Balancing, Apex Legends Buang “Lari Naruto” dari Karakter Wraith

Reading time:
October 7, 2020
wraith1

Salah satu kunci untuk mengembangkan sebuah game multiplayer yang sukses di pasaran tidak hanya akan terkunci pada keseruan gameplay dan konsep yang unik saja. Ia juga mengakar pada kebutuhan untuk terus mendukungnya, baik tambahan konten secara berkala atau “hanya” sekadar proses balancing untuk memastikan nuansa kompetitif yang tetap terjaga. Terkadang untuk urusan balancing ini, developer harus mengambil keputusan sulit yang bahkan bisa berujung mencabut dan merenggut identitas karakter yang sudah sempat mereka perkenalkan sebelumnya. Bagi Respawn Entertainment, hal ini mau tidak mau harus mereka terapkan untuk karakter favorit Apex Legends – Wraith.

Wraith yang punya tubuh ramping, cepat, dan sedikit nuansa ninja memang memiliki animasi lari bak Naruto – dengan posisi kedua lengan yang diarahkan ke belkakang. Namun untuk update teranyar – Aftermarket yang juga akan menyuntikkan beta cross-play, Respawn memutuskan untuk membuang animasi lari ala Naruto tersebut. Alasannya? Proses balancing. Setelah menilai dan menimbang, Respawn merasa bahwa gaya lari yang membuat model Wraith sedikit menunduk tersebut membuatnya menjadi target “kecil” yang sulit untuk ditembak. Tidak hanya itu saja, dipadukan dengan hitbox yang sudah terhitung sempit dibandingkan karakter lain, animasi ini bisa dihitung jadi kemampuan spesial.

wraith new run
Atas nama balancing, Wraith kini tidak lagi berlari dengan gaya ala Naruto.

Dengan membuat Wraith kini berlari tegak layaknya karakter lain, Respawn berharap Wraith akan menjadi karakter yang jauh lebih mudah ditembak dan dibunuh. Mereka mengaku sudah menempuh beberapa proses balancing untuk Wraith di masa lalu namun tidak kunjung bisa menahan persentase pickrate-nya yang masih terhitung tinggi. Lewat aksi ini, mereka bisa sedikit menahannya. Respawn bahkan membuka kemungkinan bahwa dengan animasi lari baru ini, mereka mungkin saja harus “memperkuat” kemampuan Wraith yang sempat dicabut di masa lalu atas nama nerf. Namun tentu saja, mereka butuh meninjau lebih banyak data.

Tentu saja, berita ini disambut penuh duka oleh para fans yang sudah melihat hal ini sebagai bagian dari karakter Wraith itu sendiri. Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak dari Anda yang bersedih dengan berita yang satu ini?

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…