14 Game Terbaik Untuk Menemani Karantina COVID-19!

Reading time:
March 17, 2020
Yakuza 6 jagatplay part 2 19 1 600x338 1 600x338 1

Jaga kesehatan, jangan terlalu banyak sentuh muka, dan rajin cuci tangan, entah seberapa sering instruksi yang satu ini sudah Anda temui di beragam situasi. Usaha untuk menekan mewabahnya virus COVID-19 yang punya bahaya signifikan untuk mereka yang lansia dan punya kondisi medis yang lain, apalagi mengingat ia bisa tersebar tanpa simtom sama sekali, menuntut kewaspadaan yang lebih tinggi. Proses karantina sudah berusaha dilakukan beberapa pemerintah negara, termasuk Indonesia, lewat ajakan untuk menghindari tempat ramai, menjaga jarak dengan orang lain, hingga proses karantina diri sendiri agar tidak berakhir jadi penyebar alih-alih korban. Bagi gamer, situasi yang tidak mengenakkan ini bisa berujung menjadi situasi yang menyenangkan.

Tanpa berusaha “mengecilkan” dan mengabaikan bahaya COVID-19 itu sendiri, gamer seolah sudah “dilatih” bertahun-tahun, bahkan sejak kecil, untuk mempersiapkan diri demi proses karantina seperti ini. Sebagai makhluk yang senang bermain dengan “mainan digital” yang seringkali tidak dipahami oleh mereka yang awam dan bisa dimainkan sendiri, momen seperti ini biasanya disambut dengan tangan terbuka. Proses karantina 14 hari yang kini dijalani anak dan remaja sekolah di Indonesia serta beberapa karyawan kantor yang kini dimungkinkan untuk bekerja dari rumah juga bisa diasoasiasikan dengan ekstra waktu luang. Bagi gamer, ini saatnya “tenggelam” dalam game-game keren yang selama ini mungkin belum pernah mereka cicipi.

Apalagi jika kita berbicara soal game-game yang akan membantu proses karantina diri menjadi jauh lebih efektif dan mudah dinikmati. Game-game yang bisa membuat waktu berlalu begitu cepat tanpa Anda sadari, atau yang sekedar memberikan sensasi progress yang memuaskan. Beberapa mungkin terasa seperti sebuah rutinitas tidak berkesudahan, namun tidak sedikit pula yang menawarkan cukup banyak varian untuk membuat Anda terhibur untuk waktu yang sangat lama. Apalagi jika kita berbicara soal game-game yang sudah hadir dalam beberapa seri, baik yang tersedia di generasi saat ini ataupun beberapa generasi sebelumnya.

Lantas, dari semua game yang ada, manakah yang menurut kami akan jadi game terbaik untuk menikmati Anda melewati proses karantina COVID-19? Berikut adalah list versi JagatPlay:

  1. Classic Emulator

suikoden 2

Banyak dari Anda yang tengah membaca artikel ini mungkin baru menikmati generasi konsol dari satu atau dua generasi yang lalu dan jatuh cinta hingga generasi saat ini. Dengan 14 hari karantina yang disediakan, tidak ada lagi momen yang lebih tepat untuk menyelami game-game legendaris dari generasi yang belum pernah Anda jamah sebelumnya atau dari konsol yang memang di masa lalu, tidak pernah mendapatkan persetujuan orang tua untuk didapatkan. Anda yang menjadikan PC sebagai platofrm gaming selalu bisa memanfaatkan emulator untuk melakukan hal ini, walaupun harus berakhir jatuh menggunakan ragam “keping digital” bajakan yang mudah ditemukan di dunia maya untuk melakukannya. Ada banyak game-game legendaris yang bisa Anda jajal, yang sebagian besar darinya bahkan bisa membutuhkan lebih dari 14 hari untuk diselesaikan. Rekomendasi kami? MAINKANLAH SUIKODEN 2!

  1. Sekiro: Shadows Die Twice

Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 2 98 600x338

Ini mungkin salah satu pilihan yang mungkin membuat Anda sedikit memicingkan mata ketika kami pilih. Mengapa di situasi yang tengah penuh tekanan ini, kami memberikan Anda sebuah saran untuk terjun masuk ke dalam sebuah situasi yang lebih mudah memicu rasa frustrasi? Karena kami percaya bahwa untuk Anda yang tidak terlalu familiar dengan game-game Souls-like, terutama yang datang dari From Software, ini akan menjadi momen yang tepat untuk belajar. Bahwa terjun masuk ke dalam seri Souls tidak berbeda dengan proses belajar “naik sepeda” di awal. Terasa mustahil di awal, penuh dengan rasa frustrasi dan menjengkelkan, namun memuaskan di akhir. Yang fantastis? Sama seperti halnya naik sepeda pula, Anda hampir mustahil melupakannya. Terlepas dari apapun seri Souls dan Souls-like yang meluncur di masa depan, Anda kini sudah punya pengetahuan dasar untuk terjun masuk, mengembangkan strategi standar, belajar jauh lebih cepat, dan menundukkannya dengan jauh lebih mudah. 14 hari adalah waktu yang lebih dari cukup untuk mengembangkan skill tersebut. Tapi ingat, ia bisa “membunuh semangat” Anda jauh lebih cepat dari COVID-19 itu sendiri.

  1. Yakuza Series

Yakuza 6 jagatplay part 2 19 1 600x338 1

Jika kita berbicara soal game dengan cerita yang solid, apalagi jika Anda mencintai J-Drama masa lampau, maka tidak ada lagi momen yang lebih tepat untuk menikmati keseluruhan saga seorang Kazuma Kiryu selain memanfaatkan 14 hari masa karantina ini. Momen ini juga fantastis mengingat hampir semua seri kini tersedia di Playstation, dengan setidaknya dua seri pertama kini sudah di-remake dalam bentuk yang jauh lebih modern. Walaupun kami tidak yakin Anda bisa menyelesaikan setidaknya 7 game terpisah yang kesemuanya berpusat pada kisah Kiryu dalam waktu hanya belasan hari, namun tidak ada lagi yang momen yang lebih tepat untuk mulai terjun masuk jika selama ini, Anda berujung ragu.

  1. Stardew Valley

stardew valley

Jika Anda termasuk gamer yang tidak berkeberatan untuk menginvestasikan waktu dengan sedikit rutinitas ekstra untuk mengusir kebosanan, maka tidak ada lagi gamer yang lebih tepat untuk menyediakan hal tersebut selain Stardew Valley. Mengurus pertanian dan menjalin hubungan dengan NPC di dalam satu dunia yang sama bukanlah pekerjaan yang mudah. Dengan interaksi yang sederhana, segudang hal untuk dikerjakan, dunia yang menarik untuk dijelajahi, ini akan jadi opsi yang membuat waktu Anda terbuang dengan begitu cepat. Berita lebih kerennya lagi? Visualisasi sederhana membuatnya tampil sebagai game super ringan bersahabat yang salah satu opsinya, juga bisa Anda cicipi via perangkat mobile.

Tags:

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…