Review Dynasty Warriors NEXT PS Vita: Raja “Musou” Dengan Rasa Berbeda

Reading time:
February 27, 2012
Dynasty Warriors NEXT 4

Dari semua game yang lahir perdana di masa awal kelahiran Playstation 2 dulu, nama Dynasty Warriors melejit menjadi salah satu game yang paling mengejutkan di masa itu. Tecmo Koei berhasil meramu sebuah pertarungan masif dalam sebuah mekanisme gameplay yang luar biasa sederhana. Kehadiran Dynasty Warriors memberikan eskalasi pada sebuah game hack and slash, dimana pertempuran dibuat dalam skala yang begitu besar dengan jumlah musuh yang banyak. Kemudahan untuk mengeksekusi setiap gerakan dan misi menjadi nilai lebih yang membuat game ini semakin dinikmati. Satu kesimpulan dari setiap Dynasty Warriors adalah mereka selalu adiktif.

Sebuah kesalahan besar untuk mengkategorikan Dynasty Warriors sebagai sebuah game hack and slash. Tecmo Koei mengkategorikannya dalam sebuah genre baru bernama “Musou”, yang kemudian berlanjut dan menjamur ke banyak seri lainnya. Musou sendiri berarti “The Only One” atau “Without Equal”, yang memang menggambarkan keseluruhan gameplay yang ada. Anda akan berperan sebagai karakter yang didesain berpengaruh besar untuk menentukan jalannya pertempuran, mampu membunuh ratusan hingga ribuan tentara musuh dengan mudah. Sense of epicness lahir dari perasaan menjadi “Superhero” di masa lalu dengan tombak dan pedang. Hal inilah yang ditawarkan oleh Dynasty Warriors dari seri pertamanya hingga saat ini.

Dynasty Warriors NEXT 5

Kelahiran handheld terbaru dari Sony – Playstation Vita ternyata juga menarik Tecmo Koei untuk melahirkan seri Dynasty Warriors untuknya. Dengan segudang fitur dan fungsi yang berbeda dibandingkan konsol rumahan, PS Vita menyediakan pontesi untuk melahirkan sebuah seri Dynasty Warriors yang berbeda. Dynasty Warriors NEXT menjadi proyek ambisius pertama bagi Tecmo Koei untuk membawa franchise lawas ini ke arah yang berbeda. Bagi Sony, ini juga menjadi ajang pembuktian seberapa baik PS Vita untuk menghadirkan sebuah pertempuran masif dengan begitu banyak elemen di dalamnya.

Lantas bagaimana dengan performa Dynasty Warriors NEXT secara keseluruhan? Desain dan fitur seperti apa yang diadaptasikan Tecmo Koei untuk membuatnya sebagai sebuah seri “PS Vita” yang unik? Simak review ini.

Plot

Dynasty Warriors NEXT 2
The Three Kingdoms masih menjadi basis cerita utama untuk Campaign Mode Dynasty Warriors NEXT

Sejak kelahirannya di Playstation 2, Dynasty Warriors secara konsisten menghadirkan cerita kolosal klasik dari China – “The Three Kingdoms” sebagai basis plot. Hal yang sama juga dihadirkan untuk Dynasty Warriors NEXT. Seperti halnya seri-seri sebelumnya, plot penyatuan tiga kerajaan besar ini akan terbagi atas beberapa skenario yang berfokus pada cerita masing-masing Kerajaan. Karakter yang Anda gunakan akan ditetapkan berdasarkan skenario yang ada. Campaign Mode ini akan memberikan Anda cukup banyak waktu untuk menelan sebuah cerita kolosal fenomenal dalam rasa yang berbeda. Namun seperti yang sebagian besar kita tahu, sensasi Dynasty Warriors yang sebenarnya tidak terletak pada Campaign Mode yang ada, tetapi pada Free Mode, atau yang di NEXT dikenal sebagai Conquer Mode.

Berbeda dengan Free Mode yang selama ini kita kenal, Conquest Mode memberikan satu misi utama yang harus dilalui oleh gamer. Memilih satu dari Kerajaan yang ada, Anda diminta untuk menguasai satu daerah bagian per bagian. Setiap daerah akan memiliki tingkat level nya sendiri, yang didapat dari memenangkan pertarungan dan sistem lotre pada setiap giliran. Daerah yang memiliki level lebih tinggi memiliki keistimewaan untuk menginvasi dan menguasai daerah musuh dengan level yang lebih rendah. Setiap kali menginvasi, Anda akan terlibat dalam pertarungan ala Dynasty Warriors yang selama ini Anda kenal. Daerah akan terebut jika Anda berhasil menghancurkan kastil terakhir musuh dan mengalahkan sang pemimpin di sana. Setiap pertempuran akan menghasilkan experience points untuk karakter yang Anda gunakan, senjata ekstra, dan kemungkinan untuk mendapatkan karakter baru yang dapat digunakan dalam pertempuran. Poin yang didapatkan dapat didistribusikan untuk menguatkan senjata, karakter, dan memberikan effect tertentu sebelum pertempuran.

Dynasty Warriors NEXT 8
Conquest Mode membawa Anda pada misi untuk menguasai daerah musuh yang ada dengan sistem turn-based
Dynasty Warriors NEXT 9
Charge!!!

Selain Mode Campaign yang membawa Anda pada jalan cerita utama dan Conquest Mode yang begitu adiktif, Dynasty Warriors NEXT juga menyediakan Coalition Mode untuk bermain multiplayer secara ad-hoc bersama dengan PS Vita yang lain. Jika Anda tidak punya teman lain yang mungkin memiliki perangkat yang sama, Anda bisa mengaktifkan mode online untuk mendapatkan keuntungan tertentu sepanjang mode Campagin dan Conquest. Dengan mengaktifkan jaringan Wi-fi atau 3G pada PS Vita, Anda akan mendapatkan point ekstra untuk didapatkan setelah menyelesaikan misi tertentu.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…