Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Reading time:
June 12, 2024
my lovely empress jagatplay 1

Membayangkan bagaimana industri game Nusantara tumbuh selama satu dekade terakhir memang meninggalkan rasa bahagia dan bangga tersendiri. Bahwa setelah sempat berkutat hanya pada genre horror saja selama beberapa waktu di awal eksistensi dan popularitasnya, industri game Indonesia mulai mengeksplorasi begitu banyak konsep dan ide yang ternyata juga berujung cocok dan menarik untuk begitu banyak  fans luar negeri. Salah satu yang berhasil melakukannya? GameChanger Studio yang berbasis di Tangerang lewat dua judul game mereka – My Lovely Daughter dan My Lovely Wife. Kini mereka siap menerjang kembali industri game dengan judul ketiga – My Lovely Empress.

Pendekatan yang ditawarkan GameChanger Studio untuk setiap seri game yang ia lepas memang terhitung unik dan menarik. Pondasi gameplay-nya selalu berkutat pada gaya resource management yang kemudian dibalut dengan dua identitas konsisten: cerita tentang kehilangan sosok terpenting dalam hidup dan juga entitas-entitas misterius yang membantu Anda mencapai kemustahilan untuk mengobati rasa rindu, sedih, dan biasanya – cinta tersebut. Hal yang serupa juga hendak mereka tawarkan via My Lovely Empress yang kini demonya bisa Anda jajal secara langsung via Steam. Berita baiknya? Kami juga berkesempatan menjajal versi lebih lengkap game ini di awal.

444487728 10228977567758202 3461999908053091380 n
GameChanger Studio menggelar event media preview pertama dari developer lokal Nusantara untuk game terbarunya – My Lovely Empress.

Tentu saja hal tersebut dimungkinkan lewat event Media Preview yang digelar oleh GameChanger Studio sebagai developer perdana Indonesia yang menyelenggarakan event seperti ini untuk pertama kalinya. JagatPlay diberikan waktu sekitar 2,5 jam untuk menjajal versi terakhir dari apa yang dikembangkan oleh GameChanger di kala itu dan juga ekstra tambahan waktu untuk menjajal versi demo yang tentu saja saat ini sudah tersedia di pasaran dimana ia sudah memuat begitu banyak penyempurnaan yang sempat dikeluhkan di event sebelumnya.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di versi demo ini?  Mengapa kami menyebutnya sebagai game racun cinta raja? Preview ini akan memberikan kepada  Anda sedikit gambaran soal apa yang hendak dikejar oleh GameChanger Studio.

Racun Cinta Raja

my lovely empress jagatplay 16
Kehilangan orang yang ia kasihi, Emperor Hong terobsesi untuk membawanya kembali.

Jika hendak disederhanakan, apa yang hendak ditawarkan oleh My Lovely Empress sebenarnya mengakar pada konsep yang serupa pada My Lovely Daughter dan My Lovely Wife, namun dengan kompleksitas yang jauh lebih tinggi. Karena berbeda dengan keduanya, Anda kini berperan sebagai seorang Raja besar bernama Emperor Hong yang harus menelan kesedihan yang tak bisa ia tangani sendiri karena kepergian sang ibunda dan istri tercinta. Kehilangan pondasi berpijak dan sempat kehilangan kendali atas kerajaannya, Hong pun mau tidak mau mengandalkan sebuah entitas supranatural bernama Yaoguai untuk menyelesaikan beberapa masalah yang mendesak.

Maka seperti halnya gameplay di My Lovely Daughter dan My Lovely Wife juga, posisi Anda sebagai raja tidak lantas kemudian mengabaikan rasa rindu Anda untuk kembalinya istri tercinta Anda, yang ternyata mampu difasilitasi dengan sebuah ritual tertentu. Bahwa yang Anda butuhkan adalah kumpulan jiwa yang bisa tersalurkan dengan membunuh para Yaoguai Anda secara permanen dan memamennya atau mengambil jiwa rakyat Anda. Ini akan menjadi sebuah dilema yang tidak akan terelakkkan di banyak titik cerita.

Lompatan kompleksitas tentu saja terjadi lewat status bahwa Anda kini adalah seorang raja, bukan lagi sekadar ayah atau suami. Anda kini bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tidak hanya Anda dan para bawahan yang ikut membantu memantau jalannya pemerintahan, tetapi juga rakyat. Maka My Lovely Empress melakuka eskalasi permasalahan yang dihadapi dari dua game sebelumnya menuju ke sesuatu yang lebih kompleks. Resource Management yang Anda atur kini berpusat pada angka populasi empat faksi: tentara, bangsawan, pedagang, dan rakyat jelata. Setiap keputusan yang Anda ambil biasanya akan mempengaruhi jumlah populasi mereka, antara meningkat atau menurun. Pada akhirnya di setiap siklus, berdasarkan hubungan yang sudah tercipta, Anda akan mendapatkan tambahan upeti berupa uang emas untuk berbelanja ragam kebutuhan dan juga material yang biasanya berkaitan dengan aksi memanggil lebih banyak Yaoguai.

my lovely empress jagatplay 55
Sebagai raja, urusan yang harus Anda tangani tentu lebih kompleks dengan eskalasi jauh lebih tinggi daripada dua seri My Lovely sebelumnya.
my lovely empress jagatplay 12
Pilihan yang Anda ambil akan memicu reaksi populasi tiap faksi.

Tidak bisa langsung menyelesaikan semua masalah rakyat begitu saja, seenak jidat, setiap aksi Anda di My Lovely Empress akan butuh resource tertentu untuk dieksekusi. Begitu resource ini habis, Anda harus beristirahat sebanyak jumlah resource yang ingin Anda pulihkan, yang berarti menihilkan aksi dimana di titik ini, Anda tidak akan bisa mengambil keputusan apapun. My Lovely Empress juga mendesain variasi untuk berapa banyak jumlah turn yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tertentu, sehingga Anda akan selalu merasakan sensasi urgensi setidaknya di satu jam awal permainan. Akan ada beberapa misi juga yang akan memberikan Anda ekstra buff atau debuff dengan ikon yang informasinya bisa Anda periksa di bagian kanan layar, yang bahkan terkadang bisa Anda eksploitasi untuk keuntungan Anda sendiri. Sebagai contoh? Jika Anda mendapatkan buff yang kebetulan bisa menganulir potensi kurangnya populasi tentara misalnya. Tidak akan ada lagi momen yang lebih tepat untuk mengambil keputusan-keputusan yang menguntungkan kelompok lainnya.

Tidak sampai di sana saja, Anda hanyalah raja di sebuah wilayah bernama Crimson Empire saja. Wilayah Anda tentu saja dikelilingi oleh kerajaan-kerajaan lain yang notabene akan diisi dengan dua hal – pemimpin dan resource unik mereka sendiri. Oleh karena itu, berdasarkan akses diplomasi yang Anda miliki saat ini, Anda akan diminta untuk mulai secara aktif mengunjungi wilayah-wilayah ini dan membangun hubungan kerjasama. Kerjasama yang lebih baik berarti akses ke fasilitas yang lebih banyak dan baik, termasuk ruang meditasi yang dibutuhan oleh para Yaoguai untuk memulihkan energi mereka, yang memang punya limit tersendiri.

my lovely empress jagatplay 45
Anda juga bisa membangun hubungan diplomasi dengan kerajaan tetangga atas nama opsi fasilitas dan resource lebih beragam.

Satu yang menarik terkait My Lovely Empress? Bahwa sistem game over-nya berujung terikat hanya pada satu mekanisme saja – yakni jiwa sang istri yang hendak dibangkitkan oleh Emperor Hong. Berperan sebagai motivasi pendorong untuk menyelesaikan ragam quest yang ada, termasuk aksi upgrade ragam fasilitas untuk membuat pengambilan keputusan Anda lebih efektif, setiap siklus kehidupan akan memotong sejumlah energi spiritual sang jiwa yang kemudian harus diisi kembali. Di sinilah dilema terbaik My Lovely Empress mengemuka.

Cinta Yaoguai atau Rakyat

 

my lovely empress jagatplay 63
Akan ada situasi dimana Anda harus memilih Yaoguai Anda atau para rakyat.

 

Seperti halnya di dua seri sebelumnya, posisi entitas bernama Yaoguai yang notabene tak berbeda dengan para monster memang memainkan peran super penting. Anda akan berhadapan dengan beberapa varian masalah yang hanya akan bisa diselesaikan oleh para Yaoguai saja, yang tentu akan berkontribusi pada penambahan populasi, potensi upeti, dan terkadang ekstra emas untuk dibelanjakan, baik untuk melakukan proses upgrade ataupun berburu material untuk memanggil lebih banyak Yaoguai di masa depan. Ini berarti semakin banyak Yaoguai yang Anda miliki dan perintahkan di satu titik, semakin banyak pula hal yang bisa Anda selesaikan dan dapatkan.

Namun di sisi lain, ia merupakan salah satu sumber daya paling kaya dan potensial untuk aksi panen jiwa untuk mengembalikan istri Anda tercinta. Anda selalu memiliki opsi untuk membunuh para Yougai ini secara permanen, yang bahkan disebut oleh GameChanger Studio sendiri, akan jadi mekanik esensial untuk membuka salah satu alternatif ending nantinya. Situasi ini akan membuat jiwa istri Anda terisi banyak, yang berarti menjamin turn dan progress permainan berlanjut, tetapi berhadapan dengan fakta bahwa jumlah Yougai Anda berkurang satu hingga akhir permainan. Untungnya, My Lovely Empress menyediakan satu solusi lainnya.

my lovely empress jagatplay 53
Akan ada permasalahan-permasalahan rakyat yang hanya bisa diselesaikan entitas ini.
my lovely empress jagatplay 44
Memastikan jiwa mendiang istri Anda masih tersisa akan jadi mekanik inti My Lovely Empress, dimana ia jadi penentu utama apakah permainan Anda berlanjut atau tidak.
my lovely empress jagatplay 34
Anda selalu memiliki opsi menurunkan wabah dan bencana untuk mencapai hal yang sama jika Anda lebih “cinta” pada Yaoguai Anda.

Dengan menggunakan material tertentu yang jika berhasil Anda siapkan,  Anda bisa mengabaikan para Yaoguai ini atau bahkan menjadikan mereka sebagai “senjata” untuk aksi alternatif panen jiwa lainnya. Apa itu? Benar sekali, dengan meluncurkan musibah, wabah, dan kehancuran ke dalam rakyat Anda sendiri. Bergantung pada opsi yang Anda pilih, musibah katastropik ini akan menurunkan jumlah populasi Anda secara signifikan dan memberikan jumlah jiwa lebih banyak. Tentu saja, Anda kemudian harus disibukkan dengan usaha untuk membuat kerajaan Anda kembali stabil, terutama lewat keputusan-keputusan yang Anda ambil nantinya.

Permainan peran Anda sebagai seorang raja yang haus akan kembalinya cinta ratu yang ia kasihi akan sangat terasa di titik-titik ini. Apakah Anda rela mengorbankan rakyat Anda atau harus berjuang lebih keras karena kehilangan Yougai secara permanen? Anda lah yang harus memutuskan.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

July 17, 2024 - 0

Review Kunitsu-Gami: Antara Suka Atau Benci!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kunitsu-Gami ini? Apa yang membuat…
June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…