Sony Ingin Setengah Rilis Game-nya untuk PC dan Mobile di 2025
Ratusan juta user di seluruh dunia dengan kemampuan ekonomi yang tidak berkeberatan untuk mengeluarkan sejumlah besar uang untuk game yang dianggap berkualitas, sepertinya mustahil memang bagi banyak publisher untuk mengabaikan pasar PC begitu saja. Salah satu yang kian gencar tentu saja adalah Sony yang lewat beberapa game rilis terakhirnya dari Horizon Zero Dawn hingga God of War, bersama dengan judul potensial di masa depan, mulai menggarap pasar yang satu ini. Menariknya lagi? Sony juga mulai melihat rilis multiplatform ini sebagai “masa depan” yang hendak mereka kejar. Ambisi yang ternyata tidak main-main.
Dalam business briefing terbaru mereka, Sony secara terbuka mengungkapkan ketertarikan untuk setidaknya merilis 50% dari total rilis game tahunan mereka untuk pasar PC dan Mobile di tahun 2025 nanti. Dari total 50% tersebut, 30% total untuk PC dan 20% untuk mobile. Bersama dengan ambisi ini, Sony juga mengharapkan pendapatan bersih lebih banyak dari pasar PC di tahun fiskal 2022 ini, dari USD 80 juta tahun lalu menjadi sekitar USD 300 juta tahun ini. Dengan rilis Uncharted dan kemungkinan besar Returnal, hal ini sepertinya mungkin untuk dicapai.
Sementara untuk pasars mobile, Sony akan membawa beberapa franchise ikonik mereka namun tanpa memberikan banyak detail. Mereka juga bersiap untuk melepas setidaknya dua buah game live service untuk dijadikan tumpuan dengan mimpi untuk memproduksi lebih banyak game serupa di masa depan, tentu saja, bersama dengan game single-player yang jadi andalan mereka. Tahun 2025 juga ditulis Sony sebagai tahun dimana Playstation 4 resmi “mati”.
Maka dengan ambisi seperti ini, sepertinya jelas betapa pentingnya posisi pasar PC dan mobile untuk Sony di masa depan yang akan mulai terealisasi mulai tahun 2025 mendatang. Bagaimana menurut Anda? Apakah ini strategi yang solid?