Gamer Habiskan Total 31,3 Miliar Jam Waktu Bermain di Steam Sepanjang 2020

Reading time:
January 14, 2021
gabe newell

Jika ada satu industri yang meraih keuntungan besar dari situasi yang mengitari pandemi COVID-19 dan kebutuhan untuk melakukan karantina demi menghambat penyebarannya, maka video game sepertinya jadi salah satu yang tersukses. Dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah, kesempatan untuk menikmati hobi bermain game kini terbuka lebih lebar. Platform digital super populer PC – Steam milik Valve menjadi salah satu yang merasakan efek positif nan signifikan tersebut. Hasilnya? Data-data memukau yang berhasil mereka raih di sepanjang tahun 2020 kemarin.

Melalui sebuah post resmi, Valve akhirnya berbagi beberapa data statistik terkait Steam selama tahun 2020 kemarin. Seperti yang bisa diprediksi, ia mencatatkan peningkatan aktivitas signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa pencapaian tersebut meliputi: 120 juta user aktif bulanan, 62,6 juta user aktif harian, 24,8 juta user aktif bersamaan, 2,6 juta pembeli pertama tiap bulan, 21,4% lebih banyak game dibeli dibandingkan tahun 2019, dan 50,7% lebih banyak total waktu bermain dicatat dibandingkan 2019. Untuk statistik terakhir ini, keseluruhan gamer Steam berhasil mencatatkan total waktu bermain hingga 31,3 miliar jam atau setara dengan 3,5 juta tahun!

steam stats
2020 menjadi tahun yang “fantastis” bagi Steam sebagai sebuah platform.

Dalam laporan yang sama, Steam juga mencatatkan kecenderungan peningkatan signifikan untuk gamer-gamer VR bersama dengan dirilisnya Half-Life: Alyx. Mereka menyebut ada sekitar 1,7 juta user Steam menikmati game VR untuk pertama kalinya di tahun 2020 kemarin. Menyambut tahun 2021, Valve merencanakan beberapa hal terkait Steam dari persiapan rilis Steam untuk region China hingga fokus lebih besar untuk sesi gaming berbasis sistem operasi Linux.

Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan game-game Steam di sepanjang tahun 2020 kemarin?

Source: Steam Community

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…