Review Ghost of Tsushima – Legends: Gratis dan Nikmat!

Reading time:
October 21, 2020
Ghost of Tsushima Legends jagatplay 1

Melakukan tugas yang baik, langkah hati-hati yang diambil Sucker Punch sembari aktif berdiskusi dengan SIE Japan untuk memastikan mereka mampu merepresentasikan kisah yang diambil dari kejadian historis yang melibatkan Negeri Sakura ini dengan penuh rasa hormat, memang pantas diacungi jempol. Walaupun mengakar pada akar fiktif yang juga diikuti dengan nilai-nilai mistis di dalamnya, pujian tinggi memang pantas diarahkan kepada apa yang berhasil mereka capai dengan Ghost of Tsushima. Ia menjelma menjadi game pertarungan katana yang penuh darah, diisi dengan dunia memanjakan mata, dengan kisah berpusat pada nilai-nilai Bushido yang dieksekusi dengan manis, tanpa disajikan terlalu berlebihan. Seolah tidak cukup memukau lewat porsi single-playernya, mereka kini datang dengan tambahan konten yang lebih mengejutkan.

Tidak ada yang memprediksi bahwa Sucker Punch ternyata masih punya “senjata rahasia” terkait Ghost of Tsushima. Pengumuman yang mereka lakukan beberapa waktu lalu tampil mengejutkan sekaligus efektif memancing rasa penasaran. Mereka memperkenalkan “Legends” – sebuah porsi mode multiplayer yang didesain dengan basis mekanik Ghost of Tsushima, hadir dengan ragam misi kooperatif,  dengan progression berbasis loot, dan kesempatan untuk menyelami sisi mistis pulau indah yang satu ini. Tidak lagi sekadar bertarung dengan pasukan Mongol, Anda kini menyelami sisi mistis yang mengitarinya dari perspektif salah satu karakter. Bagian terkerennya? Ia didistribusikan secara cuma-cuma untuk semua gamer pemilik Ghost of Tsushima!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghost of Tsushima: Legends ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai porsi game gratis nan nikmat? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Apa itu Ghost of Tsushima: Legends?

Ghost of Tsushima Legends jagatplay 3
Secara sederhana, Ghost of Tsushima: Legends bisa didefinisikan sebagai mode multiplayer yang didistribusikan sebagai update cuma-cuma.

Sebelum kita menyelami lebih dalam soal pengalaman seperti apa yang ditawarkan oleh Ghost of Tsushima: Legends, ada baiknya jika kita membahas seperti apa dulu konten yang Ia tawarkan. Seperti yang kami bicarakan sebelumnya, ia hadir sebagai mode multiplayer kooperatif yang didistribusikan sebagai update cuma-cuma untuk semua gamer pemilik Ghost of Tsushima. Legends dihadirkan sebagai mode terpisah yang bisa dipilih oleh gamer alih-alih terintegrasi ke dalam pengalaman Jin Sakai. Ia dibangun untuk mengeksplorasi sisi mitos dan mistis pulau Tsushima secara lebih mendalam, dimana Anda akan bertarung sebagai satu di antara 4 Ghosts yang dipercaya ikut aktif menangkal pasukan Mongol yang disebut-sebut datang, dengan kekuatan Oni mereka sendiri.

Ghost of Tsushima: Legends sendiri menawarkan dua buah mode terpisah untuk dinikmati. Ada mode Story dimana 2 player bisa bermain secara kooperatif untuk menyelesaikan misi demi misi yang mengusung cerita tersendiri, dan mode Survival – dimana 4 player akan bertarung bahu-membahu untuk bertahan hidup di tengah terjangan musuh yang datang dalam bentuk gelombang. Basis permainan tetap menggunakan mekanik Ghost of Tsushima versi single-player, dimana serangan dan aksi parry di timing yang tepat akan menentukan seberapa efektif katana Anda. Tentu saja, ia juga hadir dengan mekanik berbeda yang akan kita bicarakan nanti.

Ghost of Tsushima Legends jagatplay 23
Ia datang dengan mode saat ini – Story dan Survival. Mode Raid juga sudah diumumkan dan akan tersedia sebagai update di masa depan.
Ghost of Tsushima Legends jagatplay 33
Anda tengah menjalankan sebuah kisah “legenda” yang diceritakan oleh karakter bernama Gyozen.

Anda tentu mulai penasaran dengan sisi cerita yang ada. Walaupun tidak hadir dalam format open-world seperti halnya di mode single-player, ia tetap didasarkan pada satu benang merah yang sama. Tokoh sentral di dalam cerita Ghost of Tsushima: Legends adalah karakter bernama Gyozen yang juga berperan sebagai narator. Gyozen yang hidup di tengah invasi Mongol dan mendengar soal kisah Ghost (yang notabene merupakan Jin Sakai) kemudian berimajinasi soal kemustahilan bahwa invasi pasukan dengan jumlah banyak dan pengalaman perang tersebut bisa tunduk di bawah satu orang saja. Gyozen kemudian meracik legenda dari kejadian-kejadian yang ia dengar, yang berujung menjadi Ghost of Tsushima: Legends yang kita nikmati.

Beragam misi yang tersedia, baik Story ataupun Survival ini akan dibagi ke dalam tiga tingkat kesulitan berbeda – Bronze, Silver, dan Gold. Anda baru bisa menikmati tingkat kesulitan misi yang lebih tinggi jika Anda sudah menyelesaikan tingkat kesulitan sebelumnya, yang biasanya juga diikuti dengan peningkatan kualitas dan kelangkaan loot yang Anda dapatkan. Loot memang memainkan peran penting dalam progress Ghost of Tsushima: Legends yang juga nantinya akan kita bicarakan di sesi selanjutnya. Berita baiknya? Ia juga mendukung aksi Matchmaking dan Quick Play untuk kedua mode, hingga Anda yang tidak punya teman bermain di dunia nyata sekalipun, akan tetap bisa menikmati mode yang satu ini.

Ghost of Tsushima Legends jagatplay 126
Mendukung fitur matchmaking, Anda tidak butuh teman di dunia nyata untuk menikmati mode ini.

Dengan konsep yang di atas permukaan terdengar sederhana ini, ada sesuatu yang istimewa dengan cara Sucker Punch menangani Ghost of Tsushima: Legends yang notabene didistribusikan secara gratis ini. Kualitasnya bahkan harus diakui, jauh lebih baik dibandingkan dengan game-game berbasis loot berbayar yang tersebar di pasaran saat ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…