Modder Suntikkan Ray Tracing ke Need for Speed Underground
Jika kita berbicara soal seri Need for Speed terbaik yang pernah meluncur ke pasaran, yang berhasil mencuri hati gamer sejak ia pertama kali eksis, maka tidak sedikit Anda akan mendapatkan nama “Need for Speed Underground” darinya. Seri yang satu ini memang berhasil mengeksekusi banyak elemen dengan fantastis, dari sesi gameplay yang nyaris sempurna hingga pilihan OST beragam genre yang siap untuk membuat adrenalin Anda terpompa. Namun seiring dengan usia yang kian menua, harus diakui bahwa ada beberapa sisi presentasinya yang tidak lagi bisa disebut relevan. Namun bukan berarti modder akan diam begitu saja.
Seorang modder bernama Stre1itzia baru saja melemparkan mod visual “ray-tracing” untuk simulasi tata cahaya lebih realistis di Need for Speed Underground. Tentu saja ini bukan ray-tracing yang sebenarnya mengingat engine lawas dari NFS Underground memang tidak memuat fitur tersebut. Ia merupakan kombinasi antara mod NFS Underground Redux yang disisipi Screen-Space Ray Traced Global Illumination Shader racikan Pascal. Lewat sebuah video gameplay singkat, Anda bisa melihat bagaimana pantulan di mobil dan jalanan yang basah terlihat lebih akurat dan realistis. Namun harus diakui, ia tidak sebaik ray-tracing yang seharusnya.
Sang modder sendiri mengaku bahwa mod ray-tracing yang satu ini berhasil memangkas performa hingga tersisa 1/3 dari framerate yang seharusnya. Namun ia tidak berbagi detail lebih lanjut soal performa seperti PC yang ia gunakan untuk menjalankannya. Bagaimana menurut Anda? Memang terlihat lebih keren?