Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Reading time:
March 27, 2024
Stellar Blade demo jagatplay 38

Ada begitu banyak alasan untuk menantikan game action RPG racikan Shift Up – Stellar Blade yang memang sudah “dimasak” untuk waktu yang sangat lama. Lahir dari tangan developer asal Korea Selatan yang juga berada di balik belakang game mobile populer dengan desain karakter wanita super sensual – NIKKE, Stellar Blade terlihat hendak menjual daya tarik yang sama. Namun seiring dengan waktu, terutama lewat lebih banyak trailer dan screenshot yang dilepas, Stellar Blade membangun daya tarik yang lain secara perlahan, dari konsep action RPG yang ia usung, misteri yang menyelimuti ceritanya, dan tentu saja rangkaian kostum yang ditawarkan untuk kian menguatkan sisi sensualitas si karakter utama – EVE.

Berita baiknya? Game 2nd party pertama Sony dari Korea Selatan ini juga berencana untuk meyakinkan Anda bahwa yang ia tawarkan sebagai sebuah video game lebih dari apa yang ia tunjukkan di permukaan saja. Bocor lebih dulu karena keteledoran, ditarik, dan akhirnya mendapatkan pengumuman tanggal rilis resmi, gamer yang penasaran akan bisa mengunduh demo Stellar Blade via Playstation 5 mereka mulai tanggal 29 Maret 2024 besok. Kami sendiri berkesempatan untuk menjajal demo ini lebih awal, yang kemudian jadi basis impresi kami kali ini.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang sangat berbudaya? Impresi ini akan memberikan Anda gambaran lebih jelas.

Apa Isi Demo Stellar Blade?

Stellar Blade demo jagatplay 94
Demo Stellar Blade ini akan menyediakan dua konten utama: porsi cerita awal dan boss fight.

Anda yang berencana untuk mengunduh dan memainkan demo Stellar Blade di Playstation 5 Anda tanggal 29 Maret 2024 besok akan disuguhi dengan konten yang memang tidak banyak, namun cukup memberikan gambaran soal pondasi daya tarik game ini nantinya. Seperti yang sudah dikonfirmasikan oleh Sony dan Shift Up pula, Anda nantinya bisa membawa progress save data Anda ke versi finalnya jika Anda tertarik nanti.

Akan ada dua konten utama yang bisa Anda dapatkan di sini. Konten pertama tentu saja berkisar pada konten cerita di awal permainan hingga Anda bertemu dan memenangkan pertarungan boss pertama Anda. Konten ini akan memberikan gambaran soal siapa sebenarnya EVE, siapa yang mereka perangi, dan mengapa ia berujung berpetualang sendiri di cerita utama. Menariknya? Porsi yang satu ini juga sepertinya memberikan gambaran soal cara Stellar Blade menangani cerita yang ada. Tidak kesemuanya akan hadir dalam bentuk cut-scene bergerak dengan animasi indah mengingat ada pula satu porsi flashback yang hanya sekadar menyediakan potongan gambar statis dan voice acting di dalamnya. Untuk hal yang satu ini, kami berharap porsinya tidak dominan di versi final nanti.

Sementara untuk konten kedua, ia baru akan terbuka setelah Anda sudah menyelesaikan konten pertama. Stellar Blade sepertinya memahami bahwa akan ada banyak gamer di luar sana, termasuk kami, yang justru akan mengakhiri konten pertama dengan rasa penasaran yang lebih tinggi, seperti dahaga yang tidak tertahankan. Konten kedua ini diracik sebagai mode Boss Fight, dimana Anda akan diminta untuk menundukkan hanya satu boss spesifik yang tentu saja berbeda dengan boss yang Anda tundukkan di demo mode cerita. Lebih sulit dan menantang, Anda juga akan disediakan lebih banyak opsi kustomisasi dibandingkan konten pertama.

Stellar Blade demo jagatplay 22
Konten pertama memberikan sedikit gambaran soal sisi eksplorasi dan pertarungan non-boss.
Stellar Blade demo jagatplay 73
Konten kedua difokuskan untuk memberikan gambaran soal fitur kustomisasi dan mekanik pertarungan melawan boss.

Dengan perbedaan keduanya, sepertinya tidak terlalu gegabah untuk menyimpulkan bahwa konten pertama akan membantu Anda mendapatkan gambaran lebih jelas bagaimana sistem desain level dan eksplorasi Stellar Blade akan bekerja. Sementara sang konten kedua akan membantu Anda mempelajari mekanik bertarungnya lebih dalam, memahami soal luasnya kustomisasi yang bisa Anda aplikasikan, dan meraba-raba soal sensasi pertarungan boss seperti apa yang bisa Anda antisipasi. Sayangnya, demo ini juga sepertinya masih kehilangan ragam fitur esensial dan potensial yang saat ini tidak tahu apakah akan tersedia di versi finalnya atau tidak. Bayangkan saja, game sekelas Stellar Blade ini, setidaknya di versi demo, tidak punya Photo Mode. Oh tidak.. Namun setidaknya, Anda bisa mematikan fitur motion blur jika Anda termasuk gamer yang mudah terdistraksi karenanya.

Sisanya? Anda juga akan disuguhkan trailer promosi berisikan potongan video dan gameplay yang belum pernah dipamerkan Shift Up sebelumnya. Anda juga bisa menjadikan demo ini sebagai uji coba VA Inggris dan Korea jika Anda menginginkannya. Kami sendiri menjajal VA Inggris dan sejauh ini, tidak bermasalah dengannya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…