Seri Netflix!

Reading time:
February 20, 2020
kane lynch

Netflix memang tengah menjadi tren “hangat” di industri game saat ini. Bahwa platform streaming dengan banyak konten original menggoda yang tersedia di sebagian besar belahan dunia ini memang mulai pelan tapi pasti, menggantikan posisi televisi yang seiring dengan perkembangan zaman, kian tidak relevan. Apalagi Netflix juga tidak berkeberatan untuk menginvestasikan uang untuk mengembangkan film seri atau lepas yang dianggap menarik, terlepas dari potensi pasarnya itu sendiri. The Witcher sepertinya menjadi bukti nyata bahwa di tangan sutradara yang tepat, dengan passion yang kuat, sebuah film seri yang fantastis bisa lahir dan sebegitunya populer hingga ia bahkan mampu mendongkrak penjualan sang game yang mulai berusia tua.

Kesuksesan The Witcher juga memicu banyak developer dan publisher yang berusaha mengekor yang sama, dengan beberapa proyek seperti Resident Evil yang sudah dikonfirmasikan. Beberapa berusaha meracik ulang cerita dari sang sumber materi, namun tidak sedikit pula yang justru didesain untuk memperluas dan memperdalam lore yang sudah ditawarkan oleh si video game itu sendiri. Satu yang pasti, eksistensi The Witcher justru memperdalam rasa dahaga untuk lebih banyak film seri adaptasi di Netflix dengan harapan ia akan mengusung kualitas yang serupa. Tentu saja, video game tersebut harus secara logis, akan tampil maksimal jika ceritanya dipisah ke dalam format episodik.

Lantas dari semua franchise video game yang sempat dirilis selama ini, mana saja franchise yang kami anggap akan tampil maksimal dan memang butuh diadaptasikan menjadi film seri Netflix? Berikut adalah pilihan JagatPlay:

  1. Mega Man

megaman legends

Dengan cita rasa kartun yang kental di awal, sisi aksi yang menarik untuk dibagi dalam format episodik mengingat begitu banyaknya musuh dengan identitas dan kekuatan berbeda yang harus ia tundukkan, dan cerita ringan yang berpusat pada tema kepahlawanan dan persahabatan, Mega Man memang potensial untuk dijadikan sebagai film seri Netflix. Ia bisa mengusung pendekatan CGI ala film Astro Boy terakhir atau sesuatu yang mirip dengan Big Hero 6. Sisanya? Memilih seri Mega Man mana yang hendak diadaptasikan, baik dari seri utama, X, atau bahkan Legends yang menurut kami, tetap akan memesona terlepas dari apapun pilihannya.

  1. Gravity Rush

Gravity Rush 2 PART 1 jagatplay 144 600x338 1

Menjadi game eksklusif yang penuh hati dengan cita rasa anime yang kental, Gravity Rush juga memenuhi hampir semua kategori yang kami inginkan dari sebuah film seri Netflix. Ia memuat konsep dunia terbuka dengan ekstra misi sampingan dimana sang karakter utama – Kat tidak pernah segan untuk membantu apapun yang mereka butuhkan, membuat format episodik yang berpusat pada masalah yang berbeda dimungkinkan. Konsep kekuatan mengendalikan gravitasi dan pertarungan melawan beragam musuh di atas dunia yang juga dibangun menarik akan jadi kekuatan film seri Netflix untuk Gravity Rush ini. Satu hal yang akan sangat kami dambakan? Mereka mempertahankan pendekatan visualisasi cell-shading yang ia usung, terlepas apakah ia berujung menjadi film animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi.

  1. Bioshock

rapture

Ada begitu banyak franchise super menarik yang ceritanya sudah begitu solid, hingga ia tidak punya lagi ruang untuk disempurnakan. Berusaha mengadaptasikannya ke dalam format kreatif yang lain juga berpotensi merusaknya. Hal yang sama juga kami rasakan dengan pilihan Bioshock kali ini. Namun seperti halnya yang hendak direncanakan oleh Resident Evil, sebuah film seri Netflix yang didesain untuk mengeksplorasi lebih dalam soal lore, karakter, dan konflik di dalam Bioshock bisa berakhir memesona. Bayangkan sebuah film seri yang menceritakan tentang karakter sampingan yang kebetulan hidup di Rapture, berusaha bertahan hidup di dalamnya, dengan cameo sang karakter utama dari versi video gamenya juga muncul sebagai cameo di sana. Membayangkan sebuah kisah dimana utopia berakhir berantakan bisa jadi sebuah kisah memilukan yang indah.

  1. Max Payne

max payne

Seperti sebuah puisi dengan senjata, ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang berhasil dilakukan Remedy dengan Max Payne, terutama untuk seri pertamanya. Sebagai game action, ia memang ikonik. Kita bicara soal game third person shooter dengan tema gelap yang juga memperkenalkan konsep bullet-time ke industri game. Abaikan sementara adaptasi film layar lebarnya yang mengecewakan di masa lalu, dan bayangkan sebuah film seri dari Netflix yang hadir dalam format episodik yang diposisikan bak sebuah film detektif dengan satu konflik utama. Setiap episode yang mengemuka akan membawa Payne mendekati resolusi konflik utamanya. Yang paling kami harapkan? Tentu saja pendekatan visual Noir ala Sin-City sebagai basis.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…