By

January 16, 2012   ·  

Sudah hampir sebulan waktu sudah berlalu sejak dirilisnya sebuah handheld console  terbaru dari SONY, PSVITA (PSV/NGP) . Diantara banyaknya para gamer yang sedang beruforia bermain dengan handheld console terbaru ini, ternyata ada beberapa gamer yang sedang tidak beruntung karena PSVita miliknya mengalami crash atau hang. Tentunya hal ini merupakan hal yang cukup lumrah untuk sebuah produk baru yang masih memiliki firmware yang bisa dibilang masih belum stabil benar.

Salah satu gamer console PSVita yang mengalami ketidak beruntungan ini adalah saya sendiri. PSVita Versi ASIA Hongkong yg sudah di-update dengan Firmware 1.51 terbarupun masih bisa mengalami hang/error, dimana PSvita yang didalam keadaan IDLE/sleep tidak dapat dinyalakan sama sekali, walaupun baterai yang ada masih ada separuh lebih atau bahkan penuh.

Jujur saja kejadian ini sudah terjadi 2x pada PSVita ini, sehingga saya langsung saja membuat artikel ini, agar kejadian saya yang mengalami kebingungan, panik dan hampir membongkar PSVita sendiri tidak terjadi pada gamer PSVita lainnya yang akan mungkin  bernasib sama dengan saya untuk pertama kalinya.

Berikut ciri-ciri dari PSVita yang mengalami crash dan error ( Tidak dapat dinyalakan dari status IDLE/Sleep walaupun keadaan baterai masih tersisa separuh lebih) :

Terlihat logo Playstation terus menyala warna biru.

Ketika menekan tombol POWER ON, PSVITA tidak dapat menyala dan bahkan tidak ada respon sama sekali walaupun tombol on ditekan berulang-ulang kali ataupun ditahan selama beberapa detik.

Biasanya jika sudah terjadi masalah error / hang seperti ini, tentunya tindakan hard-reset perlu dilakukan untuk menyalakan dan memboot ulang kembali sistem PSvita.

Salah satu cara hard-reset biasanya dapat dilakukan dengan cara mencabut baterai utama dari hardwarenya. Hal ini biasanya juga berlaku  untuk PSP dan smartphone. Sehingga hal ini bisa menjadi alasan cukup logis untuk membongkar PSVita ini.

Tetapi tantangan membongkar PSVITA demi melepas baterai untuk melakukan hardreset merupakan ide yang  buruk, karena anda dapat melakukan hard-reset PSVita ini tanpa harus membongkar dan melepas baterai handheld console ini.


Berikut langkah-langkah untuk melakukan hard-reset pada PSVITA:

1. Pertama colok USB power charger pada PSVita

2. Setelah USB power charger dicolok, maka warna logo playstation yang sebelumnya berwarna biru berubah menjadi warna ungu. Lalu tunggu selama 10 detik sebelum melanjutkan langkath berikutnya.

( mohon maaf, tangan kiri saya sedang menekan tombol L dan tombol power ON, sedangkan tangan kanan saya harus memegang kamera handphone, sehingga saya dengan terpaksa harus menahan tombol R dengan kaki saya )

3. Tahan tombol Power ON + Tombol L + Tombol R  secara bersamaan selama 20~30 detik.

4. Setelah menahan tombol Power ON + Tombol L + Tombol R selama 20~30 detik, logo playstation yang tadinya berwarna ungu berubah menjadi warna kuning orange. Ini tanda-nya PSVITA ini sudah berhasil di-hard-reset.

5. Tekan Tombol Power ON kembali dan PSVita akan kembali melakukan BOOT Operating Sistem.

6. Yak selesai, Akhirnya PSVita ini dapat kembali bekerja dengan sedia kalanya.

Semoga artikel ini dapat membantu.

Terima kasih dan selamat bermain.

Related Articles:

Tags: , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()