Preview Genshin Impact: Cinta, Harta, Gacha!

Reading time:
October 15, 2020

Punya nama, namun gaungnya belum sekeras saat ini, kalimat ini sepertinya pantas untuk menjelaskan posisi miHoYo – developer asal China di industri game beberapa tahun yang lalu. Gamer yang sempat mencicipi Honkai Impact 3rd di pasar mobile dan kemudian PC mungkin familiar, namun banyak yang belum pernah mendengar nama mereka sama sekali. Semua mata mulai memandang ke arah miHoYo ketika produk teranyar mereka – Genshin Impact diperkenalkan kepada publik. Di awal, ia berpusat pada kontroversi kemiripan dengan game milik Nintendo – Legend of Zelda: Breath of the Wild yang memicu beragam reaksi. Namun seiring dengan lebih banyak informasi, terutama pengenalan karakter dan cerita yang akan diusung, ketertarikan mulai bergerak menjauh dari citra tersebut. Kini menjadi fenomena global berkat rilis serentak nyaris di semua platform, Genshin Impact akhirnya tiba!

Kesan Pertama

Sebagai gamer yang tidak pernah menjajal masa beta dan baru terjun ke rilis versi final beberapa waktu yang lalu, tidak butuh waktu lama untuk mengesampingkan kontroversi soal “kemiripan” Genshin Impact dengan Breath of the Wild. Anda memang bisa melihat beberapa elemen yang jelas “terinspirasi”, namun perbedaan sensasi permainan lah yang kemudian membuat kemiripan-kemiripan ini bisa dikesampingkan begitu saja. Ketika Breath of the Wild lebih berfokus pada sisi eksplorasi dan beragam gameplay berbasis physics yang bahkan bisa dikombinasikan dengan logika player, Genshin Impact hadir dengan bentuk yang jauh jauh jauh lebih sederhana. Ia tampil sebagai game action RPG standar yang tentu saja mekaniknya, didesain sedemikian rupa untuk membuat dunianya kini menjadi “tempat bermain” yang memfasilitasi gameplay loop yang ada. Setidaknya hingga konten baru tersedia.

Di luar kualitas visualisasi yang pantas diacungi jempol, terutama untuk desain karakter wanita yang kesemuanya punya kualitas “waifuable” yang memanjakan mata, Genshin Impact juga berhasil tampil sebagai game free to play yang solid. Banyak game free to play di luar sana, dengan kaliber yang setara, berjuang mati-matian untuk membuat Anda menyerah dan pada akhirnya mengorbankan sedikit uang nyata untuk menyelesaikan sisi cerita atau membuka ragam fitur yang lain.

Genshin Impact secara ajaib menjadikan sistem ini cukup berimbang, dimana setidaknya hingga 80% dari total cerita yang ia sediakan, sampingan ataupun utama, akan bisa Anda mainkan dengan flow yang solid. Selama proses ini, Anda tidak akan merasa dipaksa sama sekali untuk “membayar” dengan uang nyata. Baru ketika Anda memasuki Adventure Level (AR) – angka yang akan menentukan sejauh apa progress profile Anda, akan ada beberapa limitasi yang sedikit mengubah flow tersebut.menjadi jauh lebih lambat. Entah karena desain yang mulai “kelihatan belangnya” untuk mendorong Anda mulai mempertimbangkan aksi belanja dengan uang nyata, terutama untuk ticket system bernama “Resin” yang akan membatasi reward yang bisa Anda kejar tiap harinya atau karena keterbatasan konten saat rilis. Karena secara rasional, game seperti Genshin Impact memang seharusnya akan diperlakukan sebagai Games as a Service dimana konten, termasuk cerita, pelan tapi pasti akan ditambahkan sebagai update.

Maka seperti yang bisa diprediksi, inti monetisasi game free to play seperti ini akan berfokus pada aksi Gacha – mengorbankan “mata uang” in-game ataupun nyata untuk kesempatan mendapatkan resource berharga, dimana di game ini, akan direpresentasikan oleh karakter dan senjata bintang lima. Apresiasi ekstra pantas diberikan untuk Genshin Impact karena untuk memastikan cerita yang tetap berlanjut dan bisa diselesaikan, Anda diberikan set karakter standar yang cukup untuk memenuhi tugas tersebut. Karakter tambahan yang bisa didapatkan lewat proses gacha datang menggoda di dua kategori: pertama, seperti yang kami bicarakan sebelumnya, karena desain dan kualitas “waifu-able” yang kuat. Dan kedua? Kontribusinya dalam dinamika tim mengingat masing-masing darinya akan datang dengan elemen, skill, dan peran yang berbeda-beda pada saat dipasangkan dalam tim bertarung. Namun untuk saat ini, setidaknya hingga AR 30 yang kami capai pada saat artikel preview ini ditulis, tidak terasa ada keharusan untuk mengeluarkan uang nyata hanya untuk menyelesaikan cerita yang disajikan di minggu-minggu pertama rilis ini.

Maka sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, yang kami sendiri tidak bisa pastikan kapan mengingat desain game yang bisa saja berubah dari waktu ke waktu lewat beragam update yang disuntikkan, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa itu Genshin Impact. Kami secara terbuka mengizinkan Anda menertawakan nasib buruk kami yang hingga saat ini, lewat ragam aksi gacha, belum sekalipun pernah mendapatkan karakter bintang lima. Ini adalah barisan screenshot dengan aura “sad boi” yang kental.

RAW Screenshot

4K dengan Playstation 4 PRO

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…
September 28, 2020 - 0

Review HADES: Super Duper Nagih!

Supergiant Games? Berapa banyak dari Anda yang pernah mendengar nama…

PlayStation

November 20, 2020 - 0

Review Genshin Impact: Inovasi dan Adiksi Uji Hoki!

Berapa banyak dari Anda yang saat ini tengah sibuk memainkan…
November 17, 2020 - 0

Review Kingdom Hearts – Melody of Memory: Nostalgia Telinga!

Menyebutnya sebagai salah satu franchise dengan plot paling kompleks memang…
November 13, 2020 - 0

Review Watch Dogs Legion: Bersatu Kita Teguh, Bercerai Tetap Seru!

Kontroversial, memancing cemooh di awal rilis, namun tetap berakhir sukses…
November 10, 2020 - 0

Preview Assassin’s Creed Valhalla: Dalam Lindungan Odin!

“Ini bukan lagi seri Assassin’s Creed”, pergeseran genre dengan cita…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…