Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Reading time:
August 26, 2021

Berani Menggila!

park beyond cart
Menggila dan menabrak batas kemustahilan adalah definisi “IMPOSSIFICATION” dari Park Beyond.

Maka di luar mode campaign yang ia usung, ada satu fitur lainnya yang akan berujung mendefinisikan Park Beyond. Bahkan tidak berlebihan rasanya untuk menyebut fitur ini tidak lagi sekadar identitas, tetapi “nyawa” untuk game yang satu ini. Benar sekali, kita tengah bicara soal IMPOSSIFICATION.

Seperti yang kami bicarakan sebelumnya, bermula dari kata impossible, impossification bisa didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kemustahilan. Fitur inilah yang akan jadi nyawa dari Park Beyond dan membuatnya berbeda dengan game-game simulasi bangun taman bermain yang lain. Bahwa melalui proses impossification, Anda bisa membangun wahana-wahana super gila yang tidak pernah akan Anda bayangkan sebelumnya.

Pada dasarnya, Park Beyond akan membagi wahananya ke dalam dua format besar: Flatlines dan Coaster. Flatlines adalah wahana-wahana “kecil” seperti komidi putar misalnya. Proses impossification akan mengubah desain “dasar” komidi putar berisikan kuda-kuda yang berputar ini menjadi sebuah bangunan bertingkat yang tidak pernah akan Anda temukan di dunia nyata sebelumnya. Akan ada banyak wahana seperti ini, yang proses impossification-nya juga akan hadir minim resiko. Ini berarti, terlepas dari seberapa gila dan tidak rasionalnya desain yang muncul, ia biasanya tidak akan meninggalkan bahaya tersendiri untuk pengunjung.

Sementara kategori kedua, adalah Coaster. Benar sekali, coaster mengacu pada opsi untuk membangun track-track Roller Coaster sebebas yang Anda inginkan hingga di titik, Anda bisa meracik sebuah struktur masif di atas tanah Anda tanpa masalah. Untuk wahana seperti ini, proses impossification biasanya berkutat pada cart yang Anda tinggalkan di atasnya. Bahwa tidak seperti cart yang sekadar memutar ke sana dan ke sini sebelum kembali di titik awal, ia bisa diperkuat dengan beragam efek yang lain. Meriam untuk menembakkan mereka dengan jurang track di antaranya? Anda bisa melakukannya.

Satu yang menarik, terlepas dari aksi mengejar kemustahilan via proses impossification yang didorong Park Beyond, ia tetap didasarkan pada hukum-hukum fisika untuk wahana coaster. Ini berarti jika Anda hendak membangun sebuah struktur raksasa dengan aksi naik dan turun misalnya, Anda tetap harus memerhatikan dan memastikan kecepatan yang dibutuhkan memang terpenuhi. Park Beyond juga akan menyuntikkan sebuah “Ghost Cart” yang secara konsisten akan bergerak sendiri untuk memberikan gambaran apakah wahana coaster yang Anda racik memang akan bisa diselesaikan tanpa menyebabkan kecelakaan sama sekali atau tidak.

park beyond cart 1
Cart akan jadi kunci impossification wahana tipe coaster.
park beyond coaster 1
Ingat, hukum fisika tetap bekerja di sini. Anda harus memeriksa momentum kecepatan cart Anda. Untungnya, fitur bernama Ghost Cart akan secara konsisten memeriksanya.

Lantas, pertanyaan selanjutnya tentu saja satu – bagaimana aksi racik bebas wahana ini kemudian diterjemahkan konsisten untuk memancing reaksi para pengunjung? Jawabannya terletak di elemen lain bernama HOOKS – yang akan berfungsi berbeda untuk variasi kelompok umur pengunjung. Lewat HOOKS, Anda akan tahu kira-kira apa yang disukai kelompok umur secara spesifik dan apakah kira-kira Anda akan membangun wahana untuk memenuhi hal tersebut atau tidak? Sebagai contoh? Remaja mungkin lebih menyukai tipe coaster dimana cart-nya meluncur berlawanan arah dibandingkan dengan tipe keluarga.

Park Beyond, Pantaskah untuk Diantisipasi?

park beyond gameplay2
Konsep “Impossification” yang ia tawarkan di atas mekanik pengaturan kompleks taman bermain yang mungkin familiar memang berpotensi untuk membawa sebuah angin segar ke dalam genre ini

Sebagai gamer yang tidak terlalu aktif memainkan game-game simulasi bangun taman bermain selama ini, Park Beyond harus diakui berujung menarik perhatian kami. Bahwa konsep “Impossification” yang ia tawarkan di atas mekanik pengaturan kompleks taman bermain yang mungkin familiar memang berpotensi untuk membawa sebuah angin segar ke dalam genre ini. Janji bahwa segala sesuatunya dari sisi mekanik akan mudah dikuasai, terlepas dari apakah Anda memainkannya di PC ataupun konsol juga jadi janji yang ikut berkontribusi pada rasa antisipasi kami. Pertanyaan selanjutnya tentu saja, bisa segila apa kita?

Park Beyond sendiri rencananya akan dirilis di tahun 2022 mendatang, dengan jendela rilis yang belum pasti, untuk Playstation 5, Xbox Series, dan tentu saja – PC. Bagaimana menurut Anda? Terlihat menarik?

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…