Impresi Gran Turismo 7: Ambisi dan Cinta Simulasi!

Reading time:
February 3, 2022
gran turismo 7 jagatplay 6

Franchise apa yang langsung terngiang di kepala Anda begitu Anda mendengar sebuah game racing simulasi? Terlepas dari apakah Anda sempat menikmatinya di konsol Playstation atau tidak, hampir sebagian besar langsung akan menyebut nama “Gran Turismo” yang terhitung legendaris. Mereka yang sempat mencicipinya sepertinya mengerti bagaimana sang developer – Polyphony Digital tidak main-main dengan kata “simulasi” yang melekat pada produk mereka. Ini berarti, bersama dengan kemajuan teknologi dan lahirnya generasi konsol Playstation baru, mimpi untuk membuat sensasi setir dan balap di dalamnya semakin dekat dengan dunia nyata. Ambisi yang juga ikut dibawa oleh Gran Turismo 7 ini.

Namun tidak hanya simulasi saja. Otak di balik seri Gran Turismo – Kazunori Yamauchi dalam presentasi digital eksklusif yang dibagikan kepada kami membentuk satu misi baru lainnya dengan Gran Turismo 7. Bahwa ia ingin membangkitkan kembali rasa cinta pada budaya mobil, dan karenanya memastikannya akan bisa disukai oleh siapapun. Mereka yang memahami mobil akan bisa bersenang-senang dengan aksi tuning, sensasi berkendara  yang berbeda, atau sekadar menyetir, sama seperti mereka yang datang dengan pengetahuan yang minim. Ini adalah misi utama Gran Turismo 7.

Lantas, apa yang sebenarnya hendak ditawarkan Sony dan Polyphony Digital dengan Gran Turismo 7 lewat presentasi? Mengapa kami menyebutnya sebagai buah cinta dan cinta simulasi? Inilah impresi yang kami dapatkan dari presentasi Yamauchi-san secara online. Ingat, sayangnya, kami sendiri belum berkesempatan untuk menjajal game ini dengan mata dan tangan kami sendiri.

Gran Turismo Terlengkap

gran turismo 7 jagatplay 12
Ambisi untuk menjadikan Gran Turismo 7 sebagai seri paling lengkap memang bukan omong kosong belaka.

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan salah satu kritik terpedas yang menemani rilis Gran Turismo Sport di era Playstation 4 silam? Terlepas dari niat jelas Polyphony Digital di kala itu untuk membangun sebuah seri “spin off” Gran Turismo yang memang lebih didesain untuk kompetisi esports, banyak fans yang tetap menyuarakan kekecewaan soal minimnya fitur dan konten yang ditawarkan. Ada update dan upaya berbenah, namun ia berujung tetap tak memuaskan jenis fans-fans seperti ini.

Maka dengan lahirnya Gran Turismo 7, seperti apa yang sudah disuarakan oleh Yamauchi-san sejak awal, ia datang dengan ambisi untuk melahirkan pengalaman Gran Turismo terlengkap yang pernah ada. Bahwa ia akan membawa dan membaurkan elemen-elemen terbaik dan terfavorit dari seri sebelumnya ke sini sembari tetap menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda. Tentu saja, kita juga bicara soal konten. Anda tidak mungkin bisa membangun ambisi sebagai game yang akan merayakan “budaya mobil”, jika Anda tak punya sesuatu untuk dirayakan. Gran Turismo 7 datang dengan solusi dari sisi kuantitas dan kualitas.

Sebagai contoh? Fitur World Map kini kembali ke Gran Turismo 7. Datang dengan presentasi sederhana, Anda bisa melompat ke beragam mode dan fitur yang akan ditawarkan oleh seri yang satu ini. Anda bisa menguji kemampuan Anda di mode License yang legendaris, berusaha menguji kreativitas fotografi Anda di Scapes, memeriksa ratusan mobil yang akan tersebar lewat tiga toko mobil berbeda – Brand Central, Used Cars, dan Legendary Cars, hingga melakukan tuning di Tuning Shop. Anda juga akan menemukan penampakan fitur baru, seperti Café misalnya.

gran turismo 7 jagatplay 28
World map kini kembali!
gran turismo 7 jagatplay 4
Selamat datang di Cafe, dimana Anda tidak hanya disambut ragam misi saja,tetapi juga kesempatan belajar soal si mobil dari mereka yang memang meraciknya.

Café di seri ini sendiri diposisikan sebagai “sentra” perayaan mobil yang hendak didorong Gran Turismo 7. Datang dengan desain baik sebuah buku menu, gamer akan memiliki sejumlah misi untuk diselesaikan di dalam Café ini. Jika berhasil? Anda akan mendapatkan penjelasan lebih mendetail soal mobil, sejarah, dan budaya yang diusung oleh mobil tersebut. Tidak main-main, desainer original dari mobil-mobil tersebut akan menjadi narator untuk Café ini, berbagi tidak hanya soal si mobil itu sendiri tetapi juga sejarah dan memori yang mereka miliki terkait dengannya. Dengan sekitar 30 quest untuk diselesaikan, Anda bisa melihat Café ini sebagai “mode campaign” dengan “ending “ jelas di dalamnya. Gran Turismo 7 juga punya gebrakan baru yang menurut kami, pantas mendapatkan sesinya sendiri di halaman selanjutnya.

Sementara dari sisi kuantitas, Gran Turismo 7 datang membawa “angka” besar yang tampaknya tak sulit untuk memuaskan apa yang diinginkan para fans ataupun gamer pendatang baru. Di hari pertama rilis, akan tersedia setidaknya 400 mobil untuk dicicipi, yang akan dibagi ke dalam tiga fasilitas berbeda: Brand Central, Used Car Dealer, dan Legendary Car Dealer, yang masing-masing akan punya kategori dan harga spesifiknya masing-masing.  Ia juga akan datang dengan sekitar 90 layout track yang tersebar di 34 lokasi berbeda. Seperti kebiasaan Gran Turismo, Anda akan menemukan track yang memang ada di dunia nyata ataupun racikan fantasi Polyphony Digital sendiri.  Masih tidak cukup? Mengingat musik selalu jadi bagian penting franchise ini, Gran Turismo 7 juga akan membawa sekitar 300 lagu dari 75 artis dengan genre beragam, dari rock, classic, jazz, hingga electro.

gran turismo 7 jagatplay 3
Nikmati 400 mobil di hari pertama rilis!
gran turismo 7 jagatplay 11
Tenang saja, ini masih tetap simulasi balap yang Anda kenal. Proses tuning kompleks jadi kegemaran Anda? Gran Turismo 7 menawarkan itu.

Mempertahankan citra diri sebagai game simulasi, Gran Turismo 7 juga akan “menyempurnakan” sistem tuning mobil yang tetap kompleks sekaligus lengkap untuk dicicipi. Anda bisa sekadar datang mengubah jenis ban saja untuk setting paling sederhana, atau terjun ke dalam daftar lebih lengkap dengan kesempatan untuk mengatur tinggi mobil dalam skala mm, mengatur torque awal antara ban depan dan belakang, menentukan kerja exhaust, memasang piston titanium atau tidak, hingga menguji sendiri seberapa aerodinamis-nya kendaraan Anda. Polyphony juga kini akan menerapkan nilai performa mobil yang sudah Anda modifikasi berdasarkan sistem simulasi yang seharusnya sebelum memberikan rating pada kreativitas Anda tersebut. Ingat, ini adalah simulasi sesungguhnya, dimana Anda akan bisa merasakan jelas seberapa beda sensasi kendara mobil Anda sebelum dan sesudah Anda tuning.

Simulasi yang ditawarkan oleh Gran Turismo 7 tidak akan hanya terbatas pada mobil saja, tetapi juga lingkungan dimana Anda memacu kendaraan. Sistem simulasi cuaca dan permukaan jalan juga tetap disuntikkan. Dengan lebih dari 30 lokasi yang ditawarkan, Polyphony membangun sebuah sistem simulasi cuaca yang didesain seakurat mungkin. Bahwa detail seperti cuaca hingga jumlah awan yang dipresentasikan Gran Turismo 7 memang sesuatu yang hanya bisa terjadi di lokasi spesifik event balap tersebut. Cuaca yang terjadi juga akan mempengaruhi simulasi permukaan jalan yang tentu akan mempengaruhi bagaimana cara mobil Anda bekerja.

gran turismo 7 jagatplay 16
Simulasi tak hanya mencakup mobil saja, tetapi juga cuaca wilayah dan permukaan jalan.
gran turismo 7 jagatplay 20
Anda yang lebih mengapresiasi sisi fotografi tetap akan kedatangan mode Scapes.

Tenang saja, Gran Turismo 7 tetap datang dengan kesempatan fantastis untuk Anda yang datang karena sisi visual dan kosmetik. Selain meracik Liveries Anda dengan layer-layer yang menuntut Anda kreatif, Anda kini bisa memotret-nya kembali dengan latar belakang super realistis dan efek blur yang bahkan akan sulit diracik oleh fotografer profesional sekalipun – Scapes. Anda juga bisa menyimpan replay balap Anda, mengakses Photo Mode untuk momen dramatis nan indah, sekalgus membaginya kepada player lain lewat fitur The Showcase. Ini mungkin akan jadi konten super menarik untuk Anda yang memang tidak terlalu mendalami atau bahkan peduli dengan sisi mobil di Gran Turismo 7.

Bersama dengan ratusan event balap, kembalinya mode License, beragam mode yang tersedia, fitur teranyar dan kembalinya fitur-fitur lawas yang disukai, maka jelas bahwa ambisi Polyphony untuk membuat Gran Turismo 7 sebagai seri Gran Turismo terlengkap bukanlah omong kosong belaka, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…