The Dark Pictures: Little Hope Eksplorasi Paranoia Penyihir!

Reading time:
April 16, 2020
little hope new

Pada tanggal 11 April 2020 yang lalu, JagatPlay berkesempatan diundang dalam keynote digital yang diselenggarakan Supermassive Games dan Bandai Namco untuk memperkenalkan seri kedua dari The Dark Pictures Anthology mereka – Little Hope. Untuk Anda yang tidak familiar, ia merupakan seri kedua dari saga yang dimulai dengan seri Man of Medan beberapa waktu yang lalu, dimana sang Curator akan berperan sebagai sebuah benang merah. Lewat sesi keynote digital inilah, Supermassive Games menjelaskan beragam hal baru yang hendak mereka suntikkan ke dalam kisah yang kini akan membawa Anda pada terror Witch Trial di masa lalu ini.

Secara mengejutkan, Supermassive Games memulai keynote ini dengan mengakui bahwa seri pertama mereka – Man of Medan bukanlah sebuah game yang sempurna. Mereka memang mendapatkan banyak pujian di sana-sini soal teror yang berhasil mereka racik, namun tetap mengakui bahwa ada kritik pedas yang juga termanifestasi lewat skor review rendah di beberapa lokasi. Oleh karena itu, Supermassive Games melihatnya sebagai feedback dan berkomitmen untuk memperbaiki beberapa hal yang mencederai pengalaman game horror interaktif mereka.

little hope new3
Mendengar keluhan dari gamer di Man of Medan, Supermassive Games akan memperbaiki sistem QTE di Little Hope.

Salah satu yang akan dibenahi adalah sistem QTE yang kini akan mendapatkan peringatan terlebih dahulu agar gamer bisa mengambil ancang-ancang dan bersiap. Hampir semua gamer yang sempat memainkan Man of Medan pasti merasakan frustrasi bagaimana sesi yang bisa berakhir dengan lengkap atau lenyapnya karakter yang ada berjalan tiba-tiba dan terasa begitu cepat. Sedikit melegakan bahwa Supermassive Games akhirnya akan memperbaiki hal tersebut. Mereka juga berjanji akan membuat kontrol terasa lebih halus dan intuitif. Sementara sisanya? Mengikuti formula seperti layaknya Man of Medan dan game horror mereka yang lain: karakter-karakter yang bisa tewas kapan saja, varian ending, multiplayer – offline dan online, dan gameplay berdurasi 4-5 jam dengan replayability tinggi.

Namun ada satu yang menarik dari sisi keynote ini – kesan arah cerita yang dibawa oleh Little Hope lewat sesi gameplay dan porsi cerita yang diperlihatkan Supermassive Games. Tentu saja tanpa spoiler, namun ia terkesan bertolak belakang dengan apa yang ia usung di Man of Medan. Jika Man of Medan masih memberikan ruang besar untuk penjelasan logis soal fenomena supranatural yang terjadi, apa yang kami lihat di Little Hope sejauh ini, benar-benar memberikan celah yang sangat kecil hal tersebut bisa terjadi. Bahwa penampakan hantu, perjalanan penuh kabut, dan alur kisah yang hendak ia usung sepertinya akan sulit terikat dengan penjelasan yang bisa dirasionalisasi. Apakah Little Hope akan menjadi sebuah game horror yang sesungguhnya dengan elemen supranatural berat? Tampaknya demikian. Apalagi Supermassive Games sendiri mengaku bahwa mereka terinspirasi dari game seperti Silent Hill.

little hope new2
Sejauh mata memandang, tak seperti Man of Medan, Little Hope mengusung tema supranatural yang sepertinya akan sulit dirasionalisasi.
little hope1 2
Tidak sekedar mengandalkan jumpscare, ia juga akan membuat bulu kuduk Anda merinding lewat hal-hal yang terjadi di belakang karakter.

Tenang saja, Anda yang masih menyukai sosok Curator juga boleh berlega hati mengingat sang tokoh penyambung antologi ini akan kembali dalam kisah yang akan memerangkap 4 mahasiswa dan 1 dosen ini di kota kecil penuh horror ini. Sumber ketakutan juga tidak lagi terlihat terlalu mengandalkan jump scare (yang benar-benar kami benci), namun juga mengandalkan permainan scene yang jelas tidak bisa dijelaskan dengan logika dan beberapa detail di latar belakang karakter yang siap untuk membuat bulu kuduk Anda merinding. Kerennya lagi? Dari keynote yang kami lihat, opsi yang Anda pilih tidak akan selalu datang dengan konsekuensi jelas hingga kesempatan untuk ekstra plot twist selalu tersedia di sana.

Bandai Namco dan Supermassive Games sendiri berencana untuk merilis The Dark Pictures: Little Hope pada musim panas tahun 2020 ini, masih tanpa tanggal rilis pasti, untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. Tertarik?

Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…