Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Reading time:
October 18, 2022
Uncharted PC jagatplay 88

Komitmen Playstation untuk mulai memperkenalkan game-game “eksklusif” andalan mereka ke pasar PC memang tak lagi terbantahkan. Hanya dalam waktu dua tahun terakhir ini, kita bahkan bertemu dengan judul-judul yang tak pernah terbayangkan akan tersedia di PC termasuk God of War dari Sony Santa Monica dan Marvel’s Spider-Man Remastered dari Insomniac Games. Walaupun demikian, PC masih belum kedatangan kesempatan untuk mencicipi produk racikan salah satu developer first party andalan Sony – Naughty Dog. Kesempatan yang akhirnya tersedia lewat Uncharted: Legacy of Thieves Collection yang langsung berisikan dua buah game: Uncharted 4 dan Uncharted: Lost Legacy.

Keputusan untuk menghadirkan Uncharted 4 secara langsung ke PC alih-alih tiga seri pertama yang sudah mendapatkan proses Remaster sebelumnya tentu saja memancing banyak tanda tanya. Namun mengingat ini akan jadi seri Uncharted pertama yang mampir ke PC, ia menjadi terasa rasional mengingat Uncharted 4 hadir sebagai seri yang paling modern di antara keempat seri utamanya, yang ketiga di awalnya dibangun dengan pondasi mesin Playstation 3 yang lemah. Keterbatasan engine yang mungkin tak bisa beradaptasi dengan tuntutan fitur standar untuk versi PC seperti dukungan ultra-wide misalnya membuat keputusan ini bisa dimengerti.

Lantas, apa yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy of Thieves versi PC ini? Hal baru apa saja yang ditawarkan oleh “rumah baru” untuk si Nathan Drake ini? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Tetap Nyaman, Lebih Tajam

Uncharted PC jagatplay 64
Selamat datang di Uncharted 4 dan Uncharted: Lost Legacy dalam visual yang lebih baik!

Untuk Anda yang tidak terlalu familiar dengan franchise ini, ini bukanlah pertama kalinya Naughty Dog merilis ulang Uncharted 4 dan Uncharted Lost Legacy untuk platform yang lebih modern. Sebelum tersedia di PC, ia sudah dilepas ulang terlebih dahulu untuk memaksimalkan performa konsol generasi teranyar mereka – Playstation 5. Idenya tentu saja sederhana, menawarkannya dalam visualisasi lebih baik atau opsi performa di framerate lebih nyaman, sembari menjaring gamer-gamer yang mungkin sempat melewatkan keduanya di era Playstation 4. Kini produk yang sama hadir di PC, namun tentu saja dengan dukungan fitur yang lebih baik.

Ditangani oleh Iron Galaxy sebagai studio yang bertanggung jawab atas port ini, Uncharted: Legacy of Thieves Collection versi PC datang dengan kualitas game PC yang bisa dibanggakan. Dengan konfigurasi yang tentu saja disesuaikan dengan isi jeroan rig Anda, Anda yang berkesempatan untuk mencicipinya di setting mentok kanan “ULTRA” akan mendapatkan pengalaman visualisasi super tajam yang harus diakui, bahkan melebihi Playstation 5 sekalipun. Setting ULTRA ini mendorong presentasi visual ke titik tertinggi hampir di semua elemen, dari model karakter, tata cahaya, lingkungan yang Anda temui, hingga hal sekecil tajamnya bayangan-bayangan screen space reflection yang Anda temukan di sepanjang permainan. Sayangnya, engine Naughty Dog untuk kedua game ini memang belum mendukung ray-tracing.

Uncharted PC jagatplay 79
Detail seperti daun telinga yang memerah saat terkena cahaya tetap akan Anda temukan di versi PC ini.
Uncharted PC jagatplay 67
Tanpa ray-tracing, ketajaman pantulan bayangan yang hadir di setting Ultra berujung memukau.
Uncharted PC jagatplay 37 1
Ada cukup banyak opsi konfigurasi yang bisa Anda “preteli”., termasuk dukungan AMD FSR dan NVIDIA DLSS.

Konfigurasi grafis yang ditawarkan oleh seri ini juga terhitung cukup lengkap. Ada begitu banyak opsi yang bisa Anda atur dan modifikasi sesuai dengan kemampuan PC Anda saat ini di luar pre-set yang sudah tersedia. Game ini juga akan memberikan informasi soal berapa besar memory VGA Anda yang sudah terpakai dibandingkan dengan jumlah total yang Anda miliki untuk menyederhanakan proses yang di banyak gamer PC lebih awam ini, terkadang menyulitkan. Tenang saja, Anda yang tidak suka dengan Motion Blur juga akan punya opsi untuk mematikannya secara total.

Berbicara soal mekanisme kontrol berbasis mouse dan keyboard, Uncharted: Legacy of Thieves versi PC ini akan tetap nyaman dinikmati dengan skema ini seperti halnya game action kebanyakan. Walaupun harus diakui butuh pembiasaan mengingat aksi platforming panjat-memanjat dengan tombol spasi dan shift untuk aksi naik-turun yang bisa tertukar jika Anda tidak hati-hati. Aksi saat menggunakan tali untuk bergerak atau sekadar naik-turun di tali yang sama akan mengandalkan satu tombol saja – “Q” untuk menentukan aksi perintah mana yang hendak Anda jalankan. Setidaknya untuk urusan yang satu ini, butuh sedikit pembiasaan.

Uncharted PC jagatplay 69
Aksi panjat-memanjat dengan M+K memang butuh pembiasaan di awal.
Uncharted PC jagatplay 77
Anda yang memiliki DualSense yang terpasang akan bisa menikmati fitur Haptic Feedback dan Adaptive Trigger di sini.

Namun tentu saja pengalaman action-nya akan jauh lebih mengalir jika Anda mengandalkan kontroler untuk menikmatinya, yang membuat proses panjat-memanjat dan menggunakan tali terasa lebih baik.Berita baiknya lagi? Seperti yang sudah ia tawarkan di Spider-Man Remastered sebelumnya, Anda juga bisa menikmati fitur DualSense secara lengkap baik Haptic Feedback ataupun Adaptive Trigger di seri yang satu ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan DualSense Anda dengan kabel, menjalankan Uncharted: Legacy of Thieves versi PC ini, dan ia akan otomatis aktif. Sebagai game dengan aksi tembak-menembak yang sering dengan ragam senjata yang bisa digunakan, ini akan menawarkan sensasi imersif di level lebih tinggi.

Uncharted PC jagatplay 106
Berganti dari Uncharted 4 ke Lost Legacy dan sebaliknya masih seringkali berujung crash di desktop alih-alih mengalir begitu saja.
Uncharted PC jagatplay 57
Tidak usah peduli dengan NPC, timpa saja badan mereka saat melakukan cover!

Sayangnya, proses port ini sendiri tidak bisa dibilang sempurna. Walaupun performa berjalan cukup optimal seperti halnya apa yang bisa diprediksi dari performa rig Anda, kami masih menemukan beberapa masalah yang cukup menyebalkan. Misalnya? Proses ganti judul dari Uncharted 4 ke Lost Legacy atau sebaliknya yang tersedia via menu terpisah akan selalu menendang Anda ke desktop terlebih dahulu. Kami juga menemukan beberapa bug yang sempat tersedia di versi konsol, seperti karakter companion yang tiba-tiba menghilang dan menolak mengikuti jalan Anda masih terulang di sini. Untungnya, bug-bug seperti ini terhitung minim.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…