Analis: Jumlah Gamer Aktif Among Us Tembus 500 Juta di Bulan November 2020

Reading time:
December 22, 2020
among us1

Tahun 2020 memang jadi tahun yang unik di industri game. Kita tentu tidak hanya bicara soal situasi mengitari pandemi saja yang mau tidak mau, berujung mempengaruhi bisnis yang kita cintai ini saja. Kita juga bicara soal bagaimana hype untuk game-game indie bergerak cepat dari satu judul ke judul lainnya, dimana para streamer dan Youtuber berujung mendorong level popularitasnya ke tingkat yang baru.

Lihat saja apa yang terjadi dengan Fall Guys, Among Us, dan kemudian Phasmophobia selama beberapa bulan terakhir ini. Dari ketiga judul tersebut, Among Us menjadi yang paling unik karena pada dasarnya, ia bisa dilihat sebagai kebangkitan dari judul “tua” yang di masa lalu, bahkan tidak banyak diperhatikan. Kebangkitan ini tidak main-main.

Walaupun sang developer – Innersloth tidak banyak memberikan indikator seberapa sukses dan besar Among Us tumbuh, namun ia tidak menghalangi badan analis – Super Data dari Nielsen untuk melemparkan data yang mereka himpun. Super Data menyebut bahwa jumlah user aktif Among Us, lintas platform – PC dan mobile, berhasil menyentuh angka 500 juta user aktif, menjadikannya sebagai salah satu game terpopuler sepanjang masa jika dihitung dari jumlah pemain bulanan.

among us 1
Super Data menyebut jumlah pemain Among Us, lintas platform, berhasil menembus angka 500 juta user di bulan November 2020.

Di laporan yang sama, Super Data juga mengungkapkan bahwa popularitas ini tidak lantas berujung menjadi pendapatan yang fantastis juga. Mengingat mode distribusi free to play Among Us versi mobile tidak terlalu “memaksakan” microtransactions, pendapatan terbesar game sederhana ini justru datang dari versi PC yang masih dikondisikan sebagai game berbayar. Versi PC inilah yang disebut Super Data memberikan kontribusi terbesar bagi keseluruhan pendapatan Among Us dari bulan Agustus ke November 2020.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang masih memainkan Among Us dan bahkan, mengeluarkan uang untuknya?

Source: SuperData

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…