JagatPlay NgeRacau: Gua (TAKUT) Bangga Jadi Orang Indonesia!

Reading time:
February 6, 2023

Inferiority Complex

A Space for the Unbound jagatplay 93

Semuanya dimulai ketika A Space for the Unbound secara mengejutkan berhasil ngeraih rating review “Overwhemingly Positive” di Steam yang notabene bukan hal yang mudah buat dicapai. Plus kalau dibandingin sama review game AAA terbaru macam Forspken dari Square Enix, gak sulit ketemu sama review-review yang ngelihat game Indonesia ini lebih baik dan karenanya dapat rating lebih tinggi. Walaupun jumlah yang nge-review enggak banyak, sebuah masalah yang selalu ngitarin game indie manapun, jelas bahwa resepsi sebagian besar gamer soal A Space for the Unbound emang positif. Lalu datanglah gamer-gamer Indonesia dengan Inferiority Complex ini.

Inferiority Complex? Atau mau kita sebut dengan hinaan yang lebih ngena sebagai MENTAL INLANDER? Bebas, tapi jelas bahwa tendensi kayak ini yang meluncur dari gamer-gamer yang langsung datang dengan dua sikap: menghina dan tidak percaya sama pencapaian apapun yang diterima oleh A Space for the Unbound semata-mata karena dia adalah gamer Indonesia jelas mewakili kedua situasi ini.

Untuk lu yang kagak terlalu familiar, Inferiority Complex adalah sebuah kondisi dimana seseorang selalu merasa lebih rendah atau kecil alias lebih inferior daripada orang lain, terlepas dari fakta bahwa bukti mungkin menunjukkan hal yang sebaliknya. Selalu merasa insecure, selalu berasumsi yang terburuk dari semua situasi yang ada, sampai mudah menyerah adalah simtom yang sering muncul. Situasi terkait Inferiority Complex bisa muncul dari beragam alasan, dari hancurnya kepercayaan diri sejak kecil karena sikap dan tingkah laku orang tua yang terus ngekritik sampai pengalaman yang sempat dirasakan saat dewasa. Kalau dikombinasiin sama MENTAL INLANDER? Banyak yang percaya juga bahwa situasi ini datang dari sisi kultural dan sosial kalau kita ini sempat jadi manusia kelas dua di negeri sendiri karena ratusan tahun berdiri di bawah bendera kekuasaan negara-negara barat dan Asia yang lebih kuat. Ini mental lalu membekas dan diturunkan dari generasi ke generasi dan akhirnya nyangkut ke ini orang-orang.

Rasa manusia kelas dua itu kemudian ngebuat kita ngebangun sebuah kepercayaan kalau barang-barang buatan negeri luar itu selalu superior, entah bagaimana caranya. Selama ini barang didesain sama orang bule atau orang Asia yang dari teknologi lebih maju, dia udah pasti jauh lebih baik dari produk-produk Indonesia. Makanya gak heran kita sering nemuin kalau beberapa jenis barang yang orang-orang pada beli di luar negeri, yang bahkan mereka bela-belaiin impor, ternyata oh ternyata, dibuat dan diracik di Indonesia sendiri. Kadang miris juga lihatnya.

Ini sensasi Inferiority Complex juga kalau gua boleh curhat dikit, juga berasa jelas banget di urusan media review macam JagatReview atau JagatPlay, apalagi kalau udah masuk ke ranah video. Lu enggak akan susah buat nemuin orang-orang yang datang dengan satu sikap: “KALAU BULE YANG REVIEW ITU PASTI BENAR..”. Padahal kalau dibanding-bandingin, metode review lokal misalnya bisa berujung lebih komprehensif dan lengkap, dan disesuaikan misalnya sama hal yang spesifik lokal dari cuaca sampai gaya hidup misalnya. Tapi begitu ini hasil review bertentangan sama REVIEW ORANG BULE? Beghhh… banyak yang akan langsung ngeremehin hasilan review reviewer lokal secara otomatis. Seolah-olah BULE ITU UDAH PASTI BENAR, UDAH PASTI LENGKAP, UDAH PASTI AKURAT. Padahal kagak tahu aje, bule-bule yang sembarangan nge-review atau nge-clickbait atas nama Adsense itu juga banyak mampus. Yang penting cepet, nikmatin adsense Youtube, selesai. Kalau ada drama dibakar lebih mantep lagi biar rame, terus kalau salah tinggal bikin klarifikasi. Tapi gak apa-apa, SELAMA DIA BULE.

Bayangin aja, A Space for the Unbound yang berhasil dapat rating super positif di Steam langsung datang dengan dua tuduhan besar: itu semua rating dari gamer-gamer Indonesia yang overproud dan kerjaan bot yang dipakai buat ngehasilin itu rating. Gua akan nganggap tuduhan ini berdasar kalau ada bukti jelas dan konkrit kalau ini terjadi, itu aja. Padahal yang nge-review udah pasti harus nunjukin berapa lama waktu gameplay yang mereka habisin buat itu game, buat macam Metacritic dimana semuanya bebas nulis apapun tanpa perlu buktiin mereka main. Kalau mau nuduh, ngasih bukti paling enggak ada chance itu kejadian would be awesome. Kalau sekadar bacot tanpa dasar? Lah, nenek gua yang udah meninggal dari akhirat juga bisa ngelakuin itu.

GTA Atau Mati

A Space for the Unbound jagatplay 119

Salah satu drama ini juga datang dari komentar-komentar orang yang sebenarnya enggak terlalu paham juga soal industri game dan gimana proses pengembangan game itu bisa beragam. Kalau dengan kombinasi kacamata kuda yang diperkuat ama kurangnya pemahaman, satu-satunya standar game “berkualitas” itu cuman kalau developer Indonesia bisa bikin game sekelas GTA. Ini berarti game harus pakai model 3D, dunia mesti gede, gameplay mesti action yang pecah gitu, terus gameplay mesti ampe puluhan jam baru diakui. Kalau enggak menuhin itu semua, game lu akan jatuh dalam dua kategori: BURIK atau SAMPAH.

Orang-orang yang kayak gini jelas muncul sebagai gamer yang enggak ngikutin scene indie, yang udah tumbuh selama belasan tahun terakhir ini. Gua gak akan heran kalau jenis gamer-gamer kayak ini bisa dikategoriin sebagai gamer dengan “pemikiran tertutup” yang cuman nilai kualitas game dari kualitas visual doank. “OH KARENA DUKE NUKEM FOREVER ITU GAME 3D, FPS, DAN ADA VOICE ACTING-NYA” maka dia akan otomatis lebih baik dari game-game indie manapun yang datang dengan visual Pixel Art macam Undertale, Dead Cell, Vampire Survivors, dan tentu saja A Space for the Unbound. Semua game yang berani-beraninya datang dengan visual kayak gini langsung dikategoriin sampah. Padahal kalau dia lihatin Art Direction-nya, efek cut-scene ala A Space for the Unbound yang juga ditambah dengan detail ekspresi wajah buat bantuin narasi itu, terhitung keren.

Terus ada anggapan juga, mentang-mentang mereka jadi kiblat dan udah terjun ke industri game sejak awal, maka “DEVELOPER JEPANG ITU GAMENYA PASTI BAGUS”, yang antara membuat identitas wibu-nya terlalu kentara di sosial media atau pemikirannya aja terlalu naif. Padahal kalau mau diperhatiin baik-baik secara faktual, industri game Jepang justru juga jadi sarang dari banyak game busuk yang berujung ngecewaiin banyak fans juga. Okelah, kita bisa kesampingin FROM SOFTWARE yang emang udah berkontribusi besar buat ngangkat derajat ini negara kalau urusan game keren. Tapi, beneran lu mau sejajarin game kayak FORSPOKEN atau kayak LEFT ALIVE? Lu berani ngomong ke hadapan orang-orang kalau game yang namanya BALAN WONDERWORLD itu lebih keren dan asyik daripada A Space for the Unbound? Kalau sikap tetap kuat bahwa semua game Jepang itu pasti berkualitas, itu antara lu perlu main lebih banyak game Jepang atau lu datang dengan bias kuat yang datang karena kecintaan lu pada itu negara matahari terbit entah karena alasan apapun.

Lagipula, sangat tidak rasional untuk berharap scene industri game Indonesia yang mungkin baru bisa dibilang “Tumbuh”, yang kalau di skala perkembangan manusia baru mau mulai belajar berjalan dan lagi merangkak lambat sekarang, buat lu harapin langsung ngeracik game AAA. Pertama, itu butuh modal gede. Game untuk yang sekelas The Callisto Protocol aja misalnya, itu Krafton mesti ngeluarin duit sekitaran 242 Miliar Rupiah untuk jangka waktu biayaiin pengembangan selama tiga tahun. Bagian parahnya? Itu 1/5 Triliun Rupiah yang udah dikeluarin dengan segala macam biaya marketing yang gencar, dari trailer ampe ads sosial media dimana-mana, berakhir dengan game ini kagak balik modal. Itu The Callisto Protocol ditangani sama tim yang udah biasa bikin game AAA, yang udah punya konsep matang di awal, yang ngerti gimana bikin game cakep aja masih bisa belum menjamin diri buat sukses di pasaran. Nah lu bayangin developer Indo lu suruh begitu. Udah keburu mati duluan sebelum berkembang.

Di situasi kayak gini, ngatur budget dengan misalnya ngandelin Pixel Art sebagai basis jadi langkah yang rasional. Ini bikin proses pengembangan enggak seribet dan semahal game-game model 3D yang cakep misalnya, terus make sure dia bisa dimainin sama mesin-mesin lemah sekalipun. Yang penting lu bisa nawarin gameplay yang solid, cerita yang oke banget, dan sisi presentasi yang ngedukung itu semua, maka produk lu setidaknya akan memenuhi standar sebagai “video game yang seharusnya”. Oleh karena itu, gua selalu mengapresiasi lebih developer-developer Indo yang ngerti keterbatasan mereka, ngatur diri soal mana saja yang butuh diprioritasin dan tidak, dan kemudian ngelahirin sebuah produk yang keren darinya. Itu adalah langkah cerdas buat tumbuh, berkembang, dan ngincer segmen pasar yang jelas.

Makanya komentar semacam “Gambarnya burik makanya jelek”, cuman ngebuktiin kalau yang ngelempar komentar jelas kagak paham soal scene indie sebelumnya. Kalau dia juga enggak punya cukup banyak referensi soal game-game Pixel Art keren untuk ngebandingin mana yang pantas disebut “burik” dan mana yang enggak kalau kita udah ngomogin game yang bermain-main di ranah presentasi yang sama. Enggak semua game harus 3D. Enggak semua game harus GTA.  Yang salah bukan gamenya, tapi pengetahuan si komentator yang masih terbatas dan tertutup.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…