Review Fall Guys: Wah, Seru Sekali Yang Mulia!

Reading time:
August 7, 2020

Video game tidak selalu soal game-game AAA. Selama satu dekade terakhir, terutama lewat popularitas Steam yang meroket dan memberikan ruang bagi developer indie untuk mendulang modal lebih awal lewat sistem Early Access, banyak game indie yang kini berani menguji peruntungan mereka. Lewat scene ini, keberanian untuk mengeksplorasi lebih banyak ide sembari membangun hubungan yang lebih dekat dengan para fans melahirkan banyak game yang pantas untuk dirayakan. Kerennya lagi? Ada begitu banyak hasil karya yang sempat membuat kita berpikir-pikir, mengapa tidak ada satupun publisher raksasa yang tertarik untuk mengeksplorasi konsep serupa di awal. Hal inilah yang terjadi dengan Fall Guys: Ultimate Knockout.

Terlepas dari apakah Anda sudah mencicipi game ini atau tidak, sepertinya mustahil jika Anda tidak pernah mendengar nama Fall Guys dalam setidaknya periode beberapa hari terakhir ini. Seperti yang terjadi dengan Rocket League di awal rilisnya, keputusan Mediatonic dan Devolver Digital untuk langsung menempatkan Fall Guys sebagai game “gratis” Playstation Plus memang menjadi roket pendorong efektif untuk popularitas ini. Lengkap dengan momentum sama di versi PC berkat harga yang lumayan terjangkau, Fall Guys bahkan berhasil mendulang tidak kurang dari 1,5 juta gamer hanya dalam waktu 24 jam rilis saja. Pertanyaannya kini, apakah semua hype dan popularitas mengitari judul ini memang sebanding? Ini yang jadi misteri utama.

Lantas, apa yang sepertinya ditawarkan oleh Fall Guys ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game seru dengan embel-embel kata “Yang Mulia” di akhir? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda

Super Duper Imut

Seperti yang bisa Anda prediksi, Fall Guys bukanlah game yang Anda nikmati karena lore-nya.

Dengan gameplay yang ia tawarkan, sepertinya Anda sudah memprediksi bahwa plot memang tidak pernah menjadi bagian penting dari pengalaman Fall Guys. Hanya ada beberapa informasi mendasar yang Anda dapatkan – bahwa Anda sepertinya tengah terlibat dalam sebuah acara televisi dan keseluruhan kompetisi hingga satu pemenang terpilih diposisikan sebagai satu episode acara saja. Tenang saja, Anda juga tidak akan banyak peduli dengan lore yang ia usung.

Imut, penuh keriangan, dan menggembirakan sepertinya akan jadi tiga reaksi utama yang akan Anda picu ketika melihat Fall Guys untuk pertama kalinya. Anda tidak akan bertemu dengan karakter humanoid super realistis dengan dunia gelap dan penuh kekerasan di sini. Fall Guys dipenuhi dengan karakter-karakter dengan desain kartun kentara yang penuh dengan warna cerah, siap untuk meninggalkan senyum lebar sejak pertama kali Anda mencicipinya. Setiap dari mereka juga mengusung animasi super imut pada saat bergerak, melompat, atau sekadar memamerkan beragam emoticon yang bisa disematkan. Di tengah situasi dunia yang begitu chaos seperti saat ini, Fall Guys seolah hadir sebagai sumber kehangatan yang Anda butuhkan, setidaknya dari video game.

Dunianya penuh warna!
Tidak hanya dari sisi visual saja, animasi geraknya juga tidak kalah imut.

Seolah tidak cukup dengan level keimutan mereka, setiap karakter juga akan akan mendapatkan fitur modifikasi dimana Anda bisa mengganti pakaian dan ragam aksesoris si karakter. Hampir kesemua item kosmetik tersebut datang dengan desain yang siap untuk membuat hati Anda terenyuh. Anda bisa menyematkan topi baseball hingga kepala burung merpati yang tentu saja akan membuat desain Anda terlihat lebih mencolok saat permainan, mengganti corak celana yang digunakan, mengubah wajah, hingga mengganti celana atas nama menggunakan kostum yang matching dengan pakaian Anda. Beragam item kosmetik ini juga hadir dengan sistem rolling berbasis waktu untuk didorong sebagai salah satu motivasi untuk terus kembali ke Fall Guys.

Sementara dari sisi suara, mengingat game ini tidak mengusung sistem dialog sama sekali, pengalaman audio Anda akan bergantung pada dua hal – suara efek dan OST yang akan menemani setiap perjalanan Anda menembus begitu banyak rintangan. Sama seperti pendekatannya di sisi visual, suara efek yang diracik juga lebih dekat ke efek suara kartun dari melompat hingga pada saat Anda terjungkal karena beragam rintangan yang ada. Sementara OST? Kualitas dan pendekatannya akan mengingatkan Anda pada kualitas yang ditawarkan Splatoon dan Splatoon 2. Terdengar menyenangkan, berpotensi repetitif jika Anda terlibat dalam aksi sesi gaming yang panjang, namun tidak akan cukup untuk mengganggu pengalaman bermain Anda.

Dengan semua kombinasi ini, terlepas dari atmosfer kompetitif yang bisa berujung benar-benar “panas”, Fall Guys akan terasa seperti pengalaman bermain yang menyenangkan. Sulit untuk berujung marah jika semua yang tampil di mata dan telinga Anda adalah makhluk-makhluk imut dengan warna cerah yang memutuskan untuk mengenakan kostum-kostum yang siap untuk membuat Anda selalu tersenyum.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

January 25, 2021 - 0

Preview Demon’s Souls Remake: Mati dalam Keindahan!

Mengukuhkan statusnya sebagai salah satu developer game-game Remake terbaik di…
January 22, 2021 - 0

Preview Playstation 5: Tibanya Sang Generasi Baru!

Harus menunggu selama setidaknya tiga bulan lamanya sebelum bisa menikmati…
December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…