Dev. Outriders: Square Enix Belum Bayar Royalti ke Kami

Reading time:
August 18, 2021
outriders

Dengan jalur distribusi yang sudah terbentuk, apalagi untuk sebuah game yang memang berencana untuk dirilis dalam format fisik, banyak developer yang biasanya berujung mengandalkan publisher untuk memasarkan game yang mereka racik. Tentu saja ada hitung-hitungan berbasis uang di belakang perjanjian ini, yang tentu bergantung pada total penjualan dan pengeluaran yang harus dilemparkan oleh si publisher itu sendiri. Hitung-hitungan “misterius” yang membuat People Can Fly belum mendapatkan royalti mereka untuk Outriders, hingga saat ini.

Dalam laporan investor yang baru mereka lepas di situs mereka, developer Outriders – People Can Fly mengaku bahwa hingga waktu yang sudah dijanjikan sebelumnya – 16 Agustus 2021 kemarin, mereka sama sekali belum mendapatkan suntikan royalti sama sekali dari Square Enix untuk kerjasama publishing sebelumnya. Benar-benar tidak ada transferan uang yang masuk ke rekening mereka.

Outriders jagatplay part 2 50
Dengan tidak dibayarkannya royalti Outriders oleh Square Enix, game ini diindikasikan belum balik modal.

Kondisi seperti ini biasanya memberi sinyal kuat bahwa penjualan Outriders sendiri masih belum balik modal. Ini berarti pendapatan yang diraih Outriders menurut Square Enix, belum sepadan dengan biaya produksi, distribusi, dan promosi yang mereka lakukan. Masalahnya, Square Enix tidak membuka data penjualan Outriders bahkan kepada People Can Fly itu sendiri. Padahal menurut executive mereka – Sebastian Wojciechowski, dengan estimasi penjualan sekitar 2-3 juta kopi, mereka berharap game ini seharusnya sudah meraup laba.

People Can Fly sendiri tengah mengembangkan game baru ketiga setelah konfirmasi dua proyek berbeda  dengan Square Enix dan Epic Games, yang rencananya akan mereka publish sendiri untuk menghindari situasi yang sama dengan apa yang mereka alami dengan Outriders saat ini. Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak dari Anda yang berujung membeli Outriders dan menikmatinya?

Source: IGN

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…