Analis: Pendapatan Industri Game 2020 Tundukkan Film + Olahraga

Reading time:
December 24, 2020

Pandemi terkait COVID-19 berujung membuat sebagian besar bisnis kini harus berhadapan dengan situasi kritis, apalagi jika kita berbicara soal industri yang memang menuntut orang-orang untuk berkumpul di satu titik bersamaan. Namun bagi industri lain yang memungkinkannya untuk dinikmati seorang diri, tanpa harus bertemu atau berkumpul secara fisik, ia justru mengalami peningkatan yang signifikan. Situasi terakhir inilah yang jadi “berkah” untuk industri game secara keseluruhan, yang menurut data para analis memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan dari sisi pendapatan untuk sepanjang tahun 2020 ini.  Seberapa tinggi? Cukup untuk menudukkan kombinasi pendapatan industri hiburan yang lain.

Data terbaru yang dilepas oleh International Data Corporation menyebut bahwa industri game secara keseluruhan, dari data pasar global, berhasil mendulang pendapatan total sebesar USD 197,7 miliar. Angka ini naik sekitar 20% dibandingkan pendapatan total tahun 2019, sekaligus menundukkan kombinasi pendapatan bisnis film dan olahraga yang memang turun drastis di tahun 2020 ini. Analis menyebut bahwa kontribusi pendapatan terbesar datang dari pasar mobile gaming yang menyumbang sekitar USD 87,7 miliar darinya, dengan kawasan Asia dan Pacific sebagai sumber uang terbesar.

Data dari IDC menyebut bahwa total pendapatan industri game di 2020 berhasil menundukkan kombinasi bisnis film + olahraga.

Peningkatan dan tumbuhnya industri game selama tahun 2020 juga sejalan dengan kesimpulan data dari beberapa badan analis, seperti NPD untuk pasar Amerika Serikat, yang memperlihatkan tren serupa. Bagaimana dengan Anda? Anda merasa belanja terkait gaming Anda lebih tinggi di tahun 2020 dibandingkan 2019?

Source: IDC

Tags:

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…