10 Alasan Mengapa Metal Gear Solid 2 Adalah Game Legendaris!

Reading time:
November 29, 2021
feat image mgs 2

Tahun 2021 memang terhitung jadi tahun yang unik. Mengapa? Karena ia berujung menjadi tahun perayaan untuk eksistensi dua dekade banyak franchise legendaris yang uniknya, entah mengapa, memilih tahun 2001 yang lalu sebagai jadwal rilis. Mengingat eksistensi Playstation 2 di kala itu tampil sebagai konsol yang revolusioner, berkat implementasi performa lebih fantastis dan media keping disc yang bisa memuat 4-5 kali lipat dari media sebelumnya,  banyak game keren yang tak pernah terpikirkan sebelumnya muncul di sana. Salah satu yang paling memorable? Tentu saja sang seri kelanjutan dari Metal Gear Solid pertama yang fantastis – Metal Gear Solid 2: Sons of the Liberty.

Berbeda dengan kebanyakan game di kala itu yang seringkali tersedia di pasar Jepang terlebih dahulu, Metal Gear Solid 2 justru tersedia di pasar barat lebih cepat. Jepang baru mendapatkannya di tanggal 29 November 2001, tanggal yang juga dirayakan oleh sang kreator – Hideo Kojima sebagai tanggal rilis resminya, yang juga kami jadikan basis timing untuk melepas artikel yang satu ini. Ada banyak alasan mengapa Metal Gear Solid 2 adalah sebuah judul game yang legendaris, yang harus diakui, beberapa di antaranya begitu fenomenal, hingga game modern sekalipun belum atau bahkan tak mampu mencapai apa yang ia usung.

Lantas, apa saja alasan mengapa kami menyebut Metal Gear Sold 2 adalah game legendaris? Berikut adalah alasan-alasannya menurut kami, JagatPlay:

  1. Opening Epic

metal gear solid 2

Salah satu bagian paling memorable Metal Gear Solid 2 tidak bisa dipungkiri datang dari opening act-nya yang begitu fantastis. Aksi Snake dengan jas hujan yang tengah berjalan pelan di atas jembatan di tengah hujan deras terasa begitu dramatis. Dengan rokok yang ia hisap, kita semua sepertinya memahami bahwa sosok yang kita lihat, terlepas dari wajah yang tertutup jas hujan, adalah Solid Snake yang selama ini kita kenal. Jas hujan tersebut kemudian ia lepas, dan dengan kecepatan tinggi beserta kamuflase tembus pandang yang ia picu, ia berlari dan melompat ke atas kapal tanker raksasa yang tepat melintas di bawahnya. Efek listrik muncul, musik epik mengalun, dan misteri dimulai. Apa yang hendak dilakukan Snake di sini? Mengapa ia dibuka dengan scene ini? Berapa lama jeda waktu yang sebenarnya melintas dibandingkan sang seri pertama? Setiap momen di scene ini, terasa begitu sempurna.

  1. Poster Wanita Acak

mgs 2 1

Bukan seorang Hideo Kojima namanya jika ia tidak datang dengan beberapa detail desain yang membingungkan dan pantas untuk dipertanyakan. Di Metal Gear Solid 2, seolah hendak membuktikan perbedaan tajamnya tekstur yang bisa ditawarkan oleh Playstation 2 dan media DVD yang ia bawa, kapal tanker pertama yang Anda singgahi berujung berisikan begitu banyak poster wanita cantik dengan pakaian hanya berbikini saja. Tidak ada penjelasan apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa setiap poster tersebut muncul di sana. Yang lebih menarik adalah fakta bahwa Anda bisa “berinteraksi” dengan salah satu poster seksi ini, membuat Snake terlihat semakin mata keranjang dan tentu saja, memancing interaksi yang unik dengan Otacon.

  1. Fortune

fortune

Bukan sebuah game Metal Gear Solid namanya jika ia tidak memuat tokoh-tokoh antagonis dengan kemampuan super yang menarik. Di Metal Gear Solid 2, mereka disebut sebagai Dead Cell dengan salah satu anggotanya – Fortune. Fortune, seperti namanya, diceritakan sebagai musuh yang datang dengan satu kemampuan super yang tak bisa dijelaskan dengan logika – Keberuntungan. Bahwa ia lahir dengan keberuntungan yang sebegitu tingginya, hingga ia mempengaruhi hal-hal yang ada di sekitarnya secara fisik. Keberuntungan ini “membungkusnya” hingga peluru tak bisa melukainya, atau granat akan otomatis padam ketika berada di dekatnya. Walaupun pada akhirnya misteri di balik keberuntungan Fortune berujung terbongkar, namun ia tetap tidak menghilangkan keunikan dan daya tarik karakternya di sepanjang permainan. Bayangkan, sebuah konsep musuh yang hadir dengan keberuntungan sebagai kekuatan utama. Siapa yang sempat memikirkan hal seperti ini selain Kojima.

  1. Dogtag

dogtag

Kedatangan Metal Gear Solid 2 juga diikuti dengan kesempatan untuk menikmatinya dari kacamata orang pertama. Fitur baru ini tentu saja dimanfaatkan untuk begitu banyak aksi baru yang terhitung keren di kala itu, terutama saat Anda harus mencari dan melucuti bom-bom yang tersebar di tanker. Anda juga bisa melihat begitu banyak tekstur atau objek definisi tinggi yang disuntikkan di dalamnya. Namun yang paling keren? Tentu saja hadir lewat kesempatan untuk membuat musuh mengangkat tangan mereka jika dibidik dan diancam dari jarak dekat. Melakukannya dengan kacamata orang pertama akan membuat mereka bergoyang dan menjatuhkan dogtag yang mereka bawa. Satu yang menarik, dogtag ini bukanlah nama orang-orang yang muncul secara acak. Mereka adalah para pemenang “sayembara” yang sempat dibuka Kojima, yang hadiahnya memang adalah kesempatan untuk memasukkan nama-nama mereka di dalam game ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…