Terkait Crunch Cyberpunk 2077, CDPR Janjikan Kompensasi Sepadan

Reading time:
October 1, 2020

Menyebut “crunch” sekadar lembur memang terlalu menyederhanakan praktik yang terasa lumrah di industri game, apalagi ketika berbicara soal mendekati rilis game-game AAA ambisius. Kompensasi memang ditawarkan, namun praktik ini seringkali mengabaikan kesehatan jasmani dan rohani karyawan yang “diharuskan” ataupun “secara tidak langsung diharuskan via tekanan sosial” untuk ikut terlibat di dalamnya. Kondisi inilah yang mengitari nama CD Projekt Red dan game action RPG mereka – Cyberpunk 2077 kemarin. Adam Badowski selaku kepala studio pun akhirnya mengeluarkan tanggapan resmi.

Tidak membantah dan mengelak, dalam pernyataan resminya, Adam Badowski memang mengakui aksi crunch yang akan dilalui CD Projekt Red mengikuti rilis Cyberpunk 2077 yang tinggal mennghitung 6 minggu. Ia menyebut “mayoritas” anggota tim-nya memahami kondisi ini dan memiliki visi sama untuk menelurkan game yang bisa mereka banggakan. Badowski menyebut bahwa ini adalah keputusan tersulit yang harus ia ambil. Ia hanya bisa memastikan bahwa untuk setiap jam kerja ekstra yang disuntikkan, karyawan akan mendapatkan kompensasi sepadan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, 10% dari total keuntungan tahunan yang diraih CDPR juga akan didistribusikan dan dibagi langsung ke tim.

Sayangnya, Badowski tidak angkat bicara soal kemungkinan crunch setelah rilis untuk mengatasi bug yang mungkin ditemukan gamer atau sekadar mempesiapkan fitur next-gen yang sempat dijanjikan sebelumnya. Cyberpunk 2077 sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 19 November 2020 mendatang untuk Playstation 4, Xbox One, Google Stadia, dan tentu saja – PC.

Bagaimana menurut Anda situasi terkait crunch ini?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…