JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Reading time:
January 25, 2022
stranger of paradise final fantasy origin interview

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang tepat untuk menjelaskan posisi Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin dari Square Enix. Siapa yang mengira bahwa dari franchise yang bergerak dari sistem turn-based ke action ini, akan lahir sebuah seri yang akan mengingatkan Anda pada seri Souls dari From Software atau Nioh dari Team Ninja itu sendiri. Sebuah game yang akan menuntut Anda untuk mempelajari gerak musuh, merespon dengan aksi terbaik nan presisi,lengkap dengan semua sistem yang mendefinisikan sebuah seri Final Fantasy klasik. Uniknya lagi? Semuanya dibangun dengan opsi tingkat kesulitan juga.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kelahiran Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin membawa banyak rasa antisipasi tersendiri. Ada rasa khawatir, tetapi ada juga rasa tertarik yang dikombinasikan dengan rasa penasaran, apakah Team Ninja akan mampu mengeksekusi ini dengan manis. Sejauh mata memandang, apalagi lewat trailer terbaru bertajuk “Final Trailer” yang akhirnya dilepas ke publik, ia terlihat menjanjikan. Kualitas visual terlihat lebih baik dari versi demo, pertarungan terlihat super epik, karakter baru bernama Sophia juga dipastikan akan tampil sebagai companion, dan terlihat ada sedikit bumbu romansa dalam cerita. Anda bisa menikmati trailer tersebut secara langsung di bawah.

Berita baiknya? Kami sendiri mendapatkan kesempatan super manis untuk setidaknya memuaskan beberapa rasa penasaran yang ada. Difasiltasi oleh Square Enix sendiri, kami berkesempatan untuk berbincang-bincang langsung dengan tiga otak di balik Stranger of Paradise: Final Fantasy Origni. Mereka adalah Jin Fujiwara (Produser – Square Enix), Daisuke Inoue (Director – Square Enix), dan Fumihiko Yasuda (Produser – Team Ninja). Tentu saja wawancara ini juga akan memuat pertanyaan-pertanyaan dari media lain yang juga akan memberikan informasi-informasi baru yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

 

A: Dari trailer terlihat bahwa ada lebih dari 4 karakter Warriors of Light, sesuatu yang tidak lumrah di Final Fantasy. Apa dasar keputusan tersebut? Dan apakah kita bisa memainkan mereka?

stranger of paradise ff origin4

Fujiwara-san: Ketika kami pertama kali memperkenalkan judul ini, kami hendak membuat gamer bertanya-tanya apakah game ini adalah remake dari Final Fantasy I? Kehadiran karakter kelima ini memberikan jawaban jelas bahwa ini bukanlah “remake murni” dari FF I. Seiring dengan progress cerita yang Anda dapatkan, Anda akan memahami mengapa ada lebh banyak karakter di sini. Kami tentu tidak akan membicarakannya di sini atas nama spoiler. Angka ini juga akan memiliki makna tersendiri. Kami berharap gamer dapat memainkan game ini, menikmatinya, dan menemukan jawabannya sendiri.

Inoue-san: Untuk urusan mengendalikan karakter NPC (companion), kita akan punya mode multiplayer untuk memfasilitasi hal tersebut. Dimana player yang bergabung akan bisa mengendalikan 2 karakter yang lain. Untuk mode cerita utama, sayangnya, Anda hanya akan bisa mengendalikan si karakter utama saja – Jack.

JagatPlay: Bagaimana caranya tim membuat AI Companion untuk Jack menjadi lebih balance? Seperti yang kita tahu, gamer tentu ingin AI ini berguna tapi tidak “sebegitu bergunanya” hingga ia berujung menurunkan tingkat kesulitan.

stranger of paradise ff origin1

Yasuda-san: Untuk urusan balancing, ia memang seperti yang Anda tanyakan tadi. Anda tidak mau mereka terlalu berguna hingga tingkat kesulitan menjadi rendah. Tapi kami tetap mau Anda merasakan tengah bermain bersama party, jadi ini memang jadi tantangan tersendiri bagi tim. Kami sudah menyelenggarakan dua kali user testing dan mendapatkan feedback yang solid untuk bagaimana menerapkan sistem ini. Kami memiliki sistem bernama Resonance System, dimana karakter utama akan berinteraksi dengan AI companion yang lain, ini akan membuat AI tidak terlalu kuat tetapi tetap interaktif.

A:  Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bukan “remake murni” FF I. Bagaimana proses bagi tim untuk menentukan elemen-elemen original mana saja yang dipertahankan? Apa yang akan mereka lakukan berbeda? Dan bagaimana itu mempengaruhi keseluruhan game?

Fujiwara-san: Stranger of Paradise – FF Origin sebenarnya ingin menceritakan kisah seorang Garland dan bagaimana ia tumbuh menjadi karakter yang kita kenal selama ini. Jadi, setting cerita, dunia, hingga beragam motif berbeda yang ditawarkan akan didasarkan pada konten original FF I. Tentu saja hal tersebut sudah kami tentukan sebelumnya. Sementara untuk game dan gameplay, sebagai game action RPG, kami tidak ingin menyuntikkan terlalu banyak karakter dan juga cut-scene atau film yang justru bisa menghancurkan tempo bermain. Kami ingin memastikan game ini punya banyak cerita untuk dibagi tetapi tetap menarik sebagai game action.

Jadi, dengan semua pertimbangan ini, kami terus bertanya bagaimana caranya melemparkan kisah transformasi seorang Jack Garland menjadi sang antagonis – Garland yang selama ini kita kenal, sembari tetap menawarkan sesuatu yang original. Tentu tidak semua elemen akan dibawa dari FF I.

A: Stranger of Paradise – FF Origin meminjam gaya genre seperti Nioh, tetapi memiliki opsi tingkat kesulitannya sendiri. Kira-kira seberapa sulit kah level “normal” jika dibandingkan dengan Nioh, misalnya? Apakah normal akan menantang gamer-gamer Nioh, atau mereka lebih direkomendasikan di Hard?

stranger of paradise ff origin

Inoue-san: Kami menyebut mode normal ini sebagai “Action Mode” yang memang diracik sedemikian rupa untuk mereka yang sudah familiar dengan game-game action. Saya pribadi merasa bahwa ia tidak akan lebih sulit daripada Nioh. Namun mengingat ini adalah Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin, kami juga memiliki sistem Jobs dan juga party yang bisa diposisikan sebagai fitur unik untuk dinikmati gamer. Kami tetap akan menawarkan sensasi game yang menantang dan memuaskan lewat pertarungan boss. Jadi ia akan menantang, tapi tidak akan sebegitu menantangnya hingga membuat tim Anda kalah secara instan.

Kami ingin gamer mencoba sendiri lewat proses trial dan error soal tingkat kesulitan yang membuat mereka nyaman. Jika masih terlalu sulit, Anda selalu bisa memilih STORY MODE. Jika sebaliknya, Normal Mode terlalu mudah, opsi selanjutnya adalah Hard Mode. Opsi lainnya? Anda selalu bisa membuang karakter companion yang lain dan berusaha untuk menyelesaikan segala sesuatunya seorang diri. Kami juga punya tingkat kesulitan baru begitu Anda sudah menyelesaikan game ini.

Yasuda-san: Jika kita bicara hanya soal lebih mudah atau lebih sulit dari Nioh, menurut kami sulit untuk diputuskan begitu saja. Apa yang menurut kami susah belum tentu susah untuk gamer yang lain. Kami secara garis besar meyakini bahwa Stranger of Paradise: FF Origin tidak akan lebih sulit daripada Nioh, terutama untuk monster-monster kecil. Selama Anda mengawasi jumlah MP dan resource Anda, Anda tidak akan mati dengan mudah. Sementara untuk pertarungan boss, ia memang dirancang untuk menantang. Akan ada beberapa skenario dimana Anda harus berstrategi dan memilih Job yang lebih cocok, membuat elemen RPG-nya lebih bersinar. Kami berharap bisa menawarkan ketegangan yang sama, terutama melawan boss-boss besar, yang sama di game ini untuk gamer-gamer veteran Nioh.

A: Berbicara soal elemen RPG yang diusung game ini, sistem perubahan Battle Set game ini terlihat menarik namun bisa berpotensi grindy pada saat mengejar set lain. Bagaimana caranya tim menyeimbangkan aksesibilitas set ini dan waktu untuk mendapatkannya? Apakah ada mekanik khusus untuk mempermudah proses-nya?

stranger of paradise ff origin2

Inoue-san:  Jika kamu seorang completionist dan merasa ingin mendapatkan semua senjata dan gear set, ini akan jad semacam perjalanan berburu harta karun. Tentu saja, akan butuh waktu yang lebih panjang untuk mengumpulkan segala sesuatunya. Tetapi jika Anda hanya bermain saja dan cukup mawas dengan lingkungan sekitar, Anda tetap bisa mendapatkan sejumlah senjata dan equipment baru untuk beragam strategi. Anda tetap akan bisa meracik build sesuai dengan Anda yang inginkan, apalagi dengan sistem Job. Anda juga akan bertemu dengan Blacksmith untuk memperkuat hal-hal tersebut, dan memperkuat karakter Anda.

JagatPlay: Bicara soal Jobs, apakah game ini memang menuntut Anda harus aktif berganti-ganti Jobs? Apakah nanti ada Job yang berhubungan summon?

Inoue-san: Yups, dasar gameplay ini akan mendorong Anda untuk senantiasa berganti Jobs. Tetapi Anda juga bisa menyelesaikan game ini dengan hanya 1 Job saja jika Anda menginginkannya. Untuk saat ini, Summon tidak akan muncul di porsi cerita utama game ini.

A:  Apakah ada rencana konten cross-over dengan game Final Fantasy yang lain? Seperti kostum Cloud atau Squall misalnya? Bagaimana dengan DLC?

Inoue-san: Saat ini tidak ada rencana untuk konten cross-over seperti kostum karakter legendaris seperti Cloud atau Squall. Sayangnya, hal yang sama juga untuk DLC.

A: Apa inspirasi utama dari sistem Jobs yang diusung?

Inoue-san: Sistem Job-nya sendiri sudah pasti terinspirasi dari Final Fantasy V karena saya sendiri merupakan fans sistem Job dari seri tersebut. Namun mengingat Stranger of Paradise: FF Origin adalah sebuah game action, ia sudah pasti butuh banyak senjata karena ia akan memungkinkan gamer menerapkan lebih banyak strategi saat bertarung. Kehadiran senjata ini juga akan menghasilkan variasi tersendiri mengingat ia datang dengan animasi yang berbeda pula. Karenanya, tim harus mempersiapkan itu semua. Tetapi di sisi lain, tim juga harus memastikannya tetap menyenangkan untuk digunakan. Oleh karena itu, kami harus menerapkan hubungan yang solid antara sistem senjata dan Job, memastikannya bisa memfasilitasi beragam strategi gamer.

A: Apa yang bisa diharapkan dari performa game ini di PS5, Xbox Series, dan PC?

stranger of paradise ff origin5

Inoue-san: Target tim kami tentu saja 60fps untuk platform tersebut. Tetapi tentu saja akan ada opsi untuk setting “Performance” atau “Graphics”. Semakin kuat mesin Anda, semakin stabil performa yang bisa diantisipasi.

Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin akan dirilis pada tanggal 18 Maret 2022 mendatang untuk Playstation 4, Playstation 5, Xbox One, Xbox Series, dan PC (via Epic Game Store).

Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

February 15, 2024 - 0

Review HELLDIVERS 2: Pergi, Basmi, Kembali, atau Mati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Helldivers 2 ini? Mengapa kami…
February 12, 2024 - 0

Review Persona 3 Reload: Pesona Ulang Kelas Berkelas!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Persona 3 Reload ini? Mengapa…
January 31, 2024 - 0

Review Granblue Fantasy – Relink: JRPG Super Nagih!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Granblue Fantasy: Relink ini? Mengapa…
January 29, 2024 - 0

Review Like a Dragon – Infinite Wealth: Tinju dan Air Mata Sang Naga!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Like a Dragon: Infinite Wealth?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…