Preview Resident Evil 3 Remake: Berubah, Berbeda!

Reading time:
April 3, 2020

Bagaikan seorang penyerang sepakbola yang berada di puncak performanya, kalimat yang satu ini sepertinya pantas untuk menjelaskan apa yang berhasil dicapai Capcom selama beberapa tahun terakhir ini. Citra mereka berubah dari developer Jepang keras kepala yang seperti tidak terhubung dengan keinginan para fans menjadi developer dengan produk-produk memuaskan penuh daya tarik yang dieksekusi manis. Kita bicara soal Resident Evil 7, Monster Hunter: World, Devil May Cry 5, hingga proyek remake Resident Evil 2 yang berhasil mengembalikan mahkota survival horror ke tangan Capcom. Judul remake yang bahkan sempat bertanding sebagai kandidat terkuat “GOTY” di tahun 2019 kemarin. Kini melanjutkan tren fantastis mereka, Capcom akhirnya melepas sang seri selanjutnya – Resident Evil 3 Remake.

Kesan Pertama

Menggunakan kemampuan RE Engine yang selama beberapa judul terakhir memang memperlihatkan kualitas yang memesona, baik saat bicara soal performa teknis atau bagaimana ia mampu menghadirkan presentasi di sisi visual yang memanjakan mata, Resident Evil 3 Remake juga terlihat begitu indah. Tidak lagi terkunci di kantor polisi seperti di seri sebelumnya, Anda kini diberikan kesempatan untuk menikmati sedikit porsi Raccoon City yang tentu saja, tengah balau. Ini berarti Anda bertemu dengan kota yang tengah dilalap api di beragam sudut, dipenuhi dengan lampu neon terang, diisi dengan jalan sempit yang menunggu untuk dieksplorasi, dan para musuh yang siap menerkam jika Anda tidak mawas. Melihat Raccoon City dalam detail visual yang lebih baik adalah alasan lain untuk menikmati Resident Evil 3 Remake, apalagi jika Anda termasuk gamer yang sempat terjun ke seri originalnya di masa lalu.

Dibandingkan dengan pendekatan Resident Evil 2 Remake, Resident Evil 3 Remake memang mengusung cita rasa yang lebih action. Mengingat kita memerankan Jill Valentine yang sudah makan “asam garam” T-virus sejak seri Resident Evil pertama, pendekatan ini secara lore memang rasional. Maka dengan pondasi lebih action ini, Jill dan Carlos – sang teman seperjuangan di seri kali ini, akan lebih mudah menemukan resource untuk melawan setiap ancaman yang ada. Proses penghematan peluru, terutama di awal permainan, kini juga diikuti dengan sistem pisau yang tidak lagi bisa hancur. Akses ke senjata yang lebih kuat juga cepat Anda dapatkan di awal permainan, di tengah waktu gameplay skenario yang memang harus diakui, terhitung singkat. Resident Evil 3 Remake memberikan Anda lebih banyak kesempatan untuk memburu zombie alih-alih diburu seperti seri sebelumnya.

Akan ada dua tipe gamer yang sepertinya akan membangun dua kubu opini ekstrim ketika kita membicarakan Resident Evil 3 Remake, terutama karena banyaknya perubahan yang dihadirkan oleh Capcom di sini. Pertama, jika Anda gamer yang sudah mencicipi seri originalnya, maka Anda akan punya banyak bahan kritik dengannya. Dengan waktu gameplay singkat dan presentasi cerita yang lebih mengalun, Resident Evil 3 Remake memutuskan untuk membuang banyak hal dari seri originalnya, dari lokasi hingga minimnya puzzle yang Anda temui di sepanjang perjalanan. Sementara di kubu kedua, gamer-gamer yang tidak pernah mencicipi seri originalnya dan terjun masuk lewat Resident Evil 2 Remake sepertinya tidak akan berkeberatan dengan apa yang dibawa Capcom di seri terbaru ini. Bahkan ketika kita bicara soal cara mereka melebur sang antagonis utama – Nemesis dalam perjuangan Jill untuk lari dari kota terkutuk ini.

Kami sendiri sebenarnya sudah menyelesaikan Resident Evil 3 Remake dan sudah siap untuk membicarakannya. Namun sayang sepertinya untuk tidak menyediakan artikel preview untuk memamerkan indahnya RE Engine yang berhasil membawa Raccoon City dan aksi Jill Valentine ini ke dalam ranah modern dengan kualitas yang fantastis. Lagipula kami juga belum sempat menyentuh sang porsi multiplayer – Resident Evil Resistance sehingga proses review kami tidak akan lengkap tanpanya. Maka sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukannya, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa yang ditawarkan oleh Resident Evil 3 Remake. Sejauh ini, ia adalah sebuah seri yang berbeda dan berubah, tidak hanya dari apa yang Anda kenal dari Resident Evil 2 Remake saja, tetapi juga Resident Evil 3 original di masa lalu.

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

 

 

WARNING: Anda yang berkeberatan dengan SPOILER sekecil apapun, diharapkan untuk tidak membuka halaman ke-2 dan seterusnya

 

 

 

 

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

January 22, 2021 - 0

Preview Playstation 5: Tibanya Sang Generasi Baru!

Harus menunggu selama setidaknya tiga bulan lamanya sebelum bisa menikmati…
December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…